Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 80, 81


kunci jawaban tema 3 kelas 5 subtema 2 pembelajaran 6

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 80, 81 - Pembelajaran Tema 3 Kelas 5 Makanan Sehat Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Pembelajaran 6 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn SBDP dan Bahasa Indonesia.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 6 Subtema 2 Tema Makanan Sehat  terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 80, 81.

Baca Juga :

Tema 3 Kelas 5 Makanan Sehat Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Pembelajaran 6

Ayo Membaca

Tak ada yang melebihi kekuatan rakyat saat bersatu. Persatuan dapat terwujud dalam suasana rukun dan damai.

Bacalah teks bacaan di bawah ini! Garis bawahi informasi penting yang kamu temukan dalam bacaan!

Bogor Siap Gelar Cap Go Meh

Pesta Rakyat Bogor Cap Go Meh 2015 bukan sekadar untuk mengakhiri perayaan Imlek, melainkan bukti bahwa masyarakat bersatu dalam keberagaman. Perayaan ini bukan hanya sekadar atraksi seni budaya, melainkan simbol rakyat menghargai keberagaman.

Apakah yang dimaksud dengan perayaan Cap Go Meh

Festival tahun ini akan lebih meriah dibandingkan dengan festival sebelumnya. Festival akan dimeriahkan sekitar 10.000 pengisi acara dan kemungkinan disaksikan oleh 100.000 pengunjung. Festival yang akan diliput media elektronik dan media cetak ini akan dinikmati sekitar 30 juta penonton dan pembaca.

Ada penampilan 12 mobil shio, 25 liong, dan 50 barongsai. Selain itu, ada pula bebegig sawah, wayang hihid, tarian jalanan, sepeda, boboko logor, marching band, pasukan pengibar bendera, ogoh-ogoh, parade kostum, karnaval, dan lengseran.

Rute festival lebih panjang, yakni tidak sekadar dari wihara di Jalan Suryakencana sampai simpang ujung Jalan Siliwangi, tetapi melingkar ke Jalan Sukasari, Jalan Pajajaran, Tugu Kujang, dan Jalan Otto Iskandar Dinata.

Banyaknya jenis atraksi dari kebudayaan berbeda mencerminkan keberagaman masih dijunjung tinggi.

Kepanitiaan tidak eksklusif berasal dari satu komunitas, tetapi justru berasal dari yang berbeda suku, agama, ras, dan antargolongan.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 80

Jawablah pertanyaan di bawah ini berdasarkan informasi dari bacaan!

1. Apakah yang dimaksud dengan perayaan Cap Go Meh?

Perayaan Cap Go Meh adalah kegiatan mengakhiri perayaan Imlek.

2. Atraksi apa sajakah yang dapat ditemui di perayaan Cap Go Meh di Bogor?

Atraksi yang dapat ditemui di perayaan Cap Go Meh di Bogor yaitu penampilan 12 mobil shio, 25 liong, dan 50 barongsai. Selain itu, ada pula bebegig sawah, wayang hihid, tarian jalanan, sepeda, boboko logor, marching band, pasukan pengibar bendera, ogoh-ogoh, parade kostum, karnaval, dan lengseran.

3. Apakah yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas tentang keberagaman?

Banyaknya jenis atraksi dari kebudayaan berbeda mencerminkan keberagaman masih dijunjung tinggi.

4. Apakah manfaat keberagaman di dalam suatu masyarakat? Berikan pendapatmu!

Dengan keberagaman, manusia dapat saling bekerja sama dan bahu membahu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik secara ekonomi, sosial, maupun budaya.

Ayo Berlatih

Bentuklah satu kelompok yang terdiri atas empat siswa. Buatlah sebuah buku kecil atau buklet berisi kegiatan yang memperlihatkan keberagaman sosial budaya yang terdapat dalam masyarakat.

Buklet Keberagaman

Kalian dapat mencari informasi dari buku, majalah, koran, atau internet. Kalian juga bisa melakukan wawancara dengan guru atau pemuka masyarakat di lingkungan sekitar sekolah. Carilah informasi tentang segala aktivitas yang melibatkan partisipasi seluruh anggota masyarakat dari segala kalangan.

Gunakan dua helai kertas A4 yang dilipat menjadi dua untuk membuat buklet. Kamu dapat memperkaya bookletmu dengan gambar-gambar aktivitas yang dimaksud.

Pada kegiatan sebelumnya, kita mencoba untuk melakukan gerak tari sederhana, yakni tarian Kancet Papatai dari Kalimantan Timur. Apa yang tengah kita lakukan merupakan sebuah bentuk yang mendukung keberagaman budaya. Dengan menarikan tarian daerah sendiri dan juga daerah lain, kita sudah mendukung pelestarian budaya Indonesia. Budaya Indonesia adalah milik kita bersama.

Cobalah untuk kembali melatih gerakan tarianmu. Lakukan dalam kelompok- kelompok kecil. Tunjukkan tarian kelompokmu di depan kelas. Berikan masukan saran atau pendapat saat melihat penampilan kelompok lain.

Apakah kamu berasal dari suku bangsa atau adat istiadat yang sama dengan tarian yang kamu bawakan?

Apa yang kamu rasakan saat berhasil menguasai tarian daerah milik daerah yang tidak sama dengan daerahmu?

Maukah kamu mempertunjukkan tarian daerah lain di hadapan kedua orang tuamu? Jelaskan!

Beni dan Siti bercakap-cakap tentang Festival Cap Go Meh yang dibahas pada kegiatan sebelumnya.

Bersama teman sebangkumu, bacalah teks percakapan Beni dan Siti secara bergantian!

Beni : “Aku tidak menyangka bahwa Festival Cap Go Meh di Bogor menarik begitu banyak perhatian masyarakat.”

Siti : “Iya, dari yang aku baca terdapat sekitar 10 ribu pengisi acara dan akan diliput oleh banyak media cetak dan elektronik yang katanya dinikmati oleh sekitar 30 juta penonton dan pembaca!”

Beni : “Banyak sekali. Bayangkan saja betapa banyaknya penonton televisi, ya.”

Siti : “Itulah mengapa banyak sekali iklan yang ditayangkan di sebuah televisi karena jumlah penonton yang amat banyak.”

Beni : “Aku masih teringat dengan tugas mencari kata kunci dalam iklan.

Dalam waktu semalam saja, terdapat lebih dari sepuluh jenis iklan.”

Siti : “Pada tugas yang lalu, aku memilih kata kunci yang isinya mengajak dan menarik para penonton.”

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 81

Dalam kelompok yang berisikan empat siswa, diskusikanlah kesimpulan tentang ciri-ciri kata kunci yang biasanya terdapat dalam iklan.

Ciri-ciri kata kunci yang biasanya terdapat dalam iklan : Terdiri dari satu kata atau dua kata yang membentuk frase kata, Mengandung kata yang unik yang terdapat dalam sebuah iklan, Mewakili sebagian besar informasi dari sebuah iklan.

Masih dalam kelompok, buatlah sebuah peta pikiran tentang perbedaan dan persamaan kata kunci iklan media cetak dan iklan media elektronik. Gunakan kertas gambar A 4 dan pastikan peta pikiranmu menarik.

Tuliskan pula contoh-contoh kata kunci iklan elektronik yang kamu ketahui, misalnya hemat, wangi, tahan lama, dan sebagainya.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 80, 81

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 3 Subtema 2 pembelajaran 6 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 80, 81 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/10/kunci-jawaban-tema-3-kelas-5-halaman-80.html.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 80, 81"

Posting Komentar