Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 71, 72, 73


kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 3 subtema 2 pembelajaran 2

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 71, 72, 73 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 2 Penemuan dan Manfaatnya Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan SBDP.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 2 Subtema 2 Tema Tokoh dan Penemuan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 71, 72, 73.

Baca Juga :

Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 2 Penemuan dan Manfaatnya Pembelajaran 2

Tahukah kamu siapakah penemu jam? Apa manfaat dari temuannya untuk kehidupan sehari-hari?

Ayo Membaca

penemuan jam mekanik

Manusia terus melakukan inovasi untuk memiliki penunjuk waktu yang semakin tepat dan dapat digunakan sesuai kebutuhan pribadi. Sekarang teknologi jam sudah jauh berkembang. Selain jam mekanik, ada pula jam elektronik, contohnya jam digital. Manusia kemudian dapat menggunakan berbagai pilihan teknologi penunjuk waktu sebagai pedoman waktu pribadi dalam melakukan kegiatannya dalam sehari-hari.

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 71

Ayo Berdiskusi

1. Mengapa penemuan jam berkembang dari waktu ke waktu?

Karena manusia terus melakukan inovasi untuk memiliki penunjuk waktu yang semakin tepat dan dapat digunakan sesuai kebutuhan pribadi.

2. Apa manfaat jam dalam kehidupan sehari-hari?

Sebagai penunjuk waktu dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Jam adalah pengukur waktu yang sangat erat dengan kehidupan manusia. Dengan adanya jam, kita dapat menentukan waktu untuk melakukan aktivitas.

Dengan mengatur waktu yang baik, kita menjadi pribadi yang disiplin waktu.

Siti juga berusaha untuk menjadi pribadi yang disiplin waktu. Ayo, kita simak cerita Siti.

Ayo Mengamati

Jam, Membantu Siti Tepat Waktu

Siti selalu menggunakan jam untuk mengatur kegiatannya sehari-hari. Siti bangun pagi pukul 05.00. Setelah ibadah dan mandi, Siti sarapan pagi. Siti berangkat sekolah pukul 06.00. Siti berangkat sekolah dengan berjalan kaki karena jarak rumahnya yang tidak terlalu jauh. Siti menempuh perjalanan 20 menit. Bel masuk sekolah pukul 06.45. Siti hampir tidak pernah terlambat untuk datang ke sekolah. Ia berusaha untuk disiplin datang tepat waktu ke sekolah.

hal baik apa yang sudah dilakukan oleh siti

Siti pulang sekolah pukul 14.00. Ia langsung pulang ke rumah. Sesampainya di rumah, Siti istirahat. Pukul 16.00, Siti mandi. Setelah ibadah dan makan malam, Siti pun belajar. Ia belajar pukul 19.00-20.30. Ia mengerjakan PR, belajar untuk materi esok hari atau belajar untuk persiapan tes. Siti juga mengumpulkan tugas-tugasnya tepat waktu. Siti melakukan kegiatan sehari-harinya dengan teratur. Ia belajar menjadi pribadi yang disiplin terhadap waktu.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 73

Berdasarkan cerita Siti di atas, jawablah pertanyaan berikut!

1. Hal baik apa yang sudah dilakukan Siti?

Hal baik yang sudah dilakukan Siti adalah tidak pernah terlambat datang ke sekolah, disiplin terhadap waktu, rajin belajar, rajin mengerjakan PR, mengumpulkan tugas-tugas tepat waktu, rajin beribadah, dan melakukan kegiatan sehari-hari dengan teratur.  

2. Apakah Siti mengatur waktunya dengan teratur?

Ya, Siti mengatur waktunya sehari-hari dengan teratur.

3. Mengapa Siti mengatur waktunya dengan teratur?

Siti mengatur waktunya dengan teratur supaya menjadi pribadi yang disiplin terhadap waktu.

4. Apa manfaat yang Siti dapatkan ketika ia mengatur waktunya dengan teratur?

Manfaat yang Siti dapatkan ketika ia mengatur waktunya dengan teratur adalah ia dapat mengumpulkan tugas-tugasnya tepat waktu dan tidak pernah terlambat datang ke sekolah.

5. Menurutmu, apakah Siti adalah pelajar yang baik?

Ya, Siti adalah pelajar yang baik.

6. Apakah Siti melaksanakan kewajibannya sebagai pelajar? Mengapa?

Ya, Siti melaksanakan kewajibannya sebagai pelajar karena Siti datang ke sekolah tepat waktu, rajin belajar, mengerjakan PR, dan mungumpulkan tugas-tugas tepat waktu.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 73

Datang ke sekolah dan mengumpulkan tugas tepat waktu adalah kewajiban seorang pelajar. Mengapa hal tersebut merupakan kewajiban? Apa dampaknya ketika kita tidak melakukannya? Siapa saja yang akan kita rugikan?

kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 73

Tulislah contoh-contoh kewajibanmu!

contoh kewajiban di rumah sekolah dan masyarakat halaman 73

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 74

Apa itu kewajiban?

Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan pernuh rasa tanggung jawab.

Jam sangat membantu kita untuk mengatur waktu. Kita menjadi mudah untuk menentukan kegiatan sehari-hari.

Ketika kamu menggunakan waktumu dengan baik untuk mengerjakan tugas, tugas yang kamu kerjakan akan selesai tepat waktu. Terus berlatih untuk tepat waktu dalam mengerjakan tugas ya.

Sekarang, kamu akan akan berlatih kembali menyanyikan lagu “Mariam Tomong”. Gunakan waktu berlatihmu dengan baik ya saat berlatih.

Ayo Berkreasi

Nyanyikan lagu Mariam Tomong di depan kelas. Gurumu akan menilainya.

not lagu mariam tomong

Apa yang telah kamu pelajar hari ini?

Yang telah saya pelajari hari ini adalah pentingnya mengatur waktu yang baik agar menjadi pribadi yang disiplin waktu dan melaksanakan kewajiban sebagai pelajar.

Apakah kamu sudah mengatur waktumu dengan baik?

Ya, Saya sudah mengatur waktumu dengan baik.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 71, 72, 73

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 3 Subtema 2 pembelajaran 2 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 71, 72, 73 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/10/kunci-jawaban-tema-3-kelas-6-halaman-71.html.