Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 65, 66, 68, 69


kunci jawaban buku siswa tema 6 kls 6 halaman 65

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 65, 66, 68, 69 - Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di Kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Selain membahas tentang soal-soal yang terdapat pada buku siswa tema 6 kelas 6 SD/MI Subtema 2 pembelajaran 4, Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 65, 66, 68, 69 juga dilengkapi dengan rangkuman materi pembelajaran yang terdapat pada buku tematik tema 6 kelas 6 menuju masyarakat sejahtera.

Pembelajaran Tematik Kelas 6 Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera Pembelajaran 4 ini terdiri dari Mata Pelajaran SBDP, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Bahasa Indonesia.

Dalam Pembelajaran 4 Subtema 2 Tema Menuju Masyarakat Sejahtera terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 65, 66, 68, 69.

Baca Juga :

Tema 6 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 4

Udin mempunyai kakak sepupu laki-laki yang bernama Arif. Mereka sering bermain bersama. Wajah Udin dan Arif mirip bak pinang dibelah dua.

Hanya ada beberapa perbedaan di antara mereka. Dari segi umur, Udin tiga tahun lebih muda daripada Arif. Kumis Udin belum tumbuh, sedangkan kumis Arif mulai tumbuh tipis.

Suara Arif lebih besar daripada suara Udin. Jakun Arif juga sudah tampak besar. Itulah perbedaan udin yang masih anak- anak dan Arif yang sudah masuk masa pubertas.

Nah, apa perbedaan masa anak-anak dengan masa puber?

Arif main ke rumah Udin. Mereka berbincang tentang banyak hal. Mulai dari pelajaran di sekolah sampai acara televisi yang sedang mereka tonton.

Mereka tampak seperti kakak adik yang hidup rukun. Melihat ciri fisik Udin dan Arif tampak perbedaan antara masa anak-anak (kanak-kanak) dan masa pubertas.

Kunci Jawaban Buku Tema 6 Kelas 6 Halaman 65

Ayo Berlatih

Sudahkah Kamu Masuk Masa Pubertas?

Masa pubertas dapat dibedakan dengan masa kanak-kanak atau anak-anak.

Untuk mengetahui kamu saat ini sudah memasuki masa pubertas atau masih anak-anak, dapat kamu lakukan dengan menjawab secara jujur pertanyaan-pertanyaan dalam tabel berikut.

Isi tabel dengan tanda centang (√) pada kolom yang tersedia. Untuk kolom kesimpulan isi berdasarkan jawaban atas lima pertanyaan yang tersedia.

Jika jawaban lebih banyak pada kolom “Sudah” berarti kesimpulannya kamu sudah memasuki masa pubertas. Sebaliknya, jika jawaban lebih banyak pada kolom "belum" berarti kamu masih anak-anak.

Kolom diisi oleh anak laki-laki :

kunci jawaban buku tematik siswa tema 6 kls 6 halaman 65

Kolom diisi oleh anak Perempuan :


Jawaban soal halaman 65 berbeda-beda antara satu siswa dengan siswa lainnya karena jawabannya disesuaikan pada kondisi fisik masing-masing siswa.

Arif dan Udin terkesima menonton sebuah tarian di televisi. Mereka tertarik dengan gerakan penari. Penari Klana topeng memakai topeng. Meskipun wajah ditutupi topeng penari tetap lincah bergerak.

Ayo Membaca

Tari Klana Topeng

Tari Klana Topeng merupakan bentuk karya tari tunggal. Tari ini berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Tari Klana Topeng pada umumnya ditarikan oleh penari putra.

Tema yang menjadi sumber tarian ini mengambil dari cerita panji. Cerita itu tentang Raja Klana Sewandana yang sedang jatuh cinta.

rangkuman materi tema 6 kelas 6 halaman 66

Gerak-gerik tarinya menggambarkan Prabu Klana yang sedang menghias diri. Ada gerak mengatur rambut. Ada gerak menghias kumis.

Ada gerak menata pakaian. Ada juga gerak sedang bercermin. Iringan yang mengiringi tarian yaitu seperangkat gamelan Jawa.

Penari saat mempertunjukkan Tari Klana Topeng menggunakan busana, di antaranya celana, kain, sabuk, selendang, penutup kepala, hiasan dada, hiasan tangan, dan hiasan kaki.

Tari Klana Topeng ditarikan kurang lebih selama lima belas menit. Penari menggunakan topeng selama menarikan Tari Klana Topeng.

Pemakaian topeng oleh penari secara terus menerus selama menarikan tarian ini sehingga membuat kagum para penonton. Penari tetap bersemangat dan lincah dalam bergerak meskipun memakai topeng.

Kunci Jawaban Buku Tema 6 Kelas 6 Halaman 66

Ayo Berlatih

Kamu telah membaca dengan cermat teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1. Informasi apakah yang kamu harapkan ketika kamu baru membaca judul teks nonfiksi (Tari Klana Topeng)?

Informasi yang saya harapkan adalah informasi tentang tari Klana Topeng.

2. Sesuaikah antara harapan informasi yang kamu peroleh ketika baru membaca judul teks nonfiksi dengan informasi yang kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng?

Sesuai, judul menunjukkan isi bacaan.

3. Informasi apakah yang kamu peroleh setelah membaca teks nonfiksi berjudul Tari Klana Topeng?

Informasi yang diperoleh setelah membaca teks non fiksi berjudul Tari Klana Topeng adalah mengetahui asal Tari Klana Topeng, unsur-unsur Tari Klana Topeng, dan busana serta properti tari Klana Topeng.

Tuliskan hasil perbandingan informasi yang kamu harapkan ketika kamu baru membaca judul teks nonfiksi dan informasi yang kamu dapat setelah membaca teks nonfiksi.

Selanjutnya, presentasikan secara lisan di depan kelas. Lakukan secara bergantian dengan temanmu.

Ayo Mengamati

Apakah kamu pernah memperagakan karya tari bentuk tunggal? Karya tari apa yang pernah kamu peragakan? Amatilah gerak tari kreasi bentuk tunggal berikut.

1. Melangkah maju, kepala menengok mengikuti langkah kaki.

rangkuman materi tema 6 kelas 6 halaman 67

Lakukan gerakan 8 x 2 hitungan

2. Mengangkat kaki kanan diangkat, lalu ditapakkan.

Kemudian, kaki kanan ditapakkan ke samping, lalu jinjit di belakang kaki kiri.

Perhatikan sikap tangan pada gambar berikut.

rangkuman materi tema 6 kelas 6 subtema 2 pembelajaran 4

rangkuman materi tema 6 kelas 6 halaman 68

Lakukan gerakan 4 x 8 hitungan.

Kunci Jawaban Buku Tema 6 Kelas 6 Halaman 68

Ayo Berlatih

Berlatihlah memperagakan gerak-gerak tari kreasi bentuk tunggal di atas. Sebelum bergerak siapkan properti tari berupa tongkat.

Setelah melakukan latihan memperagakan gerak tari tersebut, ungkapkan pendapatmu mengenai gerakan.

Apakah gerak tari di atas sulit diperagakan? Tuliskan dalam kolom berikut.

Jawaban soal halaman 68 meminta siswa untuk memperagakan gerak tari kreasi berbentuk tunggal, jadi jawaban antara satu siswa dengan siswa lainnya akan berbeda-berbeda.

Ayo Mengamati

Buatlah kelompok terdiri atas 5 anak. Lakukan pengamatan terhadap sebuah tarian kreasi daerah bersama teman satu kelompokmu.

Cermati tahapan penampilan karya tari kreasi daerah tersebut. Tuliskan unsur-unsur tari dari tarian yang kamu amati.

kunci jawaban buku tema 6 kelas 6 halaman 69

Jawaban soal halaman 69 berbeda-beda antara satu kelompok dengan kelompok lainnya karena disesuaikan pada tarian daerah yang dipilih oleh masing-masing kelompok.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 65, 66, 68, 69

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 6 Subtema 2 pembelajaran 4 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 65, 66, 68, 69 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/12/kunci-jawaban-tema-6-kelas-6-halaman-65.html.