Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 78, 79, 80, 81, 82


kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 6 halaman 79

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 78, 79, 80, 82 - Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di Kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Selain membahas tentang soal-soal yang terdapat pada buku siswa tema 6 kelas 6 SD/MI Subtema 2 pembelajaran 6, Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 78, 79, 80, 81, 82 juga dilengkapi dengan rangkuman materi pembelajaran yang terdapat pada buku tematik tema 6 kelas 6 menuju masyarakat sejahtera.

Pembelajaran Tematik Kelas 6 Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Subtema 2 Membangun Masyarakat Sejahtera Pembelajaran 6 ini terdiri dari Mata Pelajaran PPKn, SBDP dan Bahasa Indonesia.

Dalam Pembelajaran 6 Subtema 2 Tema Menuju Masyarakat Sejahtera terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 78, 79, 80, 81, 82.

Baca Juga :

Tema 6 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 6

Di desa tempat tinggal Beni sedang diadakan pemilihan kepala desa. Beni bertugas menjaga adik di rumah karena ayah dan Ibu Beni ikut memilih di balai desa.

Ayah dan Ibu Beni telah mendapatkan haknya sebagai warga negara Indonesia yaitu hak mengemukakan pendapat melalui pemilihan kepala desa.

Hak ini termasuk hak dalam bidang politik. Sudahkah kamu mendapatkan hakmu sebagai warga negara Indonesia?

Setiap warga negara Indonesia memiliki hak mengemukakan pendapat dalam berbagai bentuk. Hak mengemukakan pendapat dalam pemilu ada batasan umur yaitu setelah berusia tujuh belas tahun atau sudah menikah.

Melaksanakan hak dalam pemilu sangat penting demi kesejahteraan bersama. Bagaimanakah pengalamanmu dalam melaksanakan hak sebagai warga negara Indonesia?

Ayo Membaca

Mengapa Harus Melaksanakan Hak?

Pemenuhan hak warga negara Indonesia berkaitan erat dengan upaya pemerintah Indonesia dalam mencapai tujuan nasional Indonesia. Kamu tentu sudah memahami tujuan nasional Indonesia sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Repubublik Indonesia Tahun 1945 alinea keempat.

Untuk mencapai tujuan nasional, ditetapkan hak-hak dan kewajiban warga negara Indonesia dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Hak dan kewajiban warga negara Indonesia hendaknya dilakukan secara seimbang. Tidak boleh hanya melaksanakan kewajiban atau sebaliknya. Biasakan mendahulukan kewajiban daripada menuntut hak. Dengan demikian, akan tercapai kesejahteraan dan keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara.

Pelaksanaan hak warga negara Indonesia merupakan hal yang penting, misalnya pelaksanaan hak dalam pemilu. Pemilu merupakan kegiatan yang memilih orang untuk mengisi jabatan politik tertentu. Keikutsertaan warga negara dalam pemilu sangat penting untuk menentukan kebijakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan pemilihan secara langsung oleh rakyat diharapkan pejabat politik yang terpilih bisa melaksanakan amanah rakyat dengan menjalankan pemerintahan berdasar atas kedaulatan rakyat. Jadi kesejahteraan rakyat akan lebih diperhatikan.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 78

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Kemudian, diskusikan hal berikut ini!

1. Apa pentingnya melaksanakan hak berdasarkan bacaan di atas?

Berdasarkan bacaan di atas, dapat disimpulkan pentingnya melaksanakan hak sebagai berikut :
  • Mendukung tercapainya tujuan nasional.
  • Mempercepat pembangunan nasional.
  • Mewujudkan pemerintahan yang demokratis.

2. Apa pentingnya melaksanakan hakmu untuk dirimu?

a. Dapat mengharumkan nama daerah / tempat tinggal / nama bangsa di kancah nasional karena mendapatkan pendidikan termasuk pelaksanaan hak. Contoh olimpiade sains dan atlet renang.

b. Di sekolah dapat belajar dengan lancar dan nyaman. Contohnya sarapan pada pagi hari membuat tubuh memiliki energi dan dapat berkonsentrasi saat mengikuti pembelajaran.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 79

Ayo Berlatih

Bacalah kembali bacaan berjudul “Mengapa Harus Melaksanakan Hak?” dengan cermat. Kemudian, jelaskan informasi penting yang terdapat pada teks nonfiksi tersebut berdasarkan rumusan gagasan utama pada setiap paragrafnya.

Adapun langkah-langkah yang harus kamu lakukan sebagai berikut :

1. Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf.

2. Tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf.

3. Tuiskan gagasan utama dari teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama setiap paragraf.

4. Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel seperti contoh di bawah ini dan presentasikan di depan kelas secara lisan.

kunci jawaban buku tema 6 kelas 6 halaman 79

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 80

Ayo Menulis

Sebagai warga negara Indonesia yang baik tentu kamu sudah pernah melaksanakan hak. Coba tuliskan pengalamanmu melaksanakan hak sebagai warga negara Indonesia.

Tuliskan hak dan ketentuan hukum yang menjamin hak tersebut. Kemudian ceritakan bentuk pelaksanaan dan manfaat yang kamu peroleh dengan terlaksananya hakmu sebagai warga negara Indonesia.

Tuliskan hasilnya dalam kolom berikut. Presentasikan secara lisan di depan kelas.

Hak yang selalu saya jalani sehari-hari adalah hak mempertahankan hidup. Hak ini saya peroleh dari perlindungan Hak yang terdapat dalam UUD 1945 Pasal 28A.

Saya juga melaksanakan Hak dalam kehidupan sehari-hari yaitu mendapatkan perlakuan yang sama tanpa ada diskriminasi karena Hak saya ini dilindungi oleh UUD 1945 dalam pasal 28B ayat 2.

Masih berkaitan dengan pelaksanaan hak. Kamu juga mempunyai hak kebebasan memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya bangsa demi kemajuan kebudayaan nasional.

Hak ini bisa kamu lakukan dengan cara mempelajari sebuah tarian daerah. Tarian daerah merupakan akar kebudayaan nasional yang penting untuk dipelihara dan dikembangkan. Lakukan kegiatan berikut.

Ayo Mengamati

Amatilah gerak-gerak bentuk tari tunggal berikut. Gerak tari berikut merupakan lanjutan dari gerak tari pada pembelajaran 4. Gerak tari ini bertemakan kepahlawan. Berikut gerak-gerak tari bertemakan kepahlawanan.

1. Berlari-lari kecil membuat lingkaran ke kanan, lalu ke kiri.

Kemudian, meluruskan tangan kanan ke kanan dan kaki kiri ke arah kiri jinjit.

rangkuman materi tema 6 kelas 6 halaman 80

Gerak di atas dilakukan 2 x 8 hitungan, sesuai hitungan di atas.

2. Memainkan tongkat

Tongkat diluruskan ke atas, ke samping kanan. Kemudian, lurus ke atas lagi dan ke samping kanan kembali. Perhatikan arah pandangan kepala sesuai gambar.

kunci jawaban tema 6 kelas 6 halaman 80

Gerak di atas dilakukan 4 x 4 hitungan.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 81 & 82

Ayo Berlatih

Mempelajari tarian daerah merupakan bentuk pelaksanaan hak kebebasan memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya bangsa. Sekarang persiapkan sebuah pertunjukan tari kreasi daerah jenis tunggal. Tampilkan pertunjukan di depan kelas secara bergantian. Adapun persiapan yang harus

1. Pilih tarian kreasi daerah jenis tunggal. Kamu boleh menciptakan tarian sendiri dengan meneruskan gerakan yang sudah kamu pelajari di atas.

2. Carilah kaset atau video tarian yang kamu pilih. Selanjutnya, tonton dan cermati gerak tariannya. Identifikasi unsur-unsur tarian yang kamu pilih.

3. Persiapkan unsur-unsur tariannya untuk pementasan di depan kelas.

4. Pentaskan sebuah tarian lengkap dengan unsur-unsurnya, baik busana maupun propertinya.

5. Pentaskan sebuah tarian lengkap dengan busana dan properti yang kamu butuhkan.

Jawaban soal halaman 81 dan 82 berupa praktik tarian kreasi daerah jenis tunggal.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 78, 79, 80, 81, 82

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 6 Subtema 2 pembelajaran 6 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 78, 79, 80, 81, 82 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/12/kunci-jawaban-tema-6-kelas-6-halaman-78.html.