Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 Halaman 49, 50, 53, 54, 57


kunci jawaban tema 6 kelas 5 subtema 1 pembelajaran 5

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 Halaman 49, 50, 53, 54, 57 - Kunci jawaban tema 6 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 panas dan perpindahannya subtema 1 suhu dan kalor pembelajaran 5 tepatnya terdapat pada halaman 49, 50, 53, 54, 57.

Selain membahas tentang soal-soal yang terdapat pada halaman 49, 50, 53, 54, 57, kunci jawaban tematik ini juga dilengkapi dengan rangkuman materi pembelajaran Tema 6 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13).

Kunci jawaban tematik tema 6 kelas 5 pada subtema 1 pembelajaran 5 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu mata pelajaran SBDP, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR).

Baca juga :

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 5

Hari masih sangat pagi. Siti terbangun karena mendengar suara azan subuh dari musala. Siti segera menunaikan kewajibannya untuk sholat.

Siti mengira ia orang pertama yang terbangun pada pagi hari itu. Ternyata ia melihat Ibu sudah berada di dapur.

Setelah melakukan sholat subuh, Siti menghampiri ibunya yang sedang menyalakan kompor. Siti melihat Ibu sedang memasak air pada dua panci yang berbeda.

Panci pertama yang berukuran lebih besar berisi air setengah penuh. Air di panci pertama akan digunakan Ibu untuk merebus sayur. Panci kedua berukuran lebih kecil berisi air yang hampir penuh.

Panci kedua akan digunakan Ibu untuk membuat teh. Siti menduga-duga, air dalam panci manakah yang akan mendidih lebih cepat.

Diam-diam Siti melakukan pengamatan sambil membantu ibunya menyiapkan sarapan.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 49

Ayo Mengamati

Perhatikanlah gambar berikut ini!

kunci jawaban halaman 49 tema 6 kelas 5

Berdasarkan gambar di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut!

1. Bagaimana ukuran kedua panci tersebut?

Panci A memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan panci B

2. Manakah panci yang berisi air lebih banyak? A atau B?

Panci A berisi air lebih banyak

3. Jika kedua panci berisi air itu dididihkan, panci manakah yang akan memerlukan waktu lebih lama untuk mendidihkan air di dalamnya?

Panci A akan memerlukan waktu lebih lama untuk mendidihkan air di dalamnya

4. Mengapa?

Karena panci A memiliki air lebih banyak sedangkan energi panas yang diberikan dari kompor pada panci A sama dengan energi panas yang diberikan dari kompor pada panci B yang memiliki air lebih sedikit.

5. Bagaimana hubungan antara energi panas yang dibutuhkan untuk mendidihkan air di dalam panci dengan suhu air di dalamnya? (Air mendidih pada suhu 100°C).

Semakin besar energi panas yang digunakan untuk mendidihkan air di dalam panci maka suhu air di dalamnya semakin tinggi yang menyebabkan air tersebut cepat panas (mendidih).

6. Apakah kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan di atas?

Pada peristiwa mendidihnya air menunjukkan peningkatan suhu pada air sampai mencapai 100 derajat celcius. Hal ini berarti kegiatan yang berbeda memerlukan energi panas yang berbeda juga.

Berdasarkan kegiatan di atas, identifikasi kegiatan sehari-hari yang menunjukkan penggunaan energi panas.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 50

Ayo Berlatih

Manakah dari kegiatan berikut yang membutuhkan energi panas (kalor) lebih banyak? Berilah tanda centang (v) pada kotak yang telah disediakan!

kunci jawaban halaman 50 tema 6 kelas 5

Identifikasi peristiwa di sekitarmu yang menunjukkan penggunaan energi panas dalam kegiatan sehari-hari!

Perubahan Akibat Perubahan Suhu

Suhu menunjukkan derajat panas benda. Semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut. Suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda. Energi panas dapat mengubah benda. Beberapa benda akan mengalami pemuaian. Pemuaian panas adalah perubahan suatu benda yang dapat menjadi bertambah panjang, lebar, luas, atau berubah volumenya karena terkena kalor atau panas. Tetapi sebaliknya, benda dapat mengalami penyusutan. Penyusutan adalah perubahan suatu benda yang menjadi berkurangnya panjang, lebar, dan luas karena terkena suhu dingin. Pemuaian dan penyusutan bisa terjadi pada logam, udara, dan air.

Berikut ini adalah beberapa contoh pemuaian dan penyusutan benda karena perubahan suhu dalam kehidupan sehari-hari.

1. Pemasangan Kaca Jendela

Pernahkah kamu mengamati posisi kaca yang terpasang pada jendela? Atau mungkin kamu pernah melihat proses pemasangan kaca jendela yang dilakukan oleh tukang kayu. Para tukang kayu selalu merancang ukuran bingkai jendela yang sedikit lebih lebar dari ukuran sebenarnya. Mengapa harus demikian? Hal ini dilakukan oleh tukang kayu dengan tujuan untuk memberikan ruang pemuaian bagi kaca saat terkena panas. Jika bingkai jendela tidak diberi ruang pemuaian, maka ketika terkena panas akan mengakibatkan kaca menjadi retak atau bahkan pecah. Selain itu, untuk menghindari keretakan kaca saat ada bunyi yang menggelegar seperti ketika ada petir, atau bunyi keras lainnya.

2. Ban Sepeda/Motor dan Mobil

Tahukah kamu apa yang terjadi ketika kamu memompa udara terlalu banyak ke dalam ban sepedamu? Jika ban sepeda, ban sepeda motor, dan ban mobil, diisi udara terlalu banyak, maka ban akan mengeras dan menjadi tidak nyaman dikendarai. Selain itu, mengisi udara terlalu penuh ke dalam ban sepeda atau mobil akan membahayakan pengemudinya. Ban yang diisi terlalu banyak udara dapat meletus dan dapat mengakibatkan kecelakaan. Hal ini disebabkan karena udara di dalam ban dapat memuai karena panas.

3. Kawat/kabel Listrik dan Telepon

Apakah kamu memperhatikan bahwa kawat atau kabel telepon dan listrik terlihat mengendur dan tidak tegang? Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kawat atau kabel tidak putus pada malam hari ketika mengalami penyusutan. Selain itu, agar kawat atau kabel tidak putus jika tertimpa pohon yang tumbang.

4. Pemuaian yang Terjadi pada Gelas Kaca 

Pernahkah kamu melihat sebuah gelas kaca yang tiba-tiba pecah atau retak ketika dituangi air panas? Hal ini terjadi karena adanya pemuaian yang tidak merata pada bagian gelas. Oleh karena itu, disarankan agar tidak menuangi gelas basah atau gelas dingin dengan air panas yang baru mendidih.

5. Pemuaian pada Sambungan Rel Kereta Api 

Sambungan pada rel kereta api, dibuat ada celah antara dua batang rel. Hal ini dilakukan untuk memberikan ruang muai sehingga saat terkena panas, rel tersebut tidak melengkung. Rel yang melengkung akan membahayakan gerbong kereta yang melewatinya.

6. Penggunaan Termometer

Tahukah kamu cara menggunakan termometer klinis atau termometer badan? Termometer akan ditempelkan ke beberapa bagian tubuh seperti dalam mulut atau ketiak. Tujuannya adalah untuk mengukur suhu panas tubuh. Setelah beberapa lama, cairan di dalam termometer akan naik karena terjadi pemuaian setelah mendapatkan panas dari tubuh. Cairan akan berhenti pada angka tertentu untuk menunjukkan suhu tubuh. Ketika termometer tidak digunakan, akan kembali turun karena mengalami penyusutan.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 53 & 54

Ayo Menulis

Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Jelaskanlah apa yang kamu ketahui dari setiap paragraf dalam bacaan di atas. Apa yang kamu ketahui tentang isi sebuah paragraf merupakan gagasan utama pada paragraf tersebut. Gunakan tabel berikut ini untuk membantumu.

Judul bacaan "Perubahan Akibat Perubahan Suhu"

Apakah yang kamu ketahui tentang paragraf-paragraf pada bacaan?

kunci jawaban halaman 53 dan 54 tema 6 kelas 5

Dengan menggunakan tabel di atas, dapatkah kamu menjelaskan kesimpulan dari bacaan di atas? Tuliskanlah kesimpulanmu tentang bacaan di atas di tempat yang tersedia di bawah ini dengan menggunakan kata-kata baku yang tepat.

Bacaan di atas menjelaskan bahwa suhu menunjukkan derajat panas benda. Perubahan suhu pada beberapa jenis logam, kaca dan udara dapat mengakibatkan logam, kaca dan udara itu memuai dan menyusut.

Ayo Bernyani

Sebelumnya, kamu telah mengetahui bahwa beberapa lagu daerah dimainkan dalam tangga nada pentatonis yaitu slendro dan pelog.

Gamelan adalah salah satu alat musik yang digunakan untuk mengiringi lagu-lagu pada tangga nada pentatonis.

Beberapa alat pada gamelan terbuat dari bilah besi. Seperti beberapa alat musik pada gamelan Jawa berikut ini.

isian tema 6 kelas 5 halaman 49

Alat musik gamelan dibuat dari campuran tembaga dan timah dengan ukuran tertentu. Ukuran dan perbandingan antara kedua logam tersebut dapat menghasilkan suara yang berbeda.

Campuran logam itu harus dipanaskan dengan suhu tinggi agar mencair dan mudah dibentuk. Proses ini disebut dengan peleburan.

Paduan suara yang dihasilkan oleh alat-alat musik tersebut terdengar harmonis untuk mengiringi lagu-lagu yang dimainkan pada laras slendro atau pelog.

Perhatikanlah lagu daerah di bawah ini dengan saksama. Mintalah Guru untuk memperdengarkan lagu ini di kelas. Lalu tentukanlah tangga nada yang digunakan!

isian soal tema 6 kelas 5 halaman 57

Arti Lirik / Syair Lagu Cing Cangkeling

Kleung dengdek buah kopi raranggeuyan
(Bunyi tetabuhan buah kopi bertangkai-tangkai)

Keun anu dewek ula pati diheureuyan
(Biarkan itu milik ku jangan sering diganggu)

Cing cangkeling manuk cingkleng cindetan
(Ingatlah manusia, hati harus selalu tenang)

Plos kakolong bapak satar buleneng
(Agar mendapat dunia yang penuh rahmat)

Pat lapat pat lapat katingalan masih tebih kene pisan
(Jangan sampai ketinggalan walau masih jauh)

Layarna bodas jeung celak kasurung ombak-ombak
(Layarnya putih dan terlihat kecil terdorong ombak)

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 57

Lengkapilah tabel berikut untuk mengetahui lebih banyak tentang lagu daerah di halaman 56.

kunci jawaban tema 6 kelas 5 halaman 57

Nyanyikanlah lagu “Cing Cangkeling” dan beberapa lagu yang telah kamu pelajari sebelumnya. Nyanyikanlah secara berulang-ulang hingga kamu dapat menyanyikannya sendiri! Carilah arti lagu-lagu tersebut untuk membantumu memahami pesan yang disampaikannya.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 Halaman 49, 50, 53, 54, 57

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 subtema 1 pembelajaran 5 dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 Halaman 49, 50, 53, 54, 57 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2020/01/jawaban-tema-6-kelas-5-halaman-49.html.