Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 Halaman 61, 62, 63, 64, 65, 66


kunci jawaban tema 6 kelas 5 subtema 1 pembelajaran 6

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 Halaman 61, 62, 63, 64, 65, 66 - Kunci jawaban tema 6 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 panas dan perpindahannya subtema 1 suhu dan kalor pembelajaran 6 tepatnya terdapat pada halaman 61, 62, 63, 64, 65, 66.

Selain membahas tentang soal-soal yang terdapat pada halaman 61, 62, 63, 64, 65, 66, kunci jawaban tematik ini juga dilengkapi dengan rangkuman materi pembelajaran Tema 6 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13).

Kunci jawaban tematik tema 6 kelas 5 pada subtema 1 pembelajaran 6 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu mata pelajaran PPKn, SBDP dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR).

Baca juga :

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 6

Perhatikanlah kedua gambar di atas dengan saksama! Apakah yang dapat kamu katakan mengenai kedua gambar di atas?

Menurutmu apakah yang terjadi pada gambar pertama dan kedua?

Apakah kamu pernah mengalami berada pada kedua situasi tersebut?

Apakah yang kamu rasakan?

Diskusikanlah hasil pengamatan dan pengalamanmu dengan teman sebangkumu!

Setiap warga yang tinggal dalam sebuah masyarakat tertentu, memiliki tanggung jawab sebagai anggota masyarakat tersebut.

Demikian juga sebagai warga Negara Republik Indonesia. Apakah yang dimaksud dengan tanggung jawab? Simaklah bacaan berikut ini dengan saksama!

Ayo Membaca

Tanggung Jawab Warga Negara

Pernahkah kamu mendengar kata-kata bijak berikut: “Maju mundur suatu bangsa tergantung tanggung jawab warga negaranya”? Apakah yang dimaksud dengan tanggung jawab? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tanggung jawab adalah keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan, baik yang dilakukan sendiri maupun yang dilakukan bersama dengan orang lain. Oleh karenanya, tanggung jawab warga negara berhubungan dengan perannya di dalam masyarakat.

isian tema 6 kelas 5 halaman 62

Tanggung jawab warga negara terhadap bangsa dan negaranya, dilaksanakan dengan cara melakukan hak dan kewajibannya sebagai warga negara. Pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara harus sesuai dengan Undang-Undang dasar Negara Repulik Indonesia Tahun 1945. Apa saja tanggung jawab warga negara Indonesia? Warga negara Indonesia, antara lain mempunyai tanggung jawab untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai dalam sila-sila Pancasila. Warga negara Indonesia juga bertanggung jawab untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa agar tidak terpecah belah.

Sebagai seorang siswa, kamu pun memiliki tanggung jawab. Salah satunya adalah dengan menaati peraturan yang telah ditetapkan, baik oleh sekolah maupun oleh negara sesuai peranmu sebagain seorang siswa. Peraturan sekolah harus sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung di dalam sila-sila dalam Pancasila. Peraturan sekolah juga harus sejalan dengan peraturan dan undang- undang yang berlaku di Indonesia.

Seorang siswa hendaknya bertanggung jawab untuk mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila. Nilai sila pertama, Ketuhanan yang Maha Esa, dengan menunjukkan rasa hormat kepada teman-teman yang berbeda keyakinan dan dengan menjalankan kegiatan keagamaan sesuai dengan keyakinannya. Nilai sila kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, dengan menunjukkan rasa peduli kepada sesama manusia di mana pun berada. Nilai pada sila ketiga, Persatuan Indonesia, dengan menjaga persatuan dan kesatuan dengan menghargai perbedaan yang ada di antara teman. Nilai sila keempat, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dengan menunjukan sikap mau mendengarkan pendapat teman lain dalam kegiatan pembelajaran dan bekerja sama. Nilai sila kelima, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, dengan menaati peraturan sekolah yang menjamin rasa keadilan di sekolah.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 61

Ayo Menulis

Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama untuk memahami isi bacaan. Tuliskan kata-kata kunci pada setiap paragraf. Lalu, tuliskan isi bacaan pada setiap paragrafnya dalam diagram berikut!

kunci jawaban halaman 62 tema 6 kelas 5


Judul bacaan "Tanggung Jawab Warga Negara"

Kata kunci paragraf 1 : Tanggung Jawab, Warga Negara

Paragraf 1 : Tanggung jawab warga negara berhubungan dengan perannya di dalam masyarakat.

Kata kunci paragraf 2 : Tanggung jawab, warga negara, hak, kewajiban.

Paragraf 2 : Warga negara Indonesia mempunyai tanggung jawab untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai dalam sila-sila Pancasila serta bertanggung jawab untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa agar tidak terpecah belah.  

Kata kunci paragraf 3 : Tanggug jawab, siswa, menaati, peraturan

Paragraf 3 : Seorang siswa memiliki tanggung jawab menaati peraturan yang telah ditetapkan, baik oleh sekolah maupun oleh negara.

Kata kunci paragraf 4 : Tanggung jawab, nilai-nilai dalam Pancasila. 

Paragraf 4 : Seorang siswa bertanggung jawab untuk mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 62

Rangkailah isi-isi bacaan dari setiap paragraf di atas untuk menjelaskan isi bacaan secara keseluruhan.

Tuliskanlah dalam satu paragraf pemahamanmu tentang bacaan dengan bantuan diagram di atas.

Gunakanlah kalimat yang benar dan kata-kata baku dengan tepat.

Tanggung jawab warga negara berhubungan dengan perannya di dalam masyarakat. Warga negara Indonesia mempunyai tanggung jawab untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai dalam sila-sila Pancasila serta bertanggung jawab untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa agar tidak terpecah belah. Seorang siswa memiliki tanggung jawab menaati peraturan yang telah ditetapkan, baik oleh sekolah maupun oleh negara. Siswa juga bertanggung jawab untuk mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila.

Ayo Menulis

A. Lengkapilah kalimat-kalimat berikut ini dengan menggunakan kata- kata yang tepat yang teersedia di dalam kotak!

1. Pertama
2. Persatuan
3. Kesatuan
4. Hak
5. Tanggung Jawab
6. Pancasila

1. Maju mundurnya sebuah negara tergantung kepada tanggung jawab warga negaranya.

2. Setiap warga negara juga memiliki hak dan kewajiban sesuai perannya di dalam masyarakat.

3. Setiap warga negara Indonesia, mempunyai tanggung jawab untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai dalam pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia.

4. Tanggung jawab untuk menghormati perbedaan keyakinan teman dan anggota masyarakat sesuai dengan pengamalan nilai Pancasila sila pertama.

5. Menghargai pendapat orang lain, merupakan salah satu cara untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang juga merupakan pengamalan sila keempat Pancasila.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 63

B. Kembangkanlah paling sedikit lima kata kunci yang telah kamu tuliskan sebelumnya menjadi kalimat lengkap dengan menggunakan kata-kata baku.

kunci jawaban halaman 63 tema 6 kelas 5

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 64 & 65

Ayo Berdiskusi

Perhatikanlah kembali gambar dan bacaan tentang Tanggung Jawab Warga Negara dengan saksama!

Kamu tentu tahu bahwa banyak tanggung jawab, baik sebagai warga negara, maupun sebagai seorang siswa.

Dengan menggunakan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini!

1. Bersama dengan teman sebangkumu, lengkapilah tabel berikut ini untuk menjelaskan dan memberikan contoh tanggung jawab yang dapat kamu lakukan sebagai warga negara Indonesia dan sebagai siswa.

Perhatikan contoh!

kunci jawaban halaman 61 tema 6 kelas 5

2. Tambahkanlah beberapa contoh perbuatan yang berhubungan dengan tanggung jawab tersebut. Lalu berikanlah tanda centang (v) pada kolom yang sesuai.

kunci jawaban tema 6 kelas 5 halaman 64

3. Tunjukkanlah hasil pekerjaanmu kepada teman sekelompok yang terdiri atas empat orang termasuk teman sebangkumu. Bacakanlah contoh- contoh perbuatan yang telah kamu lakukan yang menunjukkan rasa tanggung jawabmu sebagai warga negara dan sebagai siswa.

4. Pilihlah salah satu perbuatan dan ceritakanlah lebih mendalam.

Ceritakanlah dalam peristiwa apakah kamu melakukan perbuatan tersebut.

5. Kemudian, ceritakan juga perbuatan-perbuatan yang belum kamu lakukan.

Kesulitan apa saja yang kamu hadapi untuk melaksanakannya. Mintalah saran temanmu untuk membantumu.

6. Tulislah saran-saran temanmu pada tabel berikut ini!

isian halaman 64 tema 6 kelas 5

Alternatif jawaban untuk halaman 64 memiliki jawaban yang bervariasi tergantung dengan saran-saran temanmu.

7. Buatlah kesimpulan tentang tanggung jawab yang kamu pahami melalui kegiatan di atas!

Tanggung jawab adalah keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan, baik yang dilakukan sendiri maupun yang dilakukan bersama dengan orang lain.

Tahukah kamu bahwa salah satu tanggung jawab kita sebagai warga negara Indonesia adalah melestarikan budaya bangsa?

Banyak cara untuk memenuhi tanggung jawab tersebut, antara lain dengan mengenal dan melestarikan lagu-lagu daerah dari daerah asalmu sendiri. Yuk kita bernyanyi bersama!

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 66

Ayo Bernyani

Kamu telah belajar menentukan tangga nada pada beberapa lagu daerah yang berasal dari daerah lain. Saatnya bagimu untuk mempelajari lagu daerahmu sendiri.

Sebelum menyanyikan sebuah lagu, kamu perlu melakukan pemanasan. Pemanasan ini dilakukan untuk melatih pita suara dan organ tubuh lainnya yang digunakan pada saat menyanyi, seperti rongga mulut dan tenggorokan.

Setelah kamu melakukan pemanasan, lakukanlah kegiatan ini dalam kelompok!

1. Cari dan tentukan sebuah lagu daerah yang kamu kenal. Sebaiknya lagu dari daerahmu sendiri agar kamu lebih mengenal lagu daerahmu.

2. Salinlah lagu tersebut berikut notasi angkanya.

3. Pelajari tangga nada yang digunakan pada lagu tersebut.

4. Pelajari cara menyanyikan lagu tersebut agar mendapatkan kesan dari lagu tersebut.

5. Tulislah semua pekerjaanmu pada selembar kertas berukuran A3.

6. Gunakan tabel berikut untuk mencatat keterangan yang diperlukan.

kunci jawaban tema 6 kelas 5 halaman 66

7. Nyanyikanlah lagu daerah tersebut di depan kelompok yang lain. Jelaskan juga tentang isi lagu, arti, dan tangga nada yang digunakan berikut kesanmu terhadap lagu tersebut.

8. Tempelkanlah hasil pekerjaanmu di dinding kelas.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 Halaman 61, 62, 63, 64, 65, 66

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 subtema 1 pembelajaran 6 dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 Halaman 61, 62, 63, 64, 65, 66 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2020/01/jawaban-tema-6-kelas-5-halaman-66.html.