Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 Halaman 180


Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 180

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 Halaman 180 - Kunci jawaban tema 7 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 peristiwa dalam kehidupan Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran 3 tepatnya terdapat pada halaman 180.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 7 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 3 Subtema 3.

Kunci jawaban tematik tema 7 kelas 5 pada Subtema 3 Pembelajaran 3 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu PPKn, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal tema 7 yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR).

Baca juga :

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Subtema 3 Pembelajaran 3

Ayo Berdiskusi

Nilai-nilai Pancasila sesungguhnya telah ada dalam kehidupan bangsa Indonesia yang beragam.

Sebuah nilai yang menunjukkan adanya perilaku dan sikap kerukunan serta kerja sama dalam masyarakat yang beragam, yaitu hidup gotong royong.

Dalam kehidupan masyarakat, kita sering menghadapi masalah yang menyangkut kepentingan bersama.

Kegiatan untuk membantu anggota masyarakat yang lain secara bersama-sama dan sukarela disebut bergotong royong.

Kegiatan ini dilakukan atas kesadaran bahwa dalam hal tertentu, permasalahan yang dihadapi salah satu anggota masyarakat dapat dibantu dengan sukarela dan bersama-sama.

Kegiatan ini menunjukkan nilai-nilai Pancasila yang dilaksanakan secara sadar oleh masyarakat Indonesia untuk kepentingan bersama.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 180

Dengan menggunakan gambar di atas sebagai bantuan dan informasi lain berbagai sumber, diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

1. Apa saja manfaat gotong royong?

Manfaat gotong royong antara lain : meringankan beban pekerjaan yang harus ditanggung, menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan, dan kekeluargaan antar sesame anggota masyarakat, menjalin dan membina hubungan baik antarwarga masyarakat, serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional.

2. Bagaimana ciri masyarakat Indonesia ditunjukkan melalui kebiasaan gotong royong tersebut?

Gotong royong dilakukan dengan rasa yang ikhlas dan sukarela untuk saling membantu satu sama lain dan lebih mengutamakan kepentingan bersama.

3. Nilai-nilai Pancasila apa sajakah yang nyata dalam gotong royong tersebut?
Jawaban :

Persatuan dan kesatuan Indonesia, kerja sama, kekeluargaan, tolong-menolong, peduli dengan sesama.

4. Berikanlah paling sedikit tiga contoh yang menunjukkan peran Pancasila dalam membina keutuhan bangsa Indonesia yang memiliki keragaman budaya.

Pertama : Pancasila adalah alat pemersatu bangsa. Pancasila memperkuat persatuan bangsa Indonesi karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk. Kedua : Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia : Artinya, Pancasila diamalkan dalam hidup sehari-hari. Ketiga : Pancasila sebagai Keperibadian Bangsa Indonesia: Segala tingkah laku dan amal perbuatan bangsa Indonesia harus sesuai Pancasila.

Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 Halaman 180

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa kelas 5 tema 7 Kurikulum 2013 (K13) dapat memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 Halaman 180 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2020/01/jawaban-tema-7-kelas-5-halaman-180.html.