Cara Entri Data Dapodik Agar Tunjangan Sertifikasi Guru Cair Tepat Waktu

Semester 1 tahun pelajaran 2017-2018 tinggal menghitung hari, akan tetapi masih ada sebagian guru yang tunjangan sertifikasi guru untuk periode semester 1 tahun pelajaran 2017-2018 belum juga cair.

Jangan sampai hal seperti ini berlanjut di semester 2 nanti. berikut ini tahpan entri data dapodik yang perlu diperhatikan agar data guru yang sertifikasi bisa cair tepat waktu.
1. Gambar 1



ini sering terlewati pada saat entri data dapodik dikarenakan data dapodik masih bisa terkirim walaupun keaktifan PTK tersebut tidak di centang.

2. Gambar 2
Gaji berkala, sering kali guru yang sudah mendapatkan SK gaji berkala baru tidak melaporkan atau memberikan copy SK tersebut ke Operator sehingga terdapat perbedaan besaran gaji antara data di DAPODIK dengan Data Sebenarnya.
untuk mengantisipasi hal tersebut pada awal semester sebaiknya Operator Sekolah meminta Kepala Sekolah menginformasikan kepada guru-guru yang sudah sertifikasi jika ada yang memiliki SK gaji berkala baru agar segera mengumpulkan poto copynya.

3. Gambar 3
SK Pangkat terakhir, hal ini sama dengan penjelasan poin 2

4. Gambar 4
Rombel, untuk sekolah yang hanya memiliki 6 rombel sebaiknya guru yang sertifikasi mengajar pada kelas yang jumlah siswanya lebih dari 20 siswa.
sedangkan untuk sekolah yang memiliki lebih dari 6 rombel, pada tingkat kelas yang memiliki 2 rombel, pembagian jumlah siswa setiap kelas nya jangan dibagi rata misalnya kelas 4 memiliki 38 siswa dibagi menjadi 2 rombel dengan jumlah 19 siswa setiap kelasnya. Jika terdapat kasus seperti ini buatlah pembagian siswanya 20 dan 18.

5. Gambar 5
Pembelajaran, pada tahap ini untuk nomor SK pembagian tugas sebenarnya tidak berengaruh pada data tunjangan sertifikasi guru. yang penting adalah jumlah jamnya harus terisi 24 jam.

Jumlah jam tersebut sebaiknya kita entri duluan baru selanjutnya masukan nomor SK pembagian Tugas terbaru serta perhatikan nama gurunya jangan sampai salah.

6. Gambar 6
Jadwal Pelajaran, pada tahap ini banyak operator sekolah yang dipusingkan karena harus menyesuaikan dengan jadwal pelajaran manual dan harus syncron juga dengan data pembelajaran pada poin 5.
cara mengatasinya yaitu, tidak perlu berpatokan pada jadwal pelajaran manual ya. silakan entri jadwal guru mapel telebih dahulu mulai dari hari senin sampai sabtu perhatikan saja jangan sampai jamnya bentrok.
setelah jadwal guru mapel selesai di entri baru masukan jadwal guru kelas (pastikan saja 24 jam).

Demikianlah tutorial tentang cara entri data dapodik agar data sertifikasi guru bisa valid dan cair tepat waktu. Semoga ini bisa bermanfaat dan Terima kasih.

Jangan Lupa di Share ya.

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via Email:

Silakan Tinggalkan Komentar Untuk Artikel Ini

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel