Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 Halaman 11, 12, 13, 14, 15, 17

jawaban-soal-buku-siswa-kelas-5-tema-1-subtema1-pembelejaran-2
Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 Halaman 11, 12, 14, 15, 17 - Kunci Jawaban Tematik ini Merupakan Jawaban dari Soal-Soal yang Terdapat pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan Pembelajaran 2. Jawaban Soal Subtema 1 pembelajaran 2 terdiri dari jawaban-jawaban soal yang ada pada halaman 11 membuat gambar ilustrasi dengan tema hewan kesayanganku.

Jawaban soal halaman 12 tentang menceritakan rangkaian gambar ilustrasi, jawaban soal halaman 13 dan 14 tentang organ gerak hewan vertebrata dan fungsinya, jawaban buku tema 1 kelas 5 halaman 15 tentang membuat kerangka hewan dari bahan karton, jawaban tema 1 halaman 17 tentang ide pokok dan kalimat pengembang dari teks gerak ikan dalam air.

Kunci jawaban tematik kelas 5 tema 1 semester 1 ini juga dilengkapi dengan materi dan gambar-gambar yang terdapat pada pelajaran subtema 1 pembelajaran 2. Berikut ini kunci jawaban soal buku siswa tema 1 kelas 5 kurikulum 2013 revisi terbaru.

Baca Juga :

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Halaman 11, 12, 13, 14, 15, 17


Ayo Mengamati

Coba kamu amati dan pahami rangkaian gambar cerita berikut:

rangkaian-gambar-cerita-halaman-9

Gambar di atas adalah rangkaian gambar cerita. Dalam gambar tersebut terkandung rangkaian cerita.

Gambar cerita merupakan gambar atau serangkaian gambar yang mengandung sebuah cerita. Contoh gambar cerita adalah gambar ilustrasi. Gambar ilusrasi merupakan gambar yang mendukung isi sebuah bacaan atau teks. Gambar ilustrasi dibedakan menjadi dua macam, yakni gambar yang berupa foto dan gambar tangan. Penggunaan gambar ilustrasi disesuaikan dengan kebutuhan dan isi bacaan atau teks.

Adapun ragam gambar ilustrasi antara lain berupa cergam (cerita bergambar), komik, pamflet, cover, kartun, dan karikatur. Tahukah kamu perbedaan ragam gambar-gambar tersebut?

Ayo Berlatih

Untuk meningkatkan keterampilanmu dalam menggambar, buatlah gambar ilustrasi.

Gambar ilustrasi merupakan penggambaran dari sebuah teks. Tujuan ilustrasi adalah untuk memperjelas, memperindah, dan menerangkan isi atau informasi dari sebuah bacaan.

Objek gambar ilustrasi dapat berupa gambar manusia, hewan, dan tumbuh- tumbuhan serta benda-benda yang ada di sekitar kita. Objek gambar ini harus disesuaikan dengan isi atau bacaan.

Langkah-langkah membuat gambar ilustrasi adalah sebagai berikut.


1. Gagasan
Gagasan bersumber dari bacaan. Setelah menentukan gagasan, tentukanlah adegan apa yang akan digambar, siapa saja tokohnya, bagaimana suasananya, serta media yang akan digunakan.

2. Sketsa
Sketsa adalah rancangan gambar yang dibuat sesuai dengan gagasan. Membuat sketsa harus berhati-hati, perhatikan bagaimana tata letak dan ukuran objek yang digambar.

3. Pewarnaan
Setelah sketsa selesai dibuat, kamu dapat mewarnainya. Pewarnaan dapat dilakukan dengan dua cara, pertama memberi warna sesuai dengan aslinya, kedua memberi warna berdasarkan imajinasi sendiri.

Kamu dapat menggunakan cat air, cat minyak, pensil warna, spidol, dan lain-lain.

Adapun media gambar yang bisa kamu gunakan untuk menggambar adalah.

1. Media Alas Gambar

Media alas merupakan media atau tempat untuk menuangkan gambar. Kamu dapat menggunakan kanvas, kain, kertas, atau bahkan kaca dan komputer. Media ini juga berpengaruh pada pemilihan media pewarna yang digunakan. Selain itu juga berpengaruh pada awet dan tidaknya hasil gambar pada saat disimpan.

media-alas-gambar-halaman-11

2. Media Pewarna

a. Pensil Warna
Jenis pensil ini banyak mengandung lilin. Pilihan warnanya pun banyak sekali.

media-pewarna-halaman-11

b. Cat air
Cat air adalah pewarna yang terlebih dahulu dicampur dengan air sebelum dipergunakan. Ada dua macam cat air, yakni transparan dan tidak transparan.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 1 Halaman 11

Ayo Berkreasi

Sekarang saatnya membuat gambar ilustrasi. Sebelum kamu membuat gambar, susunlah terlebih dahulu bacaan atau teks. Tema gambarnya adalah “Hewan Kesayanganku”.


Kunci Jawaban Buku Paket Tema 1 Kelas 5 Halaman 12

Ayo Mencoba

Untuk dapat menceritakan apa yang terkandung di dalam gambar diperlukan ketelitian dalam mengamati gambar. Selain itu juga diperlukan kemampuan dalam berbahasa, baik lisan maupun tulis. Coba ceritakan rangkaian gambar ilustrasi berikut sesuai pemahamanmu.

kunci-jawaban-soal-halaman-12-tema-1-kelas-5

Edo mempunyai tiga ekor kelinci di rumah. Edo sangat sayang pada kelinci- kelincinya. Edo merawatnya dengan baik. Edo sering bermain bersama kelinci- kelincinya.

Namun, kali ini Edo sangat sedih. Seekor kelincinya hanya terdiam ketika diajak bermain. Kelinci tersebut diam tidak bergerak di sudut kandangnya. Edo pun bergegas melihat dan memeriksanya.

Edo terkejut, ternyata kaki kelinci itu terluka. Edo kasihan melihat kelincinya yang kesakitan dan tidak bisa bergerak.

Kaki merupakan salah satu organ gerak pada kelinci. Dengan kaki, kelinci dapat bergerak dan berpindah tempat dengan cara melompat.

Perhatikan gambar organ gerak pada kelinci berikut ini.

organ-gerak-kelinci-halaman-13

Organ gerak pada kelinci adalah kaki, fungsi utama kaki pada kelinci adalah untuk bergerak. Kelinci bergerak dengan meloncat menggunakan kaki. Kaki belakang kelinci lebih kuat dan panjang dibandingkan dengan kaki depan.

Jawaban Soal Tema 1 Kelas 5 Halaman 13 & 14

Ayo Mengamati

Tahukah kamu bahwa kelinci termasuk binatang mamalia? Binatang mamalia tergolong hewan vertebrata, yaitu hewan yang bertulang belakang. Nah, di sekitarmu pasti banyak sekali hewan vertebrata lain selain kelinci.

Bersama temanmu, amati dan identifikasi organ gerak hewan-hewan tersebut.

Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.

kunci-jawaban-soal-organ-gerak-hewan-vertebrata

Jawaban :

Nama Hewan : Ikan

Nama Organ Gerak : Sirip dan Ekor

Fungsinya :
Fungsi sirip dan ekor umumnya adalah untuk membantu ikan berenang. Sirip pada ikan terletak pada berbagai tempat untuk berbagai fungsi, seperti gerak maju, berputar, atau mempertahankan posisi tegak.

Ikan berenang dengan mengerahkan kekuatan terhadap air di sekitarnya, yaitu meliuk-liukkan rangka tubuhnya sehingga otot-otot di kedua sisi tubuh ikan berkontraksi menghasilkan gelombang lenturan yang berjalan di sepanjang tubuh ikan dari hidung sampai ke ekor. Vektor gaya yang bekerja pada air dengan gerakan lateral menghasilkan gaya yang mendorong ikan ke depan.

Nama Hewan : Katak

Nama Organ Gerak : Tungkai Kaki

Fungsinya :
Katak memiliki tungkai belakang yang jauh lebih besar daripada tungkai bagian depan. Fungsi dari tungkai belakang katak adalah untuk melompar, sehingga strukturnya lebih kukuh. Sedangkan tungkai depan berfungsi sebagai penahan tubuh saat mendarat.

Katak mempunyai tulang belakang yang panjang dan otot yang kuat, oleh karena itu katak dapat melompat dengan tinggi. Selain itu, katak juga mempunyai selaput renang yang memberikan tekanan kuat saat katak berada dalam air, sehingga katak dapat bergerak.

Nama Hewan : Burung

Nama Organ Gerak : Sayap dan Kaki

Fungsinya :
Burung memiliki struktur tubuh seperti hewan bertulang belakang lainnya, kecuali kedua tungkai depannya berubah menjadi sayap. Burung mempunyai sejumlah ciri-ciri khusus yang berhubungan dengan kemampuan terbang. Ciri-ciri khusus itu sebagai berikut.
  1. Sebagian ruas tulang belakang menjadi satu membentuk titik tumpu yang kuat sewaktu sayap dikepakkan.
  2. Tulang yang besar biasanya berongga. Hal ini untuk mengurangi bobot badan. Berat rangka burung hanya 4% dari seluruh berat badan.
  3. Pada tulang dada yang berlunas dalam, melekat otot-otot terbang yang kukuh untuk menggerakkan sayap.

Selain bergerak dengan cara terbang, ada beberapa jenis burung juga dapat berenang dengan kakinya. Burung yang dapat berenang umumnya memiliki selaput pada kakinya.

Nama Hewan : Kadal

Nama Organ Gerak : Tungkai Kaki

Fungsinya :
Golongan reptil misalnya kadal, mempunyai perkembangan yang baik pada rangka bagian tungkai. Begitu pula dengan jenis cecak. Struktur telapak kaki cecak memiliki bantalan kaki pelekat sehingga memungkinkan gerakan memanjat dinding dan berlari di langit-langit secara terbalik.

Nama Hewan : Kambing

Nama Organ Gerak : Kaki

Fungsinya :
Kaki pada kambing digunakan untuk berjalan, berlari dan melompat. Dengan ke empat kakinya kambing dapat bergerak kesana-kemari untuk mencari makan.

Nama Hewan : Ular

Nama Organ Gerak : Rangka Tubuh

Fungsinya :
Pada ular, gerakan terjadi saat rangka tubuh meliuk ke kiri dan ke kanan. Gerakan ini dikenal sebagai lokomosi berkelok-kelok. Bagian samping tubuh ular bertumpu pada bagian permukaan yang tidak rata dan bila ayunan gelombang sampai ke belakang, ular akan meluncur ke depan dengan sisik licin yang menutupi perutnya.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 1 Halaman 15

Ayo Berkreasi

Kamu telah mengenal beberapa jenis hewan vertebrata beserta organ gerak dan fungsinya. Sekarang pilih salah satu dari hewan tersebut kemudian buatlah model kerangkanya dengan menggunakan kertas karton. Buatlah semirip mungkin dengan bentuk aslinya.

Langkah-langkah kerja.
1. Siapkan alat dan bahan.
a. Kertas karton atau kardus tebal
b. Gunting
c. Pensil
d. Penghapus
e. Penggaris

2. Gambarlah pola pada kertas.
Buatlah pola per bagian sesuai dengan bagian-bagian tubuh hewan yang kamu pilih. Misalnya bagian kaki sendiri, bagian badan sendiri, dan lain-lain.

Gambar pola akan sangat menentukan hasilnya. Jadi, gambarlah pola dengan bentuk dan ukuran yang tepat antarbagiannya agar pada saat mengggabungkannya nanti dapat menempel dengan baik dan menghasilkan bentuk hewan keseluruhan yang sesuai dengan aslinya.

3. Guntinglah kertas sesuai pola.
Arah guntingan harus tepat pada garis dan gambar pola yang telah dibuat.

4. Gabungkan bagian-bagian yang telah digunting menjadi sebuah model kerangka hewan.

Coba perhatikan contoh berikut.

model-krangka-hewan-vertebrata-dari-karton

Jawaban :
Alternatif jawaban disesuaikan dengan hasil kerja masing-masing siswa dalam membuat model kerangka hewan. 

Ayo Membaca

Kamu telah mengetahui macam-macam organ gerak dari hewan vertebrata. Namun, ada yang harus kamu ketahui bahwa hewan yang habitatnya di air memiliki sistem gerak yang berbeda, contohnya ikan.

Untuk mengetahuinya, bacalah bacaan berikut.

Gerak Ikan dalam Air

Ikan memiliki sistem gerak yang unik. Sistem gerak pada ikan berbeda dengan hewan vertebrata yang lain. Hal tersebut dikarenakan habitat ikan adalah di air.

Salah satu bentuk tubuh yang paling banyak dimiliki oleh hewan air adalah bentuk rudal. Bentuk tubuh ini memungkinkan ikan meliuk ke kiri adn ke kanan. Bentuk tubuh yang seperti ini juga berfungsi untuk mengurangi hambatan pada saat bergerak di dalam air. Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi untuk mendorong gerakan ikan dalam air.

Tahukah kamu, ikan dapat berenang karena memanfaatkan bentuk tubuhnya yang unik? Ikan memiliki gelembung renang dalam tubuhnya yang berguna untuk mengatur gerak naik dan turun. Ikan memiliki susunan otot dan tulang belakang yang fleksibel untuk mendorong gerakan ekornya di dalam air. Sebagian besar ikan menggunakan gerak tubuh ke kanan dan ke kiri bersama dengan sirip ekornya untuk menghasilkan gaya dorong ke depan. Ikan yang bergerak dengan sirip samping dan sirip tengah cocok hidup di terumbu karang. Jenis ikan ini tidak dapat berenang secepat ikan yang menggunakan tubuh dan sirip ekornya.

Kunci Jawaban Soal Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Halaman 17

Berdasarkan bacaan tentang “Gerak Ikan dalam Air”, temukan ide pokok dan kalimat pengembang setiap paragrafnya.

jawaban-soal-tematik-kelas-5-tema-1-halaman-17

Demikianlah Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 Halaman 11, 12, 13, 14, 15, 17

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 kurikulum 2013 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada. Jika artikel ini bermanfaat silakan di share ya, dan jangan lupa tinggalkan komentar pada kolom yang sudah tersedia.

Artikel yang sedang kamu baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 Halaman 11, 12, 13, 14, 15, 17 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com.2019/05/jawaban-buku-tema-1-kelas-5-halaman-11.html.

20 Responses to "Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 Halaman 11, 12, 13, 14, 15, 17"

  1. ko gak bisa di copy paste ya pak??

    buat di bikin wordnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. di tulis ulang aja pak?? oleh saya?? hahaha

      Hapus
    2. kok nggak bisa ha ha ha hai bodoh😗😙😚

      Hapus
  2. Terimakasih, smg menjadi amal sholehah

    BalasHapus
  3. Halaman 18 dan 19 gak ada ya pak . tapi aku berterima kasih atas jawaban ini ,karna aku dapat nilai b+

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aku juga lagi nyari halaman 18

      Hapus
    2. sama-sama, terima kasih juga telah mengingatkan, admin untuk soal halaman 18 dan 19 nanti akan kita update kunci jawabannya.

      Hapus
    3. Terima kasih saya dapat nilai 💯 sekali lagi terima kasih

      Hapus
  4. Terimakasih.. Postingan ini sangat membatu anak sy dalam mengerjakan... PR nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, kasih kembali, jangan jadi ketergantungan aja dalam menyelesaikan soal, setidaknya ini bisa kita jadikan pedoman dalam membimbing anak-anak dalam mengerjakan PR.

      Hapus
    2. Saya anggota paskibra/pasis saya sangat berterima kasih kadang saya tidak tahu jawabannya semoga sukses

      Hapus
    3. amin, terima kasih kembali.

      Hapus
  5. Makasih kakak udah membantu ngerjain PR aku..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, kasih kembali dan semoga mendapatkan nilai yang bagus.

      Hapus
  6. pak contoh gambar kuda gimana ngabunggin nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gunting dulu potongan-potongan anggota tubuh kuda seperti pada gambar, kemudian tinggal mencocokkan letak kaki, ekor, dll.

      Hapus