Contoh Soal USBN Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Tahun 2019/2020


contoh soal usbn bahasa indonesia kelas 6 sd

Soal Ujian Nasional SD USBN Utama Bahasa Indonesia 2020 - Bulan April/Mei 2020 akan dilaksanakan Ujian Sekolah SD atau disebut Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) bagi peserta didik Kelas 6 SD. Ujian SD terdiri dari USBN dan US. USBN SD terdiri dari tiga mata pelajaran utama yang akan diujikan yaitu Bahasa Indonesia (BIND), Matematika (MTK), dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Ujian Sekolah (US) terdiri dari Mata Pelajaran PKn, IPS dan PAI.

Kisi-Kisi USBN SD dirilis oleh BNSP. Kisi-kisi tersebut digunakan sebagai acuan dalam menyusun soal un, yang menggunakan materi irisan dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) atau yang dikenal dengan kurikulum 2006, dan dengan kurikulum 2013. Format kisi-kisi soal USBN tahun 2019, memuat level kognitif serta lingkup materi. Soal ujian nasional yang diujikan berupa soal pilihan ganda dan uraian.

Sebagai bahan persiapan menghadapi USBN Tahun Pelajaran 2019/2020, pelajari semua indikator yang terdapat dalam kisi-kisi USBN dari BSNP, pebanyak mengerjakan latihan soal, mengikuti serangkaian try out yang diadakan oleh sekolah, dan tentunya jangan lupa berdoa agar lulus USBN dengan hasil yang memuaskan.

Baca Juga : Soal USBN SD Matematika PDF TP 2019/2020


Contoh Soal Ujian SD (USBN) Bahasa Indonesia

1. Kecantikan gadis itu menjadi buah bibir orang sekampung. Makna kata bercetang miring adalah . . .
A. bahan rebutan
B. bahan permainan
C. bahan pembicaraan
D. bahan pemulas bibir

2. Pagi ini ayah mendengarkan siar radio yang membahas prestasi atlet Indonesia pada ajang Olimpiade Rio 2016 Brasil. Perbaikan kata bercetak miring yang benar adalah . . .
A. siaran
B. tersiar
C. penyiaran
D. menyiarkan

3. Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, SD Negeri 1 Babat akan memperingatkan lomba antar kelas. perbaikan kata bercetak miring yang benar adalah . . .
A. menyelenggarakan
B. menyambut
C. membiarkan
D. memperingati

4. Ki hajar Dewantara adalah seorang Pahlawan dalam dunia Pendidikan. Beliau berusaha memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Salah satu jasa Ki Hajar Dewantara adalah mendirikan taman siswa. Penggunaan ejaan yang tepat pada cuplikan teks pidato yang bercetak miring adalah . . .
A. Ki hajar Dewantara adalah seorang PPahlawan dalam dunia Pendidikan
B. Ki hajar dewantara adalah seorang Pahlawan dalam dunia pendidikan
C. Ki Hajar dewantara adalah seorang Pahlawan dalam dunia pendidikan
D. Ki Hajar Dewantara adalah seorang pahlawan dalam dunia pendidikan

5. Gempa tadi malam luluh lantah Banten dan sekitarnya. Imbuhan yang tepat pada kata bercetak miring tersebut adalah . . .
A. meluluhlantakan
B. terluluhlantakan
C. diluluhlantakan
D. berluluhlantakan

Kunci Jawaban
1. C
2. A
3. A
4. D
5. A

Download Soal Ujian Sekolah SD (USBN) Bahasa Indonesia

Selengkapnya contoh Soal Ujian Kelas 6 atau Soal Ujian SD (USBN) Bahasa Indoneisa tahun pelajaran 2019/2020 bisa anda download pada link tautan berikut ini:


Soal USBN disusun dengan mengacu pada kisi-kisi USBN dari BSNP. Bentuk soal ujian nasional terdiri atas pilihan ganda (PG) dan uraian.

Untuk sumber belajar menghadapi USBN SD TP 2019/2020, bisa menggunakan kumpulan soal try out, atau soal latihan USBN Utama SD, soal ujian kelas 6 tahun sebelumnya.

Baca juga : Soal USBN SD IPA PDF TP 2019/2020

Demikianlah Artikel yang Soal Ujian Nasional SD USBN Utama Bahasa Indonesia 2020

Terimakasih sudah membaca artikel tengang soal ujian sd, semoga informasi yang sanjayaops sampaikan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semuanya, terutama guru dan peserta didik kelas 6 SD yang sebentar lagi akan mengikuti USBN tahun pelajaran 2019/2020.

Artikel yang sudah anda baca ini berjudul Soal Ujian Nasional SD USBN Utama Bahasa Indonesia 2020 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/01/soal-ujian-sd-un-usbn-utama-bahasa-indonesia-bind-kelas-6.html