Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 10, 11, 12


Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 10, 11, 12 - Kunci jawaban Tema 9 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas 6 Menjelajah Angkasa Luar Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 1 tepatnya terdapat pada halaman 10, 11, 12.
Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 9 Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 1 Subtema 1.

Kunci jawaban tematik Tema 9 Kelas 6 pada Subtema 1 Pembelajaran 1 terdiri dari 2 muatan pelajaran yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 6 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 9 yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR).

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 1

Ayo Membaca

Barisan yang Menyenangkan oleh Amanda Naila

Tiara sedang duduk di halaman belakang rumahnya, menengadah menatap langit malam yang cerah. Siang tadi, gurunya baru menjelaskan tentang tata surya. Tentu, Tiara mengerti tentang delapan planet di tata surya. Ia juga mengerti tentang posisi Matahari sebagai pusat tata surya. Namun, satu hal yang masih menjadi pertanyaan Tiara adalah mengapa Bumi tidak pernah bertabrakan dengan planet-planet lain, padahal jarak mereka sangat dekat.

Tanpa Tiara sadari, ayahnya yang baru kembali dari musala mendapatinya sedang melamun. Perlahan, ia menghampiri Tiara dan bertanya, “Hei, anak Ayah kok melamun?”

Tiara terkejut dengan kehadiran ayahnya yang tak disadarinya. Ia terlalu lama memikirkan pertanyaannya sendiri. “Oh, Ayah,” ujarnya sembari tertawa. “Aku sedang memikirkan sesuatu yang baru aku pelajari tadi siang. Mengapa ya, Yah, planet-planet bergerak lurus dan tidak menabrak satu sama lain? Mereka terlihat seperti memiliki jalur khusus.”

Ayah Tiara tersenyum. “Sebenarnya, planet-planet itu memang mempunyai jalur mereka sendiri. Jalur itu bernama orbit. Planet-planet ini bergerak mengikuti orbit yang mengelilingi Matahari sebagai pusat tata surya. Orbit planet-planet itu berbentuk elips. Oleh karenanya, planet-planet di dalam sistem tata surya tidak akan menabrak satu sama lain.”

Tiara yang sedari tadi mendengarkan dengan saksama penjelasan ayahnya, akhirnya pun mengangguk. “Benar-benar sebuah keajaiban Tuhan ya, planetplanet itu bergerak mengikuti orbitnya sendiri.”

“Tiara, Ayah, kita makan sama-sama, yuk! Ayah pasti juga sudah lapar. Ibu sudah siapkan,” tiba-tiba Ibu bergabung mengajak mereka makan.

Ayah Tiara mengusap rambut putrinya dengan lembut. “Ya, benar-benar sebuah bukti kebesaran Tuhan. Nah, sekarang, yuk kita makan malam untuk merasakan kebesaran Tuhan bagi tubuh kita!”.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 10

Lengkapi diagram berikut setelah kamu membaca cerita fiksi “Barisan yang Menyenangkan”.

kunci jawaban halaman 10 tema 9 kelas 6

Judul Cerita Fiksi : Barisan yang Menyenangkan.

Penulis : Amanda Naila.

kunci jawaban halaman 11 tema 9 kelas 6


Sifat dari Tokoh Utama : Cerdas, Mempunyai rasa ingin tahu yang kuat, religius.

Tindakan yang dilakukan : Memikirkan secara mendalam informasi yang didapat.

Gambar : Seorang gadis berusia 12 tahun dengan rambut berkepang dua, cantik dan energik, cerdas dan religius.

kunci jawaban halaman 12 tema 9 kelas 6

Pendapatmu tentang Tokoh Utama : Seorang gadis yang cerdas dengan rasa ingin tahu yang kuat, ceria serta religius.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 11 

Jawablah pertanyaan berikut ini berdasarkan karangan fiksi “Barisan yang Menyengkan”.

Karangan fiksi tersebut bercerita tentang pemikiran Tiara tentang orbit edar planet-planet.

2. Siapakah tokoh utama karangan fiksi tersebut?

Nama tokoh utama larangan fiksi tersebut adalah Tiara.

3. Siapakah tokoh tambahan dalam karangan fiksi tersebut?

Tokoh tambahan dalam karangan fiksi tersebut adalah Ayah, Ibu

4. Di manakah peristiwa dalam karangan fiksi tersebut?

Peristiwa dalam karangan fiksi tersebut di halaman belakang rumah Tiara.

5. Gambarkan tokoh utama dan tempat dalam karangan di atas sesuai imajinasimu. Gunakan kotak pada halaman setelah ini, lalu gambar tokoh utama dan tempat cerita itu terjadi. Berilah warna dengan menggunakan pensil warna. Lalu jelaskan gambar yang kamu buat di depan kelas dengan percaya diri.

kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 12

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 12

Setelah mendengarkan presentasi teman-temanmu, lakukanlah perenungan dengan menjawab pertanyaan berikut ini.

1. Apakah kamu dan teman-temanmu memiliki gambaran yang serupa tentang tokoh utama dan tempat dari karangan tersebut? Dalam hal apa saja gambaran yang kalian buat memiliki kesamaan?

Ya. Dalam hal ciri fisik tokoh utama, serta lokasi / tempat cerita.

2. Bagian mana saja yang berbeda dengan gambaran teman-temanmu?

............ (alternatif jawaban berbeda-beda, disesuaikan dengan hasil siswa menggmabar)

3. Apakah yang terjadi jika di dalam cerita tersebut tidak ada tokoh utama?

Cerita jadi tidak menarik, jadi hambar, karena tokoh utama memegang peran penting dalam cerita.

4. Apakah fungsi tokoh utama dalam cerita fiksi tersebut?

Tokoh utama membuat suatu cerita lebih hidup dan menarik, seolah-olah terjadi di alam nyata. Tokoh utama paling banyak diceritakan, baik sebagai pelaku kejadian maupun yang dikenai kejadian.

Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 10, 11, 12

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa Kelas 6 Tema 9 Kurikulum 2013 (K13) dapat memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 10, 11, 12 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2020/02/kunci-jawaban-tema-9-kelas-6-halaman-10.html.