Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 141, 142, 143, 144, 147


Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 141, 142, 143, 144, 147 - Kunci jawaban Tema 9 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas 6 Menjelajah Angkasa Luar Subtema 3 Tokoh Penjelajah Ruang Angkasa Pembelajaran 1 tepatnya terdapat pada halaman 141, 142, 143, 144, 147.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 9 Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 1 Subtema 3.

Kunci jawaban tematik Tema 9 Kelas 6 pada Subtema 3 Pembelajaran 1 terdiri dari 2 muatan pelajaran yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 6 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 9 yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR).

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Subtema 3 Pembelajaran 1

Tahukah kamu bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kita alami dan nikmati saat ini diawali oleh penemuan-penemuan yang dilakukan para ilmuwan?

Lihatlah sekelilingmu! Semua alat yang kamu gunakan adalah hasil penemuan dan pengembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Kamu tentu sudah mengerti bahwa untuk melihat benda-benda langit diperlukan sebuah alat yang disebut teleskop. Tahukah kamu siapa penemunya? Mari kita simak bacaan berikut ini!

Ayo Membaca

Galileo Galilei, Mencoba untuk Membuktikan

Pasti kamu pernah mendengar nama Galileo Galilei. Ia adalah seorang ilmuwan asal Italia kelahiran tahun 1564. Sumbangan penemuannya memberi banyak pengaruh pada dunia ilmu pengetahuan. Galileo tidak selalu menjadi penemu, tetapi ia dapat menggunakan sebuah penemuan untuk menghasilkan penemuan besar lainnya.

kunci jawaban halaman 141 tema 9 kelas 6

Galileo bukanlah penemu teleskop yang pertama. Akan tetapi ia mengetahui tentang penemuan teleskop saat itu dari seorang pembuat kacamata dari Belanda. Ia lalu tertarik untuk mengembangkan teleskop buatannya sendiri. Lalu ia memanfaatkannya untuk melakukan pengamatan dunia angkasa luar. Pada bulan Maret 1610, Galileo mempublikasikan sebuah buklet kecil yang berjudul The Starry Messenger.

Buklet ini mengungkapkan beberapa penemuan angkasa luar yang menarik. Salah satu penemuan Galileo saat itu adalah tentang bulan. Ia menemukan bahwa permukaan bulan tidak rata dan halus, seperti yang digambarkan dalam puisi-puisi. Bulan ternyata dipenuhi kawah dan gunung.

Galileo juga menemukan planet-planet lain termasuk Saturnus yang memiliki lingkar seperti cincin. Ia menemukan Venus yang memiliki beberapa fase seperti Bulan, lalu bukti bahwa Venus berputar mengelilingi Matahari. Ia juga menemukan fakta bahwa Jupiter memiliki satelit sendiri yang tidak berputar mengelilingi Bumi, melainkan Matahari.

Penemuan-penemuan Galileo memperkuat teori Copernicus sebelumnya. Teori Copernicus menyatakan bahwa Bumi bukanlah pusat tata surya, tetapi Matahari, karena planet-planet mengelilingi Matahari.

Pada zamannya, Galileo sempat dicerca dan ditentang berbagai pihak karena temuan-temuannya. Namun demikian, pada akhirnya dunia mengakui peran besarnya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.

Berkat temuantemuannya tersebut ia memperoleh sebutan “Bapak Sains Modern”. Hal ini merupakan bukti perannya yang membuka wawasan warga dunia terhadap ilmu pengetahuan, terutama ilmu pengetahuan angkasa luar.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 141

Ayo Berdiskusi

Galileo galilei merupakan salah satu penemu yang berperan besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan yang memengaruhi peradaban manusia.

Bersama dengan teman sebangkumu diskusikanlah penemuan apa saja yang telah dihasilkannya dan dampaknya terhadap kehidupan manusia hingga kini. Gunakan tabel berikut untuk mencatatnya.

kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 141

Penemuan Galileo Galilei :
  • Hukum Gerak (Mekanika)
  • Hukum Kelembaban
  • Penyempurnaan Teleskop
  • Penemuan Termometer air
  • Penemuan planet Saturnus dan planet-planet lain
Dampak Penemuan Galileo Galilei :
  • Menghimpun penemuan tersebut dengan formula matematik. Penggunaan yang luas formula matematik dan metode matematik merupakan sifat penting dari ilmu pengetahuan modern.
  • Sebagai dasar dari hukum gerak dari Newton.
  • Digunakan untuk keperluan pelayaran dan pengamatan astronomi. Sebagai bahan penguat bagi para pendukung teori Copernicus/ Teori matahari-sentris.
  • Menjadi dasar bagi pengembangan termometer berikutnya, seperti penemuan skala Fahrenheit, Celcius dan skala kelvin.
  • Penelitian terhadap antariksa makin intensif

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 142

Buatlah beberapa pertanyaan tentang bacaan di atas atau tentang hal-hal yang ingin kamu ketahui lebih dalam. Tuliskanlah pertanyaanmu di dalam kotak yang tersedia berikut ini.

kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 142

Pertanyaanku :
  1. Siapa nama ilmuwan terkenal asal italia yang menerbitkan buklet kecil yang berjudul The Starry Mesenger.
  2. Apa saja penemuan Galileo Galilei?
  3. Bagaimana pendapat Galileo Galilei terhadap teori Copernicus?
  4. Kapan Galileo Galilei menerbitkan buklet kecil yang berjudul The Satrry Messenger.
  5. Di mana Galileo Galilei dilahirkan?

Ayo Membaca

Susunan Planet Tata Surya berdasarkan Orbit Bumi

Susunan tata surya kita memiliki keunikan tersendiri. Matahari sebagai pusat tata surya dikelilingi oleh berbagai anggota lainnya, seperti planet, asteroid, satelit, meteorit, dan komet.

kunci jawaban kelas 6 tema 9 hlm 143

Salah satu benda langit yang menarik adalah komet. Komet merupakan salah satu benda langit yang memiliki inti dari batu dan air. Inti komet terbungkus dalam surai gas dan debu. Setiap kali komet mendekat ke Matahari, materi-materi dalam inti komet akan menguap dan membentuk bola gas kebiru-biruan dan ekor yang berwarna putih.

Materi tersebut terdiri dari debu sepanjang jutaan kilometer. Oleh karena bentuknya yang demikian orang Yunani menyebutnya sebagai si rambut panjang yang dalam bahasa Yunani disebut kometes, asal kata dari komet.

Semua benda langit di atas melakukan perputaran mengitari Matahari sebagai pusat tata surya. Mereka mengelilinginya dalam jalurnya yang disebut sebagai orbit.

Berdasarkan orbit Bumi terhadap Matahari, terdapat beberapa planet yang berada di dalam orbit Bumi.

Planet-planet yang berada di dalam orbit Bumi disebut dengan planet inferior, yaitu Merkurius dan Venus. Sedangkan planet-planet yang berada di luar orbit Bumi disebut dengan planet superior, yaitu Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 143-144

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.

1. Jelaskan persamaan dan perbedaan antara komet dan planet!

kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 143

Persamaan :
  • Benda langit
  • Mengelilingi Matahari

Perbedaan :
  • Komet memiliki ekor gas debu yang sangat panjang, sedang planet tidak punya
  • Bentuk orbit garis edar Komet yang lonjong, parabolis atau hiperbolis berbeda dengan bentuk orbit garis edar planet yang berbentuk elips.

Contoh Komet :
  • Komet Halley (terakhir muncul tahun 1986 dan muncul setiap 76 tahun sekali)
  • Komet Lulin (ditemukan pada 11 Juli 2007)
  • Komet Hale-Bopp (Muncul pada tahun 1997)
  • Komet Lovejoy
  • Komet Encke (salah satu komet dengan orbit terpendek, yaitu 3 tahun sekali)

Contoh planet :
  • Merkurius
  • Venus
  • Bumi
  • Yupiter
  • Neptunus

2. Beberapa pengelompokan dalam sistem tata surya sudah pernah dilakukan selain pengelompokan planet berdasarkan garis edar. Bumi. Pengelompokan sistem tata surya apa sajakah yang telah kamu ketahui? Bagaimana kamu membedakannya?

a. Berdasarakan posisi planet yang dilihat dari orbit Bumi :
  • Planet Inferior
  • Planet inferior adalah planet yang terletak di dalam orbit Bumi, yaitu Merkurius dan Venus
  • Planet Superior
  • Planet Superior adalah planet yang terletak di luar orbit Bumi, yaitu Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus

b. Berdasarkan material penyusun :
  • Planet terrestial
  • Planet terrestial adalah planet dengan ukuran yang relatif kecil, berbatu, dan memiliki atmosfer yang tipis. Planet tersebut antara lain Merkurius, Venus, Bumi dan Mars
  • Planet Jovian
  • Planet Jovian adalah planet dengan ukuran yang relatif lebih besar, tersusun dari gas, cairan, dan es tebal

c. Berdasarkan letaknya yang dilihat dari orbit asteroid :
  • Planet Dalam
  • Planet dalam adalah planet yang berada di dalam orbit asteroid, yaitu Merkurius, Venus, Bumi dan Mars
  • Planet Luar
  • Planet luar adalah planet yang berada di luar orbit asteroid, yaitu Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus

Ayo Berlatih

Bersama dengan teman sekelompokmu, lihatlah kembali model sistem tata surya yang telah kamu rancang sebelumnya.

Berdasarkan pemahamanmu tentang pengelompokan di atas, gunakan bahan atau alat yang dapat membantumu untuk menunjukkan jenis planet berdasarkan garis edar Bumi yang telah kamu pelajari kali ini.
Kesimpulan apakah yang dapat kamu buat berdasarkan kegiatan di atas?


Kesimpulanku adalah Jenis planet dapat dibedakan berdasarkan :
  • Garis edar/orbit Bumi
  • Material penyusun
  • Letak dari orbit Asteroid

Ayo membaca

Kesempatan yang Hilang Oleh Intan Sari L. Izwar

“Nesa, ayo tidur! Sudah malam,” Mama mengingatkan Nesa yang masih asyik membaca buku di kamar.

“Besok kan hari Sabtu, Ma! Nesa libur,” sahut Nesa sambil terus membaca bukunya.

kunci jawaban kelas 6 tema 9 halaman 144

“Lho, bukannya kamu akan pergi ke Planetarium bersama teman-teman sekelasmu? Tetap harus bangun pagi, kan?” kata Mama mengingatkan.

“Berangkatnya agak siang, kok Ma. Nesa pasti bisa mengatasinya. Besok bangun pagi dan siap berangkat,” kilah Nesa.

“Nes, kamu ingat kejadian hari ini, kan? Kamu sendiri yang bilang kalau tadi kamu mengantuk sekali dan tidak bisa berkonsentrasi dengan baik di sekolah karena semalam kamu tidur kemalaman,” kata Mama mendekati Nesa yang masih membaca bukunya di tempat tidurnya. “Ingat kata Papa, anak seusia kamu harus tidur cukup. Badanmu memerlukannya,” nasihat Mama.

“Baiklah, Ma. Nesa tidur sekarang,” kata Nesa sambil menyerahkan bukunya kepada Mamanya untuk disimpan. Jam sudah menunjukkan pukul dua belas lebih lima belas menit. Mama meninggalkan kamar Nesa ketika Nesa sudah benar-benar terlelap.

Keesokan paginya.

“Nes, Nesa. Ayo bangun,” kata Mama membangunkan Nesa.

Aku kan baru saja tidur. Kok sudah dibangunkan Mama? Cepat sekali? Pikir Nesa. Nesa membuka matanya dengan berat. Dengan perlahan ia melangkah mendekati ruang makan. Di sana Mama, adiknya Lili, dan Papa sudah terlihat rapi.

“Papa, Mama, dan Lili akan berkunjung ke rumah Om Bram. Mungkin sampai sore hari. Hari ini kamu mau ke Planetarium, kan? Nesa bisa bersiap sendiri, kan?” tanya Mama.

Nesa mengangguk. Tak lama kemudian, Papa, Mama, dan Lili pun berangkat pergi.

Nesa mengambil setangkup roti isi kesukaannya yang telah disiapkan Mama. Sambil mengunyah, Nesa kembali ke kamarnya hendak mengambil baju untuk segera mandi. Karena rotinya belum habis, Nesa duduk di pinggir tempat tidurnya, mengambil bantal untuk bersandar dan menikmati rotinya. Ah, nyaman sekali! Mandi nanti dulu deh! Masih ada waktu, pikir Nesa. Jam menunjukkan pukul setengah delapan.

Tanpa disadarinya Nesa terlelap. Beberapa jam kemudian, Nesa terbangun dan mendapati dirinya masih memegang roti isi yang belum habis. Nesa segera melihat jam, dan alangkah terkejutnya ia bahwa ia telah tertidur selama dua jam! Itu artinya ia terlambat berangkat ke Planetarium! Nesa terhenyak. Teman-temannya pasti telah meninggalkannya. Mereka berencana bertemu di rumah Yana jam setengah sepuluh untuk berangkat sama-sama. Ia tdak berani menghubungi teman-temannya karena malu. Ia pun tidak berani berangkat sendiri ke Planetarium.

Nesa sangat menyesali kecerobohannya. Kalau saja ia mendengarkan nasihat Papa Mamanya untuk tidur tidak terlalu larut, ia tidak akan sendirian di rumah seperti saat ini. Ia kehilangan kesempatan menimba ilmu astronomi di Planetarium, ia juga kehilangan kesempatan mengunjungi Om Bram.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Subtema 3 Halaman 147

Ayo Menulis


Sebuah cerita memiliki beberapa unsur seperti tokoh, watak, alur cerita, dan latar belakang cerita tertentu. Salah satu unsur tersebut mungkin saja mengingatkanmu kepada pengalaman pribadimu atau mengingatkanmu pada sebuah film yang pernah kamu tonton.

Setelah membaca cerita di atas, lakukanlah kegiatan berikut.

Gambarkan dan jelaskan tentang peristiwa yang terjadi dalam cerita di atas dengan menggunakan diagram di bawah ini.

kunci jawaban halaman 144 tema 9 kelas 6

Nesa suka sekali begadang atu tidak tidur sampai malam. Nesa sering tidak berdisiplin terhadap waktu yang dimilikinya. Ibu nesa sering menasihatinya untuk mengatur pola tidurnya, sebab hal tersebut berpengaruh terhadap kegiatan atau aktivitas Nesa besok paginya. Berkali-kali Ibu Nesa menasihatinya. Ibu Nesa melakukan hal tersebut karena peduli dengan anaknya, termasuk malam ini yang mana besok hari Nesa ada rencana dengan teman-temannya untuk berkunjung ke Planetarium. Namun Nesa tidak menuruti nasihat ibunya. Keesok harinya ketika Ibu, Lili adik Nesa dan ayah pergi ke rumah saudara, Nesa bersantai di rumah sambil makan roti. Akhirnya Nesa tertidur kembali dan terlambat bangun untuk berangkat ke Planetarium. Akhirnya hanya penyesalan yang didapat oleh Nesa.

Gambarkan dan jelaskan peristiw serupa yang terjadi dengamu atau orang-orang yang kamu kenal dengan menggunakan diagram berikut ini.

kunci jawaban tematik kelas 6 tema 9 halaman 144

Taufik adalah siswa yang rajin dan tepat waktu jika bersekolah. Suatu hari Taufik dan teman satu kelasnya mendapat tugas untuk mengikuti upacara tingkat kecamatan di lapangan. Karena rumah Taufik berada di pinggiran kota, maka Taufik berangkat sangat pagi. Saat Taufik berada di perjalanan menuju lapangan, di jalan sepi yang berada dekat dengan pematang sawah, ia melihat ada seorang anak dari sekolah lain yang juga mau ikut upacara terjatuh dari sepedanya karena tidak melihat ada lubang di jalan itu. Taufik pun bergegas mendekat dan membantunya. Karena sepeda anak itu rusak, maka Taufik menyarankan kepada anak yang tidak dikenalnya itu untuk menitipkan sepeda rusaknya ke rumah terdekat, dan menawari dia untuk ikut bersamanya. Siswa dari sekolah lain itu setuju. Akhirnya Taufik bergegas mengayuh sepedanya dengan sedikit tergesa menuju tempat upacara. Dan Taufik beserta anak tersebut tidak telat berkat usaha dari Taufik.

Gunakan diagram berikut untuk menjelaskan perasaanmu terhadap pengalamanmu dan cerita di atas. Juga jelaskan pesan apa yang kamu dapatkan dari cerita tersebut.

jawaban tema 9 kelas 6 halaman 147

Perasaanku : Senang sekali dengan cerita tersebut, karena cerita tersebut mampu memberi inspirasi untuk melakukan tindakan/perbuatan positif yang bermanfaat bagi sesama

Cerita tersebut mengingatkanku : Untuk selalu berbuat kebaikan kapanpun dan di manapun tanpa mengenal waktu, serta tanpa memandang siapa yang kita tolong. Kita harus selalu mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 141, 142, 143, 144, 147

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa Kelas 6 Tema 9 Kurikulum 2013 (K13) dapat memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 9 Kelas 6 Halaman 141, 142, 143, 144, 147 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2020/02/kunci-jawaban-tema-9-kelas-6-halaman-141.html.