Peta Provinsi Jawa Tengah

peta provinsi jawa tengah halaman 21
Peta Provinsi Jawa Tengah
Sanjayaops.Com - Kunci Jawaban Halaman 21 Kelas 5 Tema 9 Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Subtema 1 Pembelajaran 3 Membahas Tentang Materi Peta Provinsi Jawa Tengah.

Peta Provinsi Jawa Tengah

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Negara Indonesia memiliki posisi geografis yang unik sekaligus menjadikan posisi yang strategis.

Hal ini dapat dilihat dari letak Indonesia yang berada di antara dua samudra, yaitu  Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Indonesia juga terletak di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia.

Letak geografis ini sangat memengaruhi keberadaan wilayah Indonesia, baik dilihat dari keadaan fisik dan sosial atau ekonomi dan politik.

Letak kota atau tempat pada peta dinyatakan dengan garis bujur dan garis lintang. Jarak dua garis bujur berdekatan sebesar satu derajat (1°).

Jarak dua garis lintang berdekatan sebesar satu derajat (1°). Garis bujur terbagi dua, yaitu bujur barat (BB) dan bujur timur (BT). Garis lintang juga terbagi dua, yaitu lintang utara (LU) dan lintang selatan (LS).

Baca juga :

Kunci Jawaban Halaman 21 Tema 9 Kelas 5 Tentang Peta Provinsi Jawa Tengah

1. Provinsi Jawa Tengah beribu kota di Semarang. Letak geografis kota Semarang sekitar 110° BT dan 7°LS. Tunjukkan letak Semarang pada gambar peta di atas. Kemudian, lingkarilah dengan pensil berwarna!

2. Lihatlah peta di kelasmu atau buku atlasmu. Pilihlah 10 kota kabupaten pada peta di atas. Kemudian, tuliskan letaknya menurut garis lintang dan garis bujur! Tuliskan dalam tabel berikut!

No. Nama Tempat Garis Bujur Garis Lintang
1. Brebes 7°LS 108° BT
2. Banyumas 7°LS 109° BT
3. Cilacap 7°LS 108° BT
4. Purbalingga 7°LS 109° BT
5. Tegal 7°LS 109° BT
6. Pemalang 7°LS 109° BT
7. Pekalongan 7°LS 109° BT
8. Batang 7°LS 109° BT
9. Banjarnegara 7°LS 109° BT
10. Kebumen 7°LS 109° BT

0 Response to "Peta Provinsi Jawa Tengah"

Posting Komentar