RPP Tema 2 Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018

rpp kelas 5 tema 2

RPP Tema 2 Kelas 5 - Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisifasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakrarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Untuk itu pada kesempatan ini sanjayaops.com akan membagikan file RPP Kelas 5 Tema 2 mulai dari subtema 1 - 4 yang dapat digunakan sebagai dokumen administrasi pada pembelajaran semester 1. RPP Tema 2 ini dapat Anda Download pada link tautan yang sudah disediakan pada akhir artikel ini.

Sebelum mendownload RPP Tema 2, yuk kita lihat terlebih dulu informasi singkat tentang komponen dan prinsip-prinsip penyusunan RPP menurut Modul Pelatihan K13 Revisi Terbaru Tahun 2018 Kemdikbud berikut ini.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi dasar (KD).

Salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran adalah kemampuan guru dalam menyusun perencanaan yang tertuang dalam RPP yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku guru, buku siswa, buku teks pelajaran dan refrensi lain yang mendukung.

Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara mandiri dan atau berkelompok (KKG) di sekolah / madrasah yang dapat dikoordinasikan, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepala sekolah. Model RPP yang dikembangkan dalam Kurikulum 2013 adalah RPP yang mengintegrasikan penguatan karakter siswa, literasi, kompetensi abad 21, dan HOTS.

Baca Juga :

Menurut Modul Pelatihan Kurikulum 2013 (K13) edisi Revisi Tahun 2018 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, RPP yang baik memerlukan kemampuan guru dalam memfasilitasi pengalaman belajar yang berkesan dan mampu menguatkan karakter siswa.

Penguatan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran diharapkan tidak sebatas tertulis secara administratif, namun nantinya dapat diterapkan dengan alamiah dalam pembelajaran. Nilai-nilai yang dapat dikuatkan dalam RPP ada 5 (lima) nilai utama karakter yang terdiri dari :
  • Religius, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, taat beribadah, bersyukur, berdoa sebelum dan sesudah beraktivitas.
  • Nasionalisme, yaitu cinta tanah air, semangat kebangsaan, menghargai kebhinekaan, menghayati lagu nasional dan lagu daerah, cinta produk Indonesia, cinta damai, rela berkorban dan taat hukum.
  • Kemadirian, yaitu disiplin, percaya diri, rasa ingin tahu, tangguh, bekerja keras, mandiri, kreatif-inovatif, dan pembelajar sepanjang hayat.
  • Gotong royong, yaitu suka menolong, bekerjasama, peduli sesama, toleransi, peduli lingkungan, kebersihan dan kerapian, kekeluargaan dan aktif dalam kegiatan kemasyarakatan.
  • Integritas, yaitu jujur, rendah hati, santun, tanggung jawab, keteladanan, komitmen moral, cinta kebenaran, menepati janji dan anti korupsi.


Untuk mencapai hasil yang optimal, guru dapat memfokuskan pada nilai-nilai yang relevan sesuai dengan ruang lingkup kompetensi dasar dan dinamika pembelajaran. Secarra eksplisit, rencana penguatan karakter siswa dapat dituliskan dalam rumusan tujuan pembelajaran.

Secara simultan, penguatan karakter siswa diharapkan dapat dicapai juga melalui kegiatan penguatan pendidikan karakter berbasis kelas, berbasis budaya sekolah dan berbasis masyarakat.

Penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah adalah literasi, sedangkan penguatan pendidikan karakter berbasis kelas adalah pembelajaran tematik yang menggunakan kompetensi abad 21, yaitu kemampuan berpikir kritis (critical thinking), kolaborasi (collaboration), kreativitas (creativity), dan komunikasi (communication) serta keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills / HOTS).

Komponen RPP Kelas 5 Kurikulum 2013

Komponen RPP yang baik menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 harus memuat informasi sebagai berikut :
  • Identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan
  • Identitas mata pelajaran atau tema / subtema
  • Kelas / semester
  • Materi pokok
  • Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dana beban belajar dengan mempertimbangakan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai.
  • Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  • Kompetensi dasar dan indikator pencapai kompetensi.
  • Metode pembelajaran, digunakan pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai.
  • Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran.
  • Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan.
  • Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup.
  • Penilaian hasil pembelajaran.

Prinsip-prinsip penyusunan RPP

Mekanisme pelaksanaan pembelajaran mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan pertimbangan daya dukung. RPP yang baik hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut :
  • Penguatan karakter siswa melalui PPK berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, dan berbasis masyarakat diperkaya dengan literasi, kompetensi abad 21, dan HOTS. Integrasi ini dapat dilakukan pada indikator, tujuan pembelajaran, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, penutup maupun penilaian.
  • Perbedaan individual siswa antara lain, kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan atau lingkungan siswa.
  • Partisipasi aktif siswa.
  • Berpusat pada siswa untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.
  • Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  • Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidial.
  • Penekatan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  • Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  • Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegritas, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Download RPP Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan

Setelah membaca informasi pengertian RPP, komponen RPP, dan prinsip-prinsip penyusunan RPP, lalu seperti apa contoh format RPP Tema 2? Silakan download RPP Tema 2 dalam format docx pada link tautan berikut ini.
  • RPP Tema 2 Kelas 5 Subtema 1 (DOWNLOAD)
  • RPP Tema 2 Kelas 5 Subtema 2 (DOWNLOAD)
  • RPP Tema 2 Kelas 5 Subtema 3 (DOWNLOAD)
  • RPP Tema 2 Kelas 5 Subtema 4 (DOWNLOAD)

Demikian Artikel yang Berjudul RPP Tema 2 Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga file RPP Tema 1 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul RPP Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/06/rpp-tema-2-kelas-5.html.

0 Response to "RPP Tema 2 Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018"

Posting Komentar