Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 58, 59, 60, 61


kunci jawaban tematik kelas 6 tema 1 subtema 1 pembelajaran 6 halaman 58

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 58, 59, 60, 61 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku Pembelajaran 6 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 6 Subtema 1 Tema Selamatkan Makhluk Hidup terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 58, 59, 60, 61.

Baca Juga :

Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6

Tumbuhan merupakan sumber kehidupan bagi manusia dan hewan di muka bumi ini. Ada beragam jenis tumbuhan yang dapat memberikan sumber energi dan dapat menjaga kesehatan manusia. Dengan adanya sumber energi dari tumbuhan, kamu dapat melakukan aktivitas setiap hari.

Sudahkah kamu membekali tubuh dengan menu sarapan yang sehat tadi pagi? Sarapan sangat penting untuk bekal selama seharian beraktivitas.

Ayo Membaca

Kamu dapat memanfaatkan gizi dari tumbuhan melalui makanan yang disantap sehari-hari. Teks berikut memberikan informasi bahwa tumbuhan sangat penting untuk tubuh kita.

Tumbuhan Sumber Karbohidrat, Protein, dan Vitamin

Manusia dan hewan memerlukan makanan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, jenis tumbuhan yang banyak mengandung sumber energi perlu dikonsumsi setiap hari. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung karbohidrat, seperti padi, jagung, dan umbi-umbian.

kunci jawaban tematik kelas 6 tema 1 subtema 1 pembelajaran 6 halaman 59

Manusia dan hewan juga memerlukan makanan yang cukup mengandung protein untuk pertumbuhannya, seperti untuk tumbuh tinggi, besar, dan mengganti sel-sel yang rusak dalam tubuh. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung protein, sehingga membuat kita tumbuh sehat. Tumbuhan tersebut adalah kacang kedelai yang terdapat pada tahu dan tempe, kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, serta jenis kacang- kacangan lain.

Manusia membutuhkan jenis makanan yang mengandung vitamin. Vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan dan melindungi tubuh kita dari serangan berbagai penyakit. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung vitamin untuk menjaga tubuh kita agar selalu sehat, yaitu sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan tersebut meliputi bayam, kangkung, kacang panjang, terong, buncis, tomat, pepaya, mangga, apel, jeruk, dan banyak lagi.

Bacalah teks dalam hati. Temukan ide pokok masing-masing paragraf dan buatlah kesimpulannya.

Kamu bisa membuka halaman sebelumnya untuk membaca kembali apa yang dimaksud dengan kesimpulan yang baik.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 58

Isilah tabel berikut berdasarkan bacaan di atas.

kunci jawaban tematik kelas 6 tema 1 halaman 58

Sampaikan hasilnya kepada teman kelompokmu.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 59

Gabungkan kesimpulan 1, 2, dan 3 dalam tulisanmu. Gunakan kata baku dan kata penghubung.

Manusia dan hewan memerlukan makanan yang mengandung protein dan vitamin. Protein untuk pertumbuhannya, seperti untuk tumbuh tinggi, besar, dan mengganti sel-sel yang rusak dalam tubuh. Vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan dan melindungi tubuh kita dari serangan berbagai penyakit.

Ayo Menulis

Kamu sudah belajar tentang pentingnya tumbuhan bagi kehidupan. Menjaga tumbuhan tidak bisa dilakukan sendiri. Kamu harus bekerja sama dengan teman di sekitarmu untuk menjaganya.

Bekerja sama adalah wujud dari penerapan sila Persatuan Indonesia.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 60

Tulislah cerita tentang penerapan sila Persatuan Indonesia terkait dengan merawat kebun atau taman sekolah.

Bersama-sama merawat kebun sekolah

Sekolah kami memiliki lahan kosong yang cukup luas. Sampai beberapa bulan lalu, lahan kosong ini tidak digunakan untuk kegiatan apapun. Namun, baru pada bulan ini, kepala sekolah dan para guru berinisiatif untuk mengubah lahan tidur tersebut menjadi lahan yang produktif. Para siswa pun diajak untuk mengubah lahan kosong tersebut menjadi kebun sekolah.

Siswa dari semua kelas dibagi jadwal tersendiri untuk merawat dan menanam tumbuhan yang akan mempercantik dan menambah manfaat kebun sekolah tersebut. Kami mungkin tidak mengenal satu sama lain, apalagi jika jenjangnya berbeda terlalu jauh, tapi sebagai warga satu sekolah, kami semua memiliki rasa kecintaan yang sama terhadap kebun sekolah kami yang baru.

Berkat kerjasama kami semua, kini kebun sekolah kami menjadi tempat yang sangat bagus untuk sekadar beristirahat atau berkegiatan. Pohonnya rindang dan udaranya pun sejuk. Kami semua berjanji akan merawat kebun tersebut bahkan hingga kami lulus nanti.


Kunci Jawaban Tematik Halaman 61

Buatlah rencana tentang penerapan sila Persatuan Indonesia di sekolah. Isilah tabel berikut terkait rencanamu bekerja sama dengan teman satu kelompok untuk merawat lingkungan sekolah.

kunci jawaban tematik kelas 6 tema 1 halaman 61

Alternatif jawaban berbeda-beda pada tiap kelompok disesuaikan dengan rencana penerapan sila ke 3 Pancasila yang diberikan oleh guru.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 58, 59, 60, 61

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 1 subtema 1 pembelajaran 6 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 58, 59, 60, 61 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/07/kunci-jawaban-tema-1-kelas-6-halaman-58.html.