Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Halaman 75, 77


kunci jawaban tema 1 kelas 6 subtema 2 pembelajaran 2

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Halaman 75, 77 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 2 Hewan Sahabatku Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn, dan SBDP.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 2 Subtema 2 Tema Selamatkan Makhluk Hidup terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 75, 77.

Baca Juga :

Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 2

Ayam adalah unggas yang biasa dipelihara orang untuk diambil telurnya. Memelihara ayam diharapkan dapat memberikan penghasilan dan memenuhi kebutuhan pemiliknya seperti kebutuhan telur dan daging. Pernahkah kamu mengunjungi peternakan ayam?

Ayam potong dipelihara untuk dimanfaatkan dagingnya dan ayam petelur dipelihara agar telurnya dapat dimanfaatkan.

Pernahkah kamu pergi ke peternakan ayam? Apa yang kamu rasakan saat pergi ke sana?

Ayo Mencoba

Pahamilah lagi kelima sila Pancasila berikut.

kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 1 kurikulum 2013 revisi 2018

Kamu akan belajar penerapan sila keempat Pancasila. Bacalah teks berikut dalam hati.

Santi sangat sedih. Ayahnya baru saja bercerita bahwa penduduk setempat mengeluhkan keberadaan peternakan ayamnya. Mereka tidak tahan dengan bau yang berasal dari peternakan ayamnya. Santi bingung.

Peternakan ayam Santi adalah peternakan keluarga. Usaha dari peternakan dapat menghidupi keluarga dan membiayai sekolahnya. Santi memiliki peternakan ayam petelur. Secara teratur ia mengirimkan telur ayamnya ke pasar untuk disimpan di salah satu toko di sana.

Santi tidak mau peternakan ayamnya digusur. Ia akan berusaha agar penduduk mau menerima keberadaan peternakannya. Apapun yang terjadi, Santi akan membela keluarganya agar peternakannya tetap beroperasi.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 75

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut terkait penerapan sila keempat dari Pancasila. Diskusikan jawabanmu bersama teman sekelas.

1. Apa pendapatmu tentang sikap Santi?

Sikap Santi yang tidak mau peternakan ayamnya digusur cukup beralasan karena peternakan itu dapat menghidupi keluarga dan membiayai sekolahnya. Akan tetapi tergangunya warga sekitar dengan bau dari peternakan juga tidak bisa dibenarkan. Seharusnya santi dan keluarganya lebih mengutamakan kepantingan orang banyak.

2. Apa pendapatmu tentang sikap penduduk?

Sikap penduduk yang ingin menggusur peternakan karena bau yang ditimbulkan sangat mengganggu itu sangat wajar. Usaha peternakan ayam tentu menghasilkan limbah berupa feses atau kotoran yang menyebabkan pencemaran udara berupa bau yang mengganggu dan ini bisa berbahaya bagi kesehatan serta air buangan yang dapat mencemari lingkungan. Air buangan yang dimaksud berasal dari cucian tempat pakan, tempat minum ayam, dan lain-lain.

3. Apa yang sebaiknya Santi lakukan dalam menghadapi masalahnya?

Sebaiknya Santi dan orang tuanya memikirkan kembali peternakannya dengan melakukan relokasi atau pemindahan kandang. Lokasi tempat pemeliharaan diupayakan agar tidak terlalu dekat dengan bangunan rumah atau pemukiman penduduk dan memiliki sirkulasi udara yang baik serta mendapatkan pencahayaan matahari secara maksimal, sehingga kondisi lokasi dapat terpelihara dalam kondisi kering.

4. Apa yang sebaiknya penduduk lakukan terhadap keberadaan peternakan ayam?

Alangkah baiknya penduduk memusyawarahkan mengenai dampak dari peternakan milik keluarga Santi agar Santi dan keluarganya tidak kehilangan mata pencaharian dan masyarakat pun tidak terganggu dengan bau yang ditimbulkan dari peternakan tersebut.

Penerapan sila keempat dari sila Pancasila sangat penting dilakukan. Dalam kehidupan sehari-hari, kamu mungkin menyaksikan beberapa permasalahan dan akan teratasi saat sila ke empat dijalankan.

Berikut adalah contoh pelaksanaan sila keempat :

1. tidak memaksakan keinginan,

2. bermusyawarah,

3. mengutamakan kepentingan orang banyak, dan

4. menjalankan keputusan yang telah disepakati bersama.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 77

Carilah tiga contoh perilaku atau sikap lain dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila pada sila keempat.

Pilihlah dua dari contoh tersebut yang akan kamu terapkan. Jelaskan bagaimana kamu akan menerapkannya.

Tiga contoh perilaku atau sikap yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila pada sila keempat yaitu Melakukan musyawarah saat hendak memilih Ketua Kelas, Mematuhi dan menjalankan hasil musyawarah dengan itikad baik, Tidak memaksakan pendapat sendiri pada orang lain.

Ayo Berkreasi

Sebagai sahabat manusia, hewan banyak memberikan inspirasi dalam karya seni, salah satunya adalah seni patung. Berikut adalah beberapa contoh patung yang idenya terinspirasi dari hewan.

Di pertemuan sebelumnya, kamu sudah berlatih membentuk model sederhana dengan bahan yang kamu miliki.

Diskusikan patung yang telah kamu buat. Tentukan apakah kamu akan melanjutkan patungmu atau kamu akan membuat model yang berbeda. Mintalah pendapat teman dan gurumu.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Halaman 75, 77

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 1 subtema 2 pembelajaran 2 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Halaman 75, 77 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/08/kunci-jawaban-tema-1-kelas-6-halaman-75.html.