Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 53, 54, 55


kunci jawaban tema 2 kelas 6 subtema 2 pembelajaran 2

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 53, 54, 55 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan SBDP.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 2 Subtema 2 Tema Persatuan dalam Perbedaan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 53, 54, 55.

Baca Juga :

Tema 2 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 2

Kemerdekaan yang diraih oleh bangsa Indonesia tidak lepas dari makna yang terkandung dalam sila ketiga, yaitu Persatuan Indonesia.

Mengapa persatuan dan kesatuan penting? Apa yang akan terjadi jika Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak bersatu?

Ayo, kita pelajari!

Ayo Membaca

Meskipun Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke dengan penduduk yang berasal dari latar belakang dan kebudayaan yang berbeda-beda, namun dengan semangat persatuan dan kerja sama, bangsa Indonesia mampu mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

‘Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh’ adalah semboyan yang sering didengungkan untuk meningkatkan semangat persatuan pada masa penjajahan.

Amati gambar dan baca teks berikut dalam hati!

Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama

Matahari belum tinggi ketika Edo, Dayu, dan teman-temannya bermain di halaman sekolah. Ada yang bermain lompat karet, ada yang bermain Petak Jongkok, ada yang bermain Congklak di selasar kelas, dan sebagian lagi ikut dalam permainan Rangku Alu.

kunci jawaban tema 2 kelas 6 persatuan dalam perbedaan

Edo, Dayu, Siti, Udin, Beni, dan Lani memilih ikut permainan Rangku Alu bersama beberapa teman lain. Mereka memang lebih suka dengan permainan olah tubuh di luar ruangan.

Baru beberapa hari yang lalu, teman baru mereka, Yanes yang memperkenalkan permainan ini. Yanes berasal dari Alor, Nusa Tenggara Timur. Permainan yang menggunakan tongkat bambu ini adalah permainan anak yang digemari di sana. Edo, Dayu, dan teman-teman di SD Nusantara senang sekali mengenal permainan baru ini.

“Seru dan menantang!” kata mereka.

Anak-anak di SD Nusantara justru gembira menyambutnya. Perbedaan warna kulit, adat, kebiasaan, bahasa, atau agama tidak mereka anggap sebagai masalah. Semua akrab bermain bersama. Pernah sekali waktu, ketika Edo bercanda akrab dengan Siti dan Dayu, Hendra berkomentar,

“Ih, Dayu, mau-maunya kamu bermain dengan Edo yang berkulit hitam. Nanti kulitmu yang putih tertular hitam, lho!” ejeknya.

“Ah, aku tak pernah pusing dengan warna kulit, tak pernah pusing dengan asal daerah. Aku dan Siti pun berbeda. Aku anak Bali, Siti anak Sumatra, tetapi kami saling memahami. Pertemanan hanya butuh waktu untuk saling menyesuaikan. Aku pun butuh waktu untuk menyesuaikan diri denganmu, Hendra.” Balas Dayu tenang. Hendra pun terdiam. Sesungguhnya, ia juga tidak pernah mengalami masalah dengan temannya yang berbeda asal.

Begitulah gambaran keseharian di SD Nusantara. Anak-anak tetap rukun, bekerja sama, dan bersatu, walaupun mereka berbeda-beda. Wawasan mereka semakin kaya karena mengenal adat dan bahasa daerah lain. Semakin kaya dengan bermain bersama aneka permainan tradisional. Rangku Alu, Benthik, Gobak Sodor, atau Cingciripit menjadi perekat yang menyenangkan.

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 53-54

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks!

Apa saja perbedaan yang kamu temukan dalam cerita di atas?

Perbedaan yang terdapat dalam cerita di atas adalah perbedaan permainan kesukaan, asal daerah, warna kulit, adat, kebiasaan, bahasa, dan agama.

Bagaimana sikap Edo dan kawan-kawan menyikapi perbedaan tersebut?

Edo dan kawan-kawan menyikapi perbedaan tersebut dengan cara saling memahami, rukun, bekerja sama, dan bersatu.

Apakah perbedaan menghalangi mereka dalam melakukan kerja sama? Jelaskan!

Tidak, karena dengan bekerja sama wawasan mereka semakin kaya dengan mengenal adat, bahasa dan permainan tradisional.

Apa manfaat yang kita peroleh ketika mampu bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda?

Manfaat bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda adalah dapat memperkaya wawasan karena mengenal adat dan bahasa daerah lain.

Pernahkah kamu bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda? Berikan contoh!

Pernah, Contohnya ketika piket kelas dengan teman yang berbeda agama, mengerjakan tugas kelompok dengan teman yang berbeda suku.

Bagaimana kamu menyikapi perbedaan yang ada? Jelaskan!

Perbedaan tidak boleh menghalangi semangat persatuan karena kerja sama merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai tujuan sebuah kelompok.

Jelaskan manfaat kerja sama dan persatuan dalam kehidupan sehari-hari!

Manfaat kerja sama dan persatuan dalam kehidupan sehari-hari adalah mempermudah pekerjaan, tujuan mulia bisa tercapai karena persatuan.

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 55

Ayo Berdiskusi

Setelah mempelajari bagaimana siswa di SDN Nusantara menjalin kerja sama dan persatuan dalam keseharian mereka, sekarang saatnya kamu menuangkan manfaat persatuan dan kesatuan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam sebuah drama.

Buatlah naskah drama tentang makna dan manfaat persatuan dan kesatuan secara berkelompok!

Jawaban : Contoh naskah drama tentang makna dan manfaat persatuan dan kesatuan Lihat di sini.

Ayo Berkreasi

Tahukah kamu bahwa kerja sama dan persatuan juga penting ketika kamu menampilkan tari secara berkelompok?

Apakah kamu masih ingat tentang pola lantai ketika menari? Jelaskan!

Pola lantai adalah pola denah yang harus dikuasai oleh seorang penari dan berfungsi untuk membuat posisi dalam sebuah ruang gerak. 

Diskusikan jawabanmu secara berkelompok dan peragakan contoh-contoh pola lantai tersebut!

Sekarang kamu akan menerapkan pola lantai tersebut dalam tari Indang yang berasal dari Sumatra Barat.

Amati gambar dan baca penjelasannya!

Pola lantai dalam tari Indang:

rangkuman materi tema 2 kelas 6 gambar pola lantai tari indang

rangkuman materi k13 tema 2 kelas 6 pola lantai tari indang sumatera barat

Sekarang saatnya kamu mempraktikkan pola lantai dan gerakan tari Indang. Perhatikan penjelasan dan ikuti peragaan oleh guru!

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 53, 54, 55

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 2 Subtema 2 pembelajaran 2 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 53, 54, 55 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/08/kunci-jawaban-tema-2-kelas-6-halaman-53.html.