Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 Halaman 33, 39, 40, 41


kunci jawaban tema 3 kelas 6 subtema 1 pembelajaran 4

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 Halaman 33, 39, 40, 41 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia Pembelajaran 4 Terdiri dari Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan PPKn.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 4 Subtema 1 Tema Tokoh dan Penemuan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 33, 39, 40, 41.

Baca Juga :

Tema 3 Kelas 6 Tokoh dan Penemuan Subtema 3 Pembelajaran 4

Tahukah kamu siapa penemu bola lampu pijar? Bagaimana ia menemukannya? Sikap apa yang harus kita contoh darinya?

Ayo Membaca

Thomas Alva Edison, Sang Penemu Bola Lampu Pijar

Pernahkah terbayang olehmu hidup tanpa penerangan? Setelah Matahari terbenam, tentu akan sulit melakukan kegiatan di luar rumah karena lingkungan yang gelap gulita. Kegiatan di dalam rumah mungkin juga terbatas. Kita patut mensyukuri salah satu penemuan besar yang mengubah dunia. Penemuan bola lampu pijar oleh Thomas Alva Edison.

kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 33

Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847. Ia tidak pernah menyelesaikan pendidikan resmi di sekolah. Ia hanya sempat bersekolah selama tiga bulan. Edison diajar oleh ibunya di rumah. Walaupun tidak mengikuti pendidikan formal, terlihat bahwa Edison memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Di usia 11 tahun, Edison sudah dapat membuat telegraf sederhana. Di usia 12 tahun, ia memanfaatkan waktu luangnya untuk membaca literatur dan melakukan berbagai percobaan. Pada tahun 1861 ia dapat mencetak koran. Koran terbitannya “Weekly Herald” laris terjual.

Ia melihat dunia butuh penerangan. Ia menghabiskan waktu selama dua tahun serta dana yang cukup besar untuk mengembangkan penemuan. Melalui kerja kerasnya, pada tanggal 21 Oktober 1879 lahir lampu pijar listrik pertama yang dapat menyala selama 40 jam.

Kegigihan Thomas Alva Edison memberikan hal baru bagi dunia. Rasa ingin tahunya yang tinggi dan sikap pantang menyerahnya mampu mengubah dunia menjadi lebih baik.

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 33

Identifikasi informasi pada teks eksplanasi di atas. Tulislah informasinya pada grafik berikut.

kunci jawaban tematik kelas 6 tema 3 halaman 33

Thomas Alva Edison tidak pernah menyerah walaupun sering mengalami kegagalan. Bagaimana dengan kamu? Apa yang kamu lakukan ketika kamu gagal?

Ayo Berdiskusi

Dengan ditemukannya lampu pijar, saat ini kita dapat melakukan berbagai hal di malam hari. Seperti yang dilakukan oleh Siti dan adiknya berikut.

Lampu Belajar Hadiah dari Ayah

Setiap malam hari, pukul 19.00-20.00, Siti dan adiknya selalu belajar. Mereka belajar dengan menggunakan lampu belajar. Lampu belajar itu adalah hadiah dari ayah 6 bulan yang lalu. Ayah memberikan lampu belajar kepada Siti dan adiknya supaya mereka giat belajar.

Siti selalu menjaga lampu belajar miliknya. Ia mematikan ketika sudah selesai digunakan. Ia juga membersihkannya jika kotor. Sampai saat ini lampu belajar Siti masih dapat digunakan dengan baik. Siti terlihat nyaman saat belajar. Berbeda dengan adik Siti yang selalu mengeluh ketika belajar. Lampu belajarnya rusak. Lampu belajarnya rusak karena sering tidak dimatikan. Terlihat juga banyak kotoran yang menempel karena jarang dibersihkan.

Ayah berpesan kepada Siti dan adiknya untuk merawat barang-barang mereka. Barang-barang yang dirawat dengan baik tidak mudah rusak. Hal ini membuat barang-barang tersebut dapat dimanfaatkan dalam waktu yang lama.

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 39 & 40

Berdasarkan teks di atas, diskusikan pertanyaan berikut.

1. Apakah hak yang didapatkan oleh Siti?

Hak yang didapatkan oleh Siti yaitu menggunakan lampu belajar yang diberikan oleh ayahnya.

2. Apakah hak yang didapatkan oleh adik Siti?

Hak yang didapatkan oleh adik Siti juga menggunakan lampu belajar yang diberikan oleh ayahnya

3. Apakah Siti telah menggunakan haknya dengan tanggung jawab?

Iya, Siti telah menggunakan haknya dengan tanggung jawab dengan cara menjaga dan membersihkan lampu belajar miliknya.

4. Apakah adik Siti telah menggunakan haknya dengan tanggung jawab?

Adik Siti tidak menggunakan haknya dengan tanggung jawab karena dia tidak menjaga lampu belajar dengan baik dan jarang membersihkannya.

5. Apa manfaatnya ketika kita menggunakan hak kita dengan tanggung jawab?

Manfaat ketika kita menggunakan hak kita dengan tanggung jawab adalah kita dapat menggunakan barang-barang yang sudah menjadi hak kita untuk jangka waktu yang lama.

Amatilah benda-benda yang menjadi hakmu!

Apakah kamu telah menggunakannya dengan tanggung jawab?

kunci jawaban tematik kelas 6 tema 3 halaman 40

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 41

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Apakah kamu sudah menggunakan barang-barangmu dengan bertanggung jawab?

Ya, saya sudah menggunakan barang-barang tersebut dengan tanggung jawab.

Apa manfaat ketika kamu bertanggung jawab terhadap barang-barang yang menjadi hakmu?

Barang-barang tersebut dapat saya manfaatkan dalam waktu yang lama.

Apakah kamu sudah bertanggung jawab atas hak yang sudah kamu dapatkan?

Ya, saya sudah bertanggung jawab atas hak yang sudah saya dapatkan dengan cara menjaga dan merawatnya dengan baik.

Orang tua kita telah memberikan hak kepada kita untuk menggunakan barang-barang seperti sepatu, sepeda, dan lain-lain. Kita harus bertanggung jawab ketika menggunakan barang-barang tersebut. Menggunakan dengan hati-hati, menyimpan ketika sudah digunakan, dan merawatnya adalah contoh bentuk tanggung jawab. Ketika kita bertanggung jawab maka barang-barang tersebut dapat kita manfaatkan dalam waktu yang lama.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 Halaman 33, 39, 40, 41

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 3 Subtema 1 pembelajaran 4 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 Halaman 33, 39, 40, 41 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/09/kunci-jawaban-tema-3-kelas-6-halaman-33.html.