Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 Halaman 43, 44, 45, 46

kunci jawaban tema 3 kelas 6 subtema 1 pembelajaran 5

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 Halaman 43, 44, 45, 46 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia Pembelajaran 5 Terdiri dari Mata Pelajaran SBDP dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 5 Subtema 1 Tema Tokoh dan Penemuan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 10, 11, 12, 13.

Baca Juga :

Tema 3 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 5

Masih ingatkan kamu tentang Thomas Alva Ediso Ia menemukan bola lampu pijar dampak penemuannya bagi ke kita sehari-hari?

Dengan ditemukannya bola lampu, banyak perubahan yang terjadi pada kehidupan masyarakat. Dulu malam hari terlihat gelap karena tidak ada lampu yang menyinari. Sekarang, menjadi lebih terang dan kita dapat melakukan berbagai kegiatan di malam hari.

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 43

Ayo Berdiskusi

Tulislah manfaat lampu dalam kehidupan sehari-hari!

1. Untuk menerangi tempat yang gelap.

2. Untuk menjadikan pertanda atau sinyal kapal laut.

3. Untuk digunakan sebagai hiasan rumah.

4. Untuk mengatur arus lalu lintas.

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 44

Menurutmu, bagaimana kehidupan masyarakat sebelum ada bola lampu dan sesudah ada bola lampu?

Tuliskan hasil diskusimu pada bagan berikut!

kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 44

Bacalah teks berikut!

Terang yang Membawa Kemudahan

Kehidupan masyarakat dunia berubah dengan ditemukannya bola lampu pijar. Dahulu, sebagian besar kegiatan terpaksa berhenti setelah matahari terbenam. Penerangan di malam hari memang mungkin dilakukan dengan cahaya api, atau sejenis lampu tempel berbahan bakar minyak. Namun demikian, jenis penerangan ini tidak praktis dalam penggunaannya. Penemuan bola lampu pijar memberikan kemudahan bagi masyarakat dunia untuk memperluas cakupan kegiatannya.

bagaimana perkembangan dari penerangan di dunia

Dulu, minimnya penerangan di jalan membuat kegiatan harus berakhir demi kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan. Kini, di kota-kota besar khususnya, kegiatan di jalan raya terus berlangsung sepanjang hari. Pengiriman barang ke berbagai kota dapat dilakukan sepanjang hari. Toko- toko buka hingga larut malam, sehingga para pekerja masih dapat berbelanja aneka kebutuhan setelah pulang bekerja. Anak-anak dimungkinkan dapat belajar dan mengerjakan tugas dengan maksimal di malam hari. Tak ada alasan bahwa gelap menghalangi keinginan membaca buku sebelum beristirahat demi menambah wawasan.

Ketika berbagai kemudahan telah tersedia di depan mata, tidak ada alasan bagi manusia untuk menunda penyelesaian pekerjaannya. Tak ada alasan bagi manusia untuk berhenti mengembangkan diri.

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 45

1. Bagaimana perkembangan dari penerangan di dunia?

Kehidupan masyarakat dunia berubah dengan ditemukannya bola lampu pijar. Dahulu, sebagian besar kegiatan terpaksa berhenti setelah matahari terbenam.

2. Apa saja dampak dari adanya bola lampu bagi kehidupan masyarakat?

Penemuan bola lampu pijar memberikan kemudahan bagi masyarakat dunia untuk memperluas cakupan kegiatannya. Pengiriman barang ke berbagai kota dapat dilakukan sepanjang hari. Toko-toko buka hingga larut malam, sehingga para pekerja masih dapat berbelanja aneka kebutuhan setelah pulang bekerja. Anak-anak dimungkinkan dapat belajar dan mengerjakan tugas dengan maksimal di malam hari. Tak ada alasan bahwa gelap menghalangi keinginan membaca buku sebelum beristirahat demi menambah wawasan.

Sekarang amati lingkungan sekitarmu!

Temukan sebanyak mungkin pengaruh bola lampu bagi kehidupan masyarakat di tempat tinggalmu. Kamu dapat mencari informasi dari berbagai sumber, misalnya wawancara kepada guru, staf, dan petugas sekolah lain. Kamu juga dapat mencari informasi dari berbagai sumber.

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 46

Tuliskan dalam tabel berikut!

kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 46

Selain bola lampu, banyak sekali penemuan yang membawa perubahan bagi kehidupan masyarakat. Bagaimana perubahan kehidupan masyarakat setelah ditemukan alat-alat berikut?
Sebelum ditemukannya setrika listrik, orang masih menggunakan arang/bara api sebagai pemanas. Selain prosesnya lama asap yang muncul juga akan sangat mengganggu. Setelah ditemukannya setrika listrik tentu menjadi lebih praktis dan pakaian menjadi terlihat lebih rapi. 
Sebelum adanya kompor gas, orang menggunakan kompor minyak dengan bahan bakar minyak tanah. Selain kurang praktis, penggunaan minyak tanah juga lebih mahal. Kemudian diciptakanlah kompor gas. Selain lebih praktis juga lebih hemat karena makanan yang dimasak menjadi cepat matang.Dengan ditemukannya komputer, pekerjaan menjadi lebih cepat selesai dan lebih mudah. Ditambah lagi akses internet tentu akan menambah wawasan dan pengetahuan kita karena kita bisa mendapatkan informasi dari seluruh penjuru dunia.

Dengan ditemukan teknologi baru banyak membawa perkembangan bagi kehidupan masyakat. Perkembangan tersebut membawa ke arah modernisasi. Penemuan tersebut memudahkan pekerjaan manusia.

Bola lampu pijar yang ditemukan membawa banyak manfaat bagi kehidupan manusia di dunia. Dapatkah kamu menunjukkan diameter dari dudukan bola lampu pijar yang dibawa oleh gurumu?


Ayo Berkreasi

Nyanyikan solmisasi lagu Mariam Tomong dengan nada yang tepat. Awalnya, gurumu akan mencontohkan. Setelah itu nyanyikan lirik lagunya dengan nada yang tepat.

Berlatihlah secara berpasangan dengan temanmu.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 Halaman 43, 44, 45, 46

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 3 Subtema 1 pembelajaran 5 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 Halaman 43, 44, 45, 46 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/09/kunci-jawaban-tema-3-kelas-6-halaman-43.html.