Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 107, 108, 109, 111


kunci jawaban buku paket tema 3 kelas 6 subtema 2 pembelajaran 6

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 107, 108, 109, 111 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 2 Penemuan dan Manfaatnya Pembelajaran 6 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 6 Subtema 2 Tema Tokoh dan Penemuan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 107, 108, 109, 111.

Baca Juga :

Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 2 Penemuan dan Manfaatnya Pembelajaran 6

Ayo Membaca

Baca teks eksplanasi ilmiah berikut dengan teliti!

Pensil, Si Kecil yang Amat Penting

Pernahkah terbayang olehmu gimana sih manusia bikin tanda dan tulisan sebelum ditemukannya pensil? Bagaimana proses penemuan pensil hingga menjadi bentuk pensil seperti sekarang dengan proses pembuatan yang lebih moderen?

Jaman dulu, manusia menggambar dan menulis dengan menggoreskan ujung pisau ke batang pohon. Lalu pada masa Romawi Kuno, sebilah logam tipis dipake untuk membuat goresan pada batu dan lembar daun papirus. Perkembangan pensil dimulai sejak ditemukannya grafit pada tahun 1564 di Borrowdale, Inggris. Grafit ditemukan sebagai material yang dapat meninggalkan tanda hitam yang cukup pekat, namun terbukti lunak dan gampang patah. Untuk itu, grafit membutuhkan tangkai pemegang. Pada mulanya, grafit hanya dibungkus oleh tali yang terbuat dari kulit domba. Terus, ditemukan cara untuk memasukkan grafit di antara dua bilah kayu yang dilubangi. Ketika itulah mulai dikenal alat tulis yang kini dinamakan pensil.

Pensil mulai dibikin secara massal pada tahun 1662 di Nuremberg, Jerman. abad 19, Faber Castell, Lyra, Staedler, dan perusahaan-perusahaan lain ngembangkan pensil buat alat tulis secara pesat. Pada jaman modern, pensil dibuat dengan hancurkan grafit murni sama tanah liat hingga berbentuk bubuk. Kemudian campuran ini dicetak menjadi bentuk tipis panjang dan dilapisi dengan kayu. Jadilah pensil dengan bentuk yang kita kenal saat ini.

Pensil menjadi benda yang penting banget hingga saat ini. Kalo gak ada pensil, kita bakal kesulitan waktu lagi belajar. Kita juga gak bisa bikin karya tulis, seperti cerita pendek, puisi, dan tulisan lainnya.

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 107

Temukan informasi penting pada teks eksplanasi ilmiah tentang penemuan pensil tersebut.

Tuliskan jawabanmu pada diagram berikut, sesuai dengan urutan paragrafnya :

kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 107

Alternatif Jawaban :

Paragraf 1 : Topik Masalah
Bagaimana proses penemuan pensil hingga menjadi bentuk pensil seperti sekarang dengan proses pembuatan yang lebih moderen?

Paragraf  2 : Deret Penjelas
Perkembangan pensil dimulai sejak ditemukannya grafit pada tahun 1564 di Borrowdale, Inggris. Pada mulanya, grafit hanya dibungkus oleh tali yang terbuat dari kulit domba. Kemudian, ditemukan cara untuk memasukkan grafit di antara dua bilah kayu yang dilubangi. Ketika itulah mulai dikenal alat tulis yang kini dinamakan pensil.

Paragraf 3 : Deret Penjelas
Pada jaman modern, pensil dibuat dengan mencampurkan grafit murni dengan tanah liat hingga berbentuk bubuk. Kemudian campuran ini dicetak menjadi bentuk tipis panjang dan dilapisi dengan kayu. Jadilah pensil dengan bentuk yang kita kenal saat ini.

Paragraf 4 : Kesimpulan dan Pesan / Pendapat Pribadi Penulis
Pensil menjadi benda yang sangat penting hingga saat ini. Jika tidak ada pensil, kita akan kesulitan ketika lagi belajar. Kita juga tidak bisa membuat karya tulis, seperti cerita pendek, puisi, dan tulisan lainnya.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 108

Cermati kembali teks tersebut! Temukan kata-kata bercetak miring di dalamnya!

Tuliskan semua kata bercetak miring tersebut untuk pembelajaran berikutnya.

Kata-kata bercetak miring pada teks Pensil, Si Kecil yang Amat Penting :
gimana sih, bikin, moderen, jaman, dipake, gampang, terus, dibikin, ngembangkan, buat, hancurkan, sama, banget, kalo gak ada, bakal, waktu lagi, gak bisa bikin.

Sebagai pelajar, tentunya kita perlu memiliki sikap disiplin dan bertanggung jawab terhadap tugas-tugas kita. Bagaimana akibatnya jika kita tidak memiliki sikap tersebut?

Ayo Mengamati

Ingatkah kamu tentang kisah Ani, hak dan tanggung jawabnya?

Ayo, kita cermati kembali cerita tersebut.

Kewajiban dan Tanggung Jawab

Ani adalah putri dari Bapak dan Ibu Yakob. Pak Yakob mendaftarkan Ani di sebuah sekolah yang cukup ternama di desanya. Pak Yakob memenuhi semua kebutuhan sekolah Ani, seperti buku-buku, seragam sekolah, serta peralatan lainnya. Bu Yakob juga selalu membekali makanan sehat untuk Ani di sekolah. Ani sangat bersyukur dengan perhatian ayah dan ibunya. Ia selalu mematuhi nasihat ayah dan ibu. Ani juga rajin sekolah, rajin belajar, dan mengerjakan tugas sekolah tanpa perlu diingatkan. Ani kemudian selalu naik kelas dengan nilai yang memuaskan. Bapak dan Ibu Yakob sangat bangga dengan Ani.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 109 & 110

kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 109

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita tersebut!

1. Sebutkan kewajiban Ani dalam cerita tersebut!

Kewajiban Ani dalam cerita tersebut yaitu bersyukur, mematuhi nasihat ayah dan ibu, sekolah, belajar, dan mengerjakan tugas sekolah.

2. Apakah Ani telah menjalankan kewajibannya? Jelaskan dan berikan contoh!

Ya, Ani telah menjalankan kewajibannya. Contohnya bersyukur, mematuhi nasihat ayah dan ibu, sekolah, belajar, dan mengerjakan tugas sekolah.

3. Apa manfaat kewajiban tersebut bagi masa depan Ani?

Manfaat kewajiban tersebut bagi masa depan Ani yaitu Ani selalu naik kelas dengan nilai yang memuaskan, menjadi anak yang berbakti dan membanggakan orang tua.

4. Apakah Ani telah bertanggung jawab terhadap kewajiban yang telah ia dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!

Ya, Ani telah bertanggung jawab terhadap kewajiban yang telah ia dapatkan. Contohnya Ani sangat bersyukur dengan perhatian ayah dan ibunya. Ia selalu mematuhi nasihat ayah dan ibu. Ani juga rajin sekolah, rajin belajar, dan mengerjakan tugas sekolah tanpa perlu diingatkan.

5. Apa yang akan terjadi jika Ani tidak bertanggung jawab terhadap kewajibannya? Jelaskan dan berikan contoh!

Jika Ani tidak bertanggung jawab terhadap kewajibannya maka Ani akan menjadi anak pemalas, tidak mensyukuri nikmat tuhan, tidak memperoleh ilmu pengetahuan dan mengecewakan orang tuanya.

Diskusikan dan tuliskan jawabanmu pada diagram berikut. Bandingkan jawabanmu dengan jawaban teman yang lain!

Lengkapi jawabanmu hingga mendapatkan jawaban yang paling tepat.

Bagaimana dengan dirimu sendiri? Apakah kamu telah bertanggung jawab terhadap kewajibanmu? Nah, sekarang saatnya untuk merenung dan memperbaiki diri!

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 111

Tuliskan pengalaman dirimu dalam menjalankan kewajiban, baik di rumah maupun di sekolah. Tulislah dalam diagram berikut.

kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 111

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 107, 108, 109, 111

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 3 Subtema 2 pembelajaran 6 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 107, 108, 109, 111 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/10/kunci-jawaban-tema-3-kelas-6-halaman-107.html.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 6 dalam bentuk video dapat dilihat berikut ini, dan jangan lupa di subscribe untuk mendapatkan kunci jawaban tematik sekolah dasar terbaru lainnya.