Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 131, 132


kunci jawaban buku paket siswa kelas 6 tema 3 subtema 3 pembelajaran 3

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 131, 132 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 3 Ayo Menjadi Penemu Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 3 Subtema 3 Tema Tokoh dan Penemuan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 131, 132.

Baca Juga :

Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 3 Ayo Menjadi Penemu Pembelajaran 3

Ayo Membaca

Baca teks eksplanasi berikut dengan teliti!

Rangkaian Lampu di Kelasku

Rangkaian listrik seri dan paralel banyak dipake buat penerangan di berbagai tempat. Rangkaian seri sering banget kita lihat pada hiasan pohon natal, atau hiasan pada pohon-pohon besar di sepanjang jalan raya. Pada dasarnya dalam kehidupan sehari-hari, terutama di rumah, rangkaian listrik yang mengakomodir arus energi buat penerangan adalah merupakan gabungan dari rangkaian listrik seri dan paralel. Rangkaian ini dikenal dengan nama rangkaian listrik campuran. Dengan demikian, kedua jenis rangkaian ini akan saling melengkapi satu sama lainnya.

jawaban kelas 6 tema 3 halaman 131

Seperti halnya lampu di kelasku yang menggunakan rangkaian listrik campuran. Terdapat 3 buah sakelar dengan 4 buah lampu di kelas. Saat sakelar 1 (S1) dinyalakan, maka yang menyala adalah hanya lampu 1 (L1). Saat sakelar 2 (S2) dinyalakan, maka hanya lampu 2 (L2) yang menyala. Saat sakelar 3 (S3) dinyalakan, maka lampu 3 (L3) dan 4 (L4) menyala. Dengan kondisi tersebut, maka rangkaian seri pada lampu di kelas adalah L3 dan L4, sedangkan rangkaian paralel adalah L1, L2, dan L3-L4.

Rangkaian paralel akan sangat membantu sekali penghematan biaya listrik. Karena kita tidak perlu menyalakan semua lampu saat cuaca tidak terlalu gelap. Kita hanya perlu untuk dapat menyalakan lampu sesuai kebutuhan.

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 131

Cermati kembali teks eksplanasi tersebut.

Temukan kosakata non baku dan kalimat tidak efektif dalam teks, dan perbaiki! Tulis dalam tabel berikut!

kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 131

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 132

Sekarang, coba temukan informasi penting dari teks eksplanasi tersebut sesuai dengan urutan paragrafnya.

jawaban kelas 6 tema 3 halaman 132

Paragraf 1 : Topik Masalah
Rangkaian listrik seri dan paralel banyak dipakai untuk penerangan di berbagai tempat

Paragraf 2 : Penjelas
Saat sakelar 1 (S1) dinyalakan, maka yang menyala adalah hanya lampu 1 (L1). Saat sakelar 2 (S2) dinyalakan, maka hanya lampu 2 (L2) yang menyala. Saat sakelar 3 (S3) dinyalakan, maka lampu 3 (L3) dan 4 (L4) menyala. Dengan kondisi tersebut, maka rangkaian seri pada lampu di kelas adalah L3 dan L4, sedangkan rangkaian paralel adalah L1, L2, dan L3-L4.

Paragraf 3 : Kesimpulan dan Pesan / Pendapat Pribadi Penulis
Rangkaian paralel sangat membantu menghemat biaya listrik.

Nah, sekarang kamu akan belajar untuk menjadi seorang penemu cilik!

Ayo Mengamati

Temukan jenis rangkaian lampu yang terdapat pada satu ruangan yang ada di sekolahmu.

Perhatikan langkah-langkah berikut:

Pilih satu ruangan di sekolah yang kamu sukai.

Amati jenis rangkaian yang digunakan dengan memperhatikan jumlah sakelar dan jumlah lampu di ruangan tersebut.

Nyala dan matikan sakelar untuk mengetahui posisi lampu yang menyala dan yang mati.

Catat hasil pengamatanmu.

Gambar rangkaian lampu tersebut sesuai dengan hasil pengamatan. Simpan hasil kerjamu untuk digunakan pada pertemuan berikutnya!

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 131, 132

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 3 Subtema 3 pembelajaran 3 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 131, 132 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/10/kunci-jawaban-tema-3-kelas-6-halaman-131.html.