Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 135, 136, 137, 138, 139, 142


kunci jawaban buku paket siswa kelas 6 tema 3 subtema 3 pembelajaran 4

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 135, 136, 137, 138, 139 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 3 Ayo Menjadi Penemu Pembelajaran 4 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar di kelas 6 merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 4 Subtema 3 Tema Tokoh dan Penemuan terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa secara mandiri. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami bagikan alternatif kunci jawaban soal yang terdapat pada halaman 135, 136, 137, 138, 139, 142.

Baca Juga :

Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 3 Ayo Menjadi Penemu Pembelajaran 4

Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah belajar tentang penemuan lampu lalu lintas. Apa manfaat dari penemuannya? Dan apa yang harus kita lakukan untuk mematuhi rambu-rambu tersebut?

Ayo Mengamati

Rambu Lalu Lintas

Kita semua pasti sudah mengenal lampu lalu lintas. Kita sering ngelihat lampu lalu lintas di perempatan atau persimpangan jalan. Lampu lalu lintas terdiri dari tiga warna, yaitu merah, kuning, dan hijau.

kunci jawaban tema 3 kelas 6 halaman 135

Tahukah kamu siapa yang nemuin lampu lalu lintas? Ia adalah Garret Augustus Morgan, seorang warga Amerika berkulit hitam yang peduli dengan keselamatan orang lain.

Morgan terpanggil untuk menciptakan sistim lampu lalu lintas setelah ngelihat terjadinya kecelakaan antara mobil dengan kereta kuda. Ia enggak ingin kejadian itu terus berulang.

Hingga saat ini, penemuan Morgan sangat bermanfaat untuk mengatur lalu lintas dan menyelamatkan pengguna jalan dari kecelakaan.

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 135

Ayo Berlatih

Temukan kosakata non baku dan kalimat tidak efektif dalam teks di atas.

Tulislah dalam tabel berikut!

jawaban tema 3 kelas 6 halaman 135

Sampaikan hasilmu kepada gurumu!

Kapan kita menggunakan kosakata baku?

Kita menggunakan kosakata baku dalam tulisan atau percakapan pada acara-acara formal.

Mengapa kita menggunakannya?

Karena dengan menggunakan kosakata baku dalam tulisan atau percakapan pada acara-acara formal membuat pembaca atau pendengar lebih mudah memahami pesan-pesan yang akan kita sampaikan.

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 136

Cermatilah tulisanmu sebelumnya!

Carilah kosakata non baku yang masih kamu tulis! Ubahlah ke dalam kosakata baku!

jawaban tema 3 kelas 6 halaman 136

Ayo Berdiskusi

Setelah membaca teks “Rambu Lalu Lintas”, tulislah pertanyaan tentang hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang lampu lalu lintas terkait dengan tanggung jawab melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Bagaimana cara kerja lampu lalu lintas?

Apa manfaat dari lampu lalu lintas?

Rangkaian listrik apa yang digunakan pada lampu lalu lintas?

Diskusikan pertanyaan yang telah kamu tulis dengan teman yang ada di sebelahmu!

Kamu telah mengetahui bahwa lampu lalu lintas ditemukan untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan. Selain lampu lalu lintas, masih banyak lagi rambu-rambu lainnya yang mempunyai tujuan masing- masing.

Setiap warga negara mempunyai kewajiban untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas tersebut agar hak orang lain untuk mendapatkan keamanan dan kenyaman terjamin.

Berdasarkan pengalamanmu, diskusikan dalam kelompok tentang contoh sikap warga yang sudah menunaikan kewajiban sebagai warga yang baik di jalan raya. Berikan pula contoh pengguna jalan yang tidak melaksanakan kewajibannya.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 137

jawaban tema 3 kelas 6 halaman 137

Ketika seseorang tidak melaksanakan kewajibannya di jalan raya, apakah hal tersebut dapat mengganggu hak orang lain?

Ya, seseorang yang tidak melaksanakan kewajibannya di jalan raya dapat menggangu hak orang lain karena orang lain juga berhak berkendara di jalan raya dengan selamat sampai di tujuan.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 138 dan 139

Ayo Mengamati

Selain lampu lalu lintas, terdapat juga rambu-rambu lalu lintas lainnya. Amati rambu-rambu berikut!

apa arti dari masing masing rambu tersebut

Diskusikan dengan seorang temanmu mengenai rambu-rambu tersebut untuk menjawab pertanyaan berikut!

1. Apa arti dari masing-masing rambu tersebut?

1. Dilarang berjalan terus, wajib berhenti sesaat dan meneruskan perjalanan setelah mendapat kepastian aman dari lalu lintas arah lainnya.

2. Dilarang berjalan terus apabila mengakibatkan rintangan, hambatan, gangguan bagi lalu lintas dari arah lain yang wajib didahulukan.

3. Dilarang berjalan terus pada persilangan-persilangans sebidang lintasan kereta api jalur tunggal, wajib berhenti sesaat untuk mendapatkan kepastian aman.

4. Larangan masuk bagi kendaraan bermotor roda dua.

5. Rambu pendahulu petunjuk jurusan yang menyatakan arah untuk mencapai suatu tempat keluar dari jalan tol.

6. Rumah sakit

7. Rambu petunjuk jurusan daerah wisata dieng dengan jarak 10 km

2. Apa manfaat rambu-rambu tersebut bagi pengguna jalan?

Manfaat rambu-rambu tersebut adalah untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan.

3. Jika rambu-rambu tersebut tidak ada, apa pengaruhnya terhadap pengguna jalan?

Jika rambu-rambu tersebut tidak ada, pengaruh yang mungkin terjadi adalah lalu lintas di jalan raya menjadi tidak teratur yang dapat menyebabkan kecelakaan.

4. Apakah kamu pernah melihat rambu-rambu lain di jalan? Jelaskan tentang rambu-rambu tersebut!

Ya, saya pernah melihat rambu-rambu lain di jalan raya, berikut ini gambar rambu-rambu yang pernah saya lihat.

kunci jawaban tema 3 kelas 6 subtema 3 pembelajaran 4


Sekarang bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah melaksanakan hak dan kewajibanmu dengan tanggung jawab saat di jalan raya? Ayo, ceritakan.

Hal-hal yang perlu kamu tulis adalah:

1. Contoh hak yang sudah kamu dapatkan.

Contoh hak yang sudah saya dapatkan adalah mendapatkan seragam sekolah, memperoleh pendidikan, dan mendapatkan kasih sayang dari orang tua. 

2. Contoh kewajiban yang sudah kamu laksanakan.

Contoh kewajiban yang sudah saya laksanakan adalah menggunakan dan merawat seragam sekolah dengan baik, belajar dan mendengar nasihat orang tua.

3. Penilaianmu mengenai hak dan kewajiban tersebut. Apakah hak yang kamu dapatkan sudah seimbang dengan kewajiban yang kamu laksanakan?

Ya, hak yang saya dapatkan sudah seimbang dengan kewajiban yang saya laksanakan.

4. Manfaat dari melaksanakan hak dan kewajiban secara tanggung jawab.

Manfaat dari melaksanakan hak dan kewajiban secara tanggung jawab adalah agar apa yang sudah menjadi hak dan kewajiban kita tidak menggangu hak-hak orang lain.

5. Hal-hal yang masih perlu kamu perbaiki dalam melaksanakan hak dan kewajiban dengan tanggung jawab.

Hal-hal yang perlu diperbaiki dalam melaksanakan hak dan kewajiban adalah menyadari dan melaksanakan kewajiban dengan baik.

6. Apa yang dapat kamu perbaiki dari dirimu di masa yang akan datang?

Yang dapat saya perbaiki dari diri saya di masa yang akan datang adalah belajar dengan rajin, mematuhi tata tertib sekolah, dan rajin beribadah.

7. Menurutmu, kenapa lampu rambu lalu lintas berbentuk lingkaran? Apa yang terjadi jika bentuknya bukan lingkaran?

Menurut saya mengapa lampu lalu lintas berbentuk lingkaran adalah lingkaran tersebut menjadi simbol agar mudah dipahami oleh semua pengguna jalan. Yang mungkin terjadi jika bentuknya bukan lingkaran adalah pengguna jalan sulit mengenali jika lampu-lampu tersebut ternyata sebagai pengatur lalu lintas di jalan raya.

Ayo, terus berusaha untuk menjadi penemu. Seorang penemu mempunyai sikap pantang menyerah. Sekarang kita akan menemukan luas dan keliling lingkaran ketika digabungkan dengan bangun lainnya.

Kunci Jawaban Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 142

Ayo Mencoba

Menunjukkan perilaku patuh terhadap tata tertib dan peraturan yang terdapat di jalan raya adalah cerminan sikap warga negara yang menjalankan kewajiban. Jelaskan pendapatmu tentang hal ini! Berikan contoh!

Mematuhi tata tertib dan peraturan yang terdapat di jalan raya itu sangat penting untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara di jalan raya. Contohnya tidak berkendara di jalur pejalan kaki, menggunakan helm, berhenti ketika lampu lalu lintas berwarna merah.

Apa yang telah kamu lakukan dalam rangka menghargai orang lain?

Yang telah saya lakukan dalam rangka menghargai orang lain adalah menghormati hak-hak orang lain, tidak ribut di dalam kelas, dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas saat di jalan raya.

Tuhan menginginkan umatnya tertib dan taat kepada aturan dalam kehidupan sehari-hari. Berikan contoh perilakumu dalam menaati aturan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh perilaku menaati aturan dalam kehidupan sehari-hari yaitu tidak boleh tidur larut malam, mengembalikan barang-barang yang sudah digunakan ke tempat semula, dan menyelesaikan tugas sekolah sebelum bermain,

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 135, 136, 137, 138, 139, 142

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 3 Subtema 3 pembelajaran 4 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 3 Halaman 135, 136, 137, 138, 139, 142 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/10/kunci-jawaban-tema-3-kelas-6-halaman-135.html.