Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 138 - Sanjayaops

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 138


kunci jawaban tema 6 kelas 6 halaman 138

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 6 Kelas 6 Halaman 138 - Kunci jawaban tema 6 kelas 6 ini merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa tema 6 kelas 6 menuju masyarakat sejahtera subtema 4 aku cinta membaca pembelajaran 4.

Selain membahas tentang soal-soal yang terdapat pada halaman 138, kunci jawaban tema 6 kelas 6 ini juga dilengkapi dengan rangkuman materi pembelajaran yang terdapat pada buku tematik kelas 6 tema 6 menuju masyarakat sejahtera subtema 4 pembelajaran 4.

Kunci Jawaban Tematik pada Kelas 6 Tema 6 Subtema 4 Pembelajaran 4 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu mata pelajaran PPKn, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan SBDP.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik kelas 6 dalam mengerjakan soal-soal ulangan seperti soal penilaian harian (PH), soal penialain tengah semester (PAS), soal penilaian akhir tahun (PAT), maupun tugas pekerjaan rumah (PR).

Baca Juga :

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Subtema 4 Pembelajaran 4

Literasi 4 : Tarian Adat Alor yang Bermakna Persatuan

Ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 yang jatuh pada Kamis, 17 Agustus 2017 diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia. Usia 72 tahun menandakan bangsa Indonesia sudah berkecukupan dan sejahtera. Itulah yang selalu menjadi harapan kita termasuk warga masyarakat yang tinggal di Kampung Pelangi.

Pada hari itu Warga Kampung Pelangi bersama-sama mengikuti upacara pengibaran sang Merah Putih. Dengan semangat dan penuh hikmat seluruh warga mengikuti upacara bendera. Upacara peringatan tersebut diprakarsai oleh segenap pengurus RW dan seluruh warga Kampung Pelangi. Pelaksanaan upacara bendera tersebut merupakan bentuk tanggung jawab warga Kampung Pelangi sebagai warga negara Indonesia.

Semua peserta upacara mengenakan pakaian merah putih, atasan merah dan bawahan berwarna putih serta memakai sepatu. Pakaian tersebut senada dengan warna bendera bangsa Indonesia. Pakaian merah putih menunjukkan semangat nasionalisme dan kebanggaan terhadap bangsa Indonesia.

Kemerdekaan bagi warga Kampung Pelangi dan seluruh rakyat Indonesia adalah karunia Tuhan Yang Maha Besar. Pada usia ke 72 tahun bangsa Indonesia harus bersifat lebih dari dewasa. Masyarakat Indonesia harus lebih dewasa dalam menyikapi berbagai persoalan, terutama persoalan SARA.

Setelah upacara selesai, warga Kampung Pelangi saling berjabat tangan. Mereka berjabat tangan sambil berucap “Dirgahayu ke 72 Republik Indonesia”. Semua tampak bahagia. Selanjutnya, warga duduk di tepi lapangan sambil menonton penampilan anak-anak Kampung Pelangi. Anak-anak Kampung Pelangi yang terdiri atas laki-laki dan perempuan akan menampilkan tari Lego-Lego.

Tari Lego Lego adalah tarian tradisional dari masyarakat Pulau Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Tarian ini biasanya dimainkan oleh para penari pria dan wanita secara masal. Dalam tarian ini mereka menari dengan bergandengan tangan. Para penari membentuk formasi melingkar dengan mengelilingi Mesbah. Tarian ini sering ditampilkan pada berbagai acara, baik itu acara adat, penyambutan tamu, maupun acara pertunjukan.

Kini tari Lego-Lego ditampilkan oleh anak-anak Kampung Pelangi saat memperingati hari kemerdekaan. Mereka menari bersama tanpa menonjolkan asal usul suku bangsa, agama, dan mata pencaharian orang tua. Tari Lego- Lego memiliki makna mendalam. Tari Lego-Lego berisi ungkapan rasa syukur dan kebahagiaan masyarakat kepada Tuhan. Selain itu, tari Lego-Lego menggambarkan semangat persatuan serta kebersamaan masyarakat yang terjalin erat melalui gerak tarian. Hal tersebut terlihat dari para penari yang saling bergandengan. Rasa persatuan juga tampak saat para penari berkumpul menjadi satu untuk merayakan bersama tanpa membedakan jenis kelamin, status sosial, dan agama. Tarian ini ditampilkan untuk mengajak masyarakat bersatu membangun kampung dan negara secara bersama-sama.

Bagi penduduk di Pulau Alor, tari Lego-Lego menjadi identitas suku bangsa di Pulau tersebut. Tarian ini menjadi salah satu identitas pemersatu masyarakat Pulau Alor yang punya mimpi agar masyarakat dan pendatang terus bersatu. Mereka harus bersatu dalam membangun wilayah Pulau Alor.

Sebagai salah satu dari warisan leluhur, tari Lego-Lego harus dilestarikan serta dijaga keberadaannya. Tarian ini tidak hanya dilakukan pada saat upacara adat, tetapi sering ditampilkan diberbagai acara seperti acara penyambutan tamu dan festival budaya. Hal tersebut dilakukan sebagai usaha dalam melestarikan dan memperkenalkan tari Lego-Lego kepada masyarakat luas.

Penampilan tari Lego-Lego oleh anak-anak Kampung Pelangi membukti- kan bahwa mereka turut melestarikan budaya daerah. Budaya daerah memuat nilai-nilai luhur yang pantas diteladani generasi muda. Melestarikan budaya daerah adalah salah satu kewajiban generasi muda agar budaya tersebut tidak punah.

Selain melestarikan budaya daerah, warga Kampung Pelangi menikmati peringatan kemerdekaan Republik Indonesia dengan rasa syukur. Apabila kita juga ingin menikmati karunia Tuhan berupa kemerdekaan, kita harus bekerja keras disertai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Pencipta. Bentuk rasa syukur atas kemerdekaan dapat dilakukan dengan berpartisipasi aktif di lingkungan masing-masing.

Mengisi kemerdekaan dengan bekerja keras saja belumlah cukup. Kemerdekaan yang kita nikmati ini juga harus diisi dengan stabilitas, rasa aman, saling menghormati antarsesama. Untuk menciptakan kondisi tersebut diperlukan partisipasi aktif dari semua komponen bangsa. Kita harus selalu menjaga toleransi dalam keragaman, dijauhkan dari konflik yang kecil apalagi konflik besar yang membawa nama agama, dan etnis tertentu.

Mari Menari

Tari apa yang pernah kamu peragakan? Bagaimana perasaanmu saat menari? Apakah dengan menari kamu sudah melestarikan budaya bangsa? Tuliskan jawabanmu pada kolom berikut.

Tari yang pernah saya peragakan adalah Tari Jaipong. Saat menari, saya merasa senang karena bisa mengekspresikan diri melalui gerakan badan. Dengan menari saya sudah turut serta melestarikan budaya bangsa yang sudah seharusnya kita pertahankan dan lestarikan.

Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Pilihlah tarian yang paling dikuasai. Berlatihlah memperagakan gerak-gerak tari dan menggabungkan dengan iringannya bersama teman satu kelompok. Siapkan segala perlengkapannya. Kemudian, tampilkan di depan kelas.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 138

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 6 subtema 4 pembelajaran 4 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 138 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2019/12/kunci-jawaban-tema-6-kelas-6-halaman-138.html.

0 Response to "Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 138"

Posting Komentar