Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 Halaman 186, 187, 188, 189


Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 186, 187, 188, 189

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 Halaman 186, 187, 188, 189 - Kunci jawaban tema 7 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa kelas 5 peristiwa dalam kehidupan Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran 4 tepatnya terdapat pada halaman 186, 187, 188, 189.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 7 Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 4 Subtema 3.

Kunci jawaban tematik tema 7 kelas 5 pada Subtema 3 Pembelajaran 4 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu PPKn, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 5 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal tema 7 yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR).

Baca juga :

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Subtema 3 Pembelajaran 4

Ayo Membaca

Cara lain untuk melestarikan kebudayaan bangsa adalah dengan memperkenalkan kepada masyarakat dengan cara mengadakan pertunjukan kesenian.

Pertunjukan kesenian selain memperkenalkan kepada masyarakat umum, juga dapat membina rasa cinta budaya bagi anak-anak yang mementaskannya. Seperti apa yang dilakukan oleh siswa-siswi pada bacaan berikut!

Siswa SD Juara Pekanbaru Persembahkan Pentas Seni

Pentas seni merupakan kegiatan untuk menumbuhkan percaya diri tampil di depan teman-teman, guru, dan masyarakat umum. Juga untuk menumbuhkan kreativitas dalam berkarya dan berkesenian, melatih kekompakan, serta menumbuhkan rasa ingin tahu bagi teman-teman yang lain. Demikian halnya dengan yang dilaksanakan oleh SD Juara Pekanbaru.

Kegiatan pentas seni dimulai dengan penampilan tari persembahan dari siswa kelas 4 dan diiringi oleh musik dan lagu “Bermain Layang-Layang”. Kemudian, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “Mars Pramuka”. Lalu, penampilan lagu-lagu keagamaan persembahan dari siswa kelas 3.

Para siswa, guru, dan penonton sangat senang dan bersemangat. Berharap kegiatan ini terus diadakan bahkan juga ditiru oleh sekolah-sekolah yang lain. Tujuannya agar budaya bangsa kita tetap lestari.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 186

Ayo Mencoba

Pada saat merencanakan sebuah acara seperti pentas seni, biasanya kamu juga membuat daftar pihak-pihak yang perlu diundang untuk menghadirinya. Oleh karena itu, kamu perlu membuat surat undangan.

Dengan menggunakan tempat yang tersedia di bawah ini, buatlah sebuah surat undangan resmi untuk menghadiri kegiatan pentas seni yang diadakan di sekolahmu.

kunci jawaban halaman 186 tema 7 kelas 5

Perilaku di Lingkungan Sekolah

Sekolah merupakan masyarakat dalam ukuran yang kecil. Di sekolah, banyak terdapat keragaman. Banyak warga sekolah yang berasal dari berbagai daerah yang berarti juga memiliki latar belakang yang berbeda. Lalu, bagaimana caramu bersikap?

Menghormati dan Menghargai Sesama Teman

Wujud nyata sikap saling menghormati dan menghargai sesama teman adalah toleransi. Toleransi merupakan sikap dan perilaku mau menerima perbedaan.

Misalnya, mau menerima perbedaan pendapat dalam sebuah diskusi. Selain menghargai pendapat, perwujudan sikap dan perilaku adalah toleransi terhadap kebiasaan teman, kelakuan teman, dan lain-lain.

Menolong Teman Tanpa Membedakannya

Wujud nyata sikap saling menolong teman dapat ditunjukkan dengan membantu teman yang kesulitan belajar, menengok teman sekolah yang sakit, meminjamkan buku ke teman, dan lain-lain.

Menumbuhkan Semangat Persaudaraan

Bertikai hanya akan memperbanyak musuh. Bertikai hanya akan menambah kesulitan. Bertikai tidak ada untungnya.

Perlakukan teman layaknya saudara dengan saling membantu, saling memaafkan, dan saling mengingatkan. Salah satu kegiatan sekolah yang mengajarkan kebersamaan, tanggung jawab, dan persaudaraan adalah pramuka.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 187

Ayo Mengamati

Semboyan bangsa kita adalah Bhinneka Tunggal Ika, yang artinya berbeda-beda, tetapi tetap satu jua.

Berikan contoh yang mencerminkan kebhinnekatunggalikaan di daerah tempat tinggalmu!

Cara menjaga persatuan dan kesatuan bangsa :
  • Tidak membeda-bedakan perlakuan terhadap seseorang berdasarkan suku, ras dan sebagainya
  • Menghargai hak-hak orang lain yang berjalan seimbang dengan kewajiban
  • Keberagaman di Indonesia merupakan suatu anugerah dan bukan sebagai penghalang
  • Menjalankan toleransi dalam kehidupan sehari-hari
  • Mengedepankan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama
  • Menggiatkan gotong royong sehingga timbul sikap kebersamaan dan kekeluargaan
  • Mempelajari sejarah, adat istiadat, budaya suku-suku yang ada di Indonesia untuk memahami perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia.

Keanekaragaman terbukti tidak menjadi penghalang terwujudnya persatuan dan kesatuan. Bagaimanakah caramu turut menjaga persatuan dan kesatuan bangsa?

Cara menjaga persatuan dan kesatuan bangsa :
  • Tidak membeda-bedakan perlakuan terhadap seseorang berdasarkan suku, ras dan sebagainya
  • Menghargai hak-hak orang lain yang berjalan seimbang dengan kewajiban
  • Keberagaman di Indonesia merupakan suatu anugerah dan bukan sebagai penghalang
  • Menjalankan toleransi dalam kehidupan sehari-hari
  • Mengedepankan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama
  • Menggiatkan gotong royong sehingga timbul sikap kebersamaan dan kekeluargaan
  • Mempelajari sejarah, adat istiadat, budaya suku-suku yang ada di Indonesia untuk memahami perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia.

Perbedaan merupakan hal yang biasa berasal dari Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itulah, kita harus menerima keragaman suku bangsa dan budaya di masyarakat. Tuliskan tiga contoh perilaku yang dapat kamu lakukan untuk menerima keragaman suku bangsa dan budaya di masyarakat!

Tiga contoh perilaku yang dapat dilakukan untuk menerima keragaman suku bangsa dan budaya di masyarakat :
  • Berteman dengan orang-orang yang berasal dari suku dan budaya yang berbeda-beda dengan kita
  • Terbuka untuk mempelajari suku bangsa dan budaya yang berbeda dengan kita
  • Tidak menganggap suku dan budaya sendiri lebih unggul dari suku maupun budaya etnis/suku lain
  • Ikut serta dalam kegiatan budaya yang diselenggarakan di lingkungan sekitar yang diselenggarakan oleh warga dengan berbagai suku bangsa.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 188 & 189

Ayo Berlatih

Kamu telah mempelajari keragaman suku bangsa dan buday yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Kamu tentu menyadari bahwa keragaman merupakan kenyataan yang tidak bisa dihindari.

Contohnya setiap temanmu memiliki latar belakang yang berbeda denganmu. Meskipun memiliki sejumlah pergaulan, sudah selayaknya kita mengedepankan sikap saling menghormati dan toleransi

Lalu, bagaimanakah caramu menyikapi perbedaan dan keragaman yang ada di sekitar tempat tinggalmu?

Kamu tentu pernah mengamalkan sikap dan perilaku yang mencerminkan keragaman di bawah ini. Namun, jika belum pernah mengamalkan, kamu bisa segera mengamalkan.

kunci jawaban halaman 188 tema 7 kelas 5

1. Menghargai pendapat teman : Sudah, dibuktikan dengan mendengarkan pendapat teman tersebut dan tidak memotong pembicaraannya.

2. Bersahabat dengan teman yang berkebutuhan khusus : Sudah, dibuktikan dengan mengajaknya bermain bersama.

3. Menolong teman yang kekurangan : Sudah, dibuktikan dengan mengajak dan mentraktirnya makan di kantin sekolah.

4. Mendukung hobi teman meskipun berbeda dengan hobimu : Sudah, dibuktikan dengan menerima ajakannya untuk melakukan hobi positifnya.

5. Menghormati asal usul teman : Sudah, dibuktikan dengan tetap mengajaknya bermain dan belajar bersama dengan tidak mempermasalahkan asal usulnya.

6. Tidak membeda-bedakan teman berdasarkan agama : Sudah, dibuktikan dengan tetap mengajaknya bermain dan belajar bersama tanpa mempermasalahkan agamanya yang berbeda.

7. Menghormati kesenian dari daerah lain : Sudah, dibuktikan dengan menghadiri undangan teman yang sedang mementaskan keseniannya yang berbeda dengan kita.

8. Mempelajari kesenian dari daerah lain : Sudah, dibuktikan dengan membaca dalam buku tematik, dan dengan mempraktekkannya dalam pembelajaran dalam kelas, turut menyaksikan pementasan kesenian dari daerah lain.

9. Menghormati bahasa daerah dari suku bangsa lain : Sudah, dibuktikan dengan tidak mengolok-olok / mengejek kosakata-kosakata bahasa daerah tertentu.

10. Tidak membedakan teman berdasarkan kaya atau miskin : Sudah, dibuktikan dengan mengajaknya bermain dan belajar bersama tanpa membedakan teman.

11. Menjenguk teman yang sakit : Sudah, dibuktikan dengan mendapat ucapan terima kasih dari orang tua teman kita yang sakit saat berkunjung menjenguknya.

12. Menghargai perilaku teman meskipun berbeda dengan perilakumu : Sudah, dibuktikan dengan menjadi teman / sahabat baiknya.

13. Menyaksikan pertunjukan kesenian dari daerah lain : Sudah, dibuktikan dengan makin paham dan mengerti dengan budaya dari daerah lain.

14. Mempelajari lagu tradisional : Sudah, dibuktikan dengan mengerti dan hafal beberapa lagu tradisional / lagu daerah.

15. Menyaksikan upacara adat dari daerah lain : Sudah, dibuktikan dengan mengerti dan memahami beberapa upacara adat dari daerah lain.

Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 Halaman 186, 187, 188, 189

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa kelas 5 tema 7 Kurikulum 2013 (K13) dapat memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 5 Halaman 186, 187, 188, 189 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2020/01/jawaban-tema-7-kelas-5-halaman-186.html.