Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 6 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81 - Sanjayaops

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 6 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81


Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 6 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81 - Kunci jawaban Tema 7 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas 6 Kepemimpinan Subtema 2 Peimpin Idolaku Pembelajaran 3 tepatnya terdapat pada halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 7 Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 3 subtema 2.

Kunci jawaban tematik Tema 7 Kelas 6 pada subtema 2 Pembelajaran 3 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu PPKn, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 6 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 7 yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR).

Baca Juga :

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 3

Ayo Membaca

Wilayah Indonesia sangat luas, dari Sabang hingga Merauke. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk karena terdiri dari berbagai macam suku, bahasa, agama, adat-istiadat, serta kebiasaan yang berbeda-beda. Bagaimana kita mempertahankan persatuan dan kesatuan? Banyak caranya.

Ayo, kita belajar dari cerita berikut!

Kepala Sekolahku, Pemimpin Idolaku

Termenung Pak Welly memandang brosur di hadapannya. Lomba Pidato Anak bertema “Bersatu untuk Maju’ begitu tertulis pada judul brosur. Beliau berpikir keras. lngin sekali ia mengirim Sudin untuk ikut Iomba yang akan diselenggarakan di kota. Tetapi, dari mana dananya?

Pak Welly, Kepala Sekolah Dasar Cemara di pelosok Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Beliau lahir di Labuha, Maluku Utara. Setelah lulus pendidikan guru ia pergi merantau ke tanah Jawa untuk mempraktikkan ilmunya. Di sekolah ini, muridnya juga berasal dari berbagai daerah.

Pak Welly senang melihat interaksi antara murid-muridnya. Mereka belajar dan bermain bersama, tanpa mempersoalkan asal-usul. Semua unik, baik karakter maupun kecerdasannya.

Salah satu murid Pak Welly bernama Sudin. Sudin adalah penduduk asli di desa itu. Ia suka membaca, percaya diri, dan komunikatif. Pak Welly ingin Sudin memperoleh pengalaman berharga melalui Iomba pidato.

Sambil berpikir cara memperoleh dana, Pak Welly mendaftarkan Sudin sebagai peserta Iomba. la sendiri yang turun tangan melatih Sudin tiap usai sekolah. Semakin mendekati hari perlombaan, Pak Welly risau. “Andai saja gajiku cukup untuk mendanai Sudin ke kota”, pikirnya.

Hingga suatu sore, terlintas ide di benaknya. Dipandangnya kebun pisang di belakang sekolah. Hampir semua tanaman pisang sudah berbuah dan siap panen. Esok paginya Pak Welly membicarakan idenya dengan para guru. Mereka bermusyawarah mewujudkan ide Pak Welly. Setelah dicapai kesepakatan, Pak Welly mengerahkan guru, penjaga sekolah, serta murid kelas 5 dan 6. Mereka bergotong royong memanen pisang. Kemudian, di hari Senin pagi, Pak Welly mengundang pejabat setempat untuk hadir pada upacara bendera. Bapak Bupati, Bapak Camat, Bapak Lurah, Kepala Dinas Pendidikan, serta Ketua RW dan Ketua RT dimintanya datang. Apa yang direncanakan Pak Welly?

Rupanya Pak Welly ingin menyelenggarakan lelang pisang di sekolah. Murid kelas 5 dan 6 sudah dilatihnya untuk menjadi petugas lelang. Siapa calon pembelinya? Pembelinya adalah para bapak dan ibu pejabat daerah yang hari itu diundang datang ke sekolah.

Sebelum lelang dimulai, Pak Welly menyampaikan bahwa uang yang diperoleh dari hasil lelang pada hari itu akan digunakan untuk mengirim Sudin mengikuti lomba pidato di kota. Para pejabat yang hadir merasa kagum dan terharu menyaksikan usaha Pak Welly, sang kepala sekolah dari timur negeri. Tekad dan usahanya mendukung kemajuan muridnya sungguh menyentuh hati. Dalam sekejap pisang-pisang habis dilelang. Dana yang terkumpul lebih dari cukup untuk memberangkatkan Sudin. Semua orang bersatu padu membantu Pak Welly mewujudkan harapannya.

Didampingi Pak Seto, guru kelasnya, Sudin pun berangkat ke kota. Tak terkira bangga dan syukurnya Sudin. Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan, dia berusaha tampil sebaik-baiknya. Saat pengumuman hasil lomba, ternyata Sudin berhasil mempersembahkan piala juara pertama lomba pidato untuk sekolahnya. Tak sia-sia usaha Pak Welly dan teman-teman sekolah Sudin.

Terbukti benar tekad Pak Welly. Kita tak perlu ragu untuk maju. Selalu ada jalan ketika kita menggalang persatuan untuk mewujudkan mimpi dan harapan.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 75 & 76

Ayo Berdiskusi

Kamu telah membaca teks “Kepala Sekolahku, Pemimpin Idolaku”. Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut dengan kelompokmu.

1. Mengapa kepala sekolah pada cerita di atas menjadi pemimpin idola?

Kepala sekolah pada cerita di atas menjadi pemimpin idola karena ia memiliki sikap cerdas, rela berkorban, pantang menyerah, peduli dengan siswa, mampu mempersatukan seluruh warga sekolah.

2. Apakah kepala sekolah pada cerita sudah mengamalkan nilai-nilai persatuan? Jelaskan!

Kepala sekolah pada cerita dia atas sudah mengamalkan nilai-nilai persatuan. Hal ini ditunjukkan dengan gotong royong memanen pisang yang dilakukan oleh warga sekolah serta bersatunya warga sekolah dalam memberikan bantuan supaya Sudin dapat mengikuti lomba pidato.

3. Apakah kepala sekolah sudah menerapkan nilai-nilai kerakyatan? Jelaskan!

Kepala sekolah dalam cerita di atas sudah menerapkan nilai-nilai kerakyatan. Hal ini ditunjukkan dengan sikap kepala sekolah dalam mengambil keputusan untuk melakukan lelang hasil kebun sekolah melaui musyawarah dengan para guru.

4. Apa alasan kepala sekolah membantu Sudin untuk mengikuti lomba pidato?

Kepala sekolah membantu Sudin untuk mengikuti lomba pidato karena ia ingin Sudin memperoleh pengalaman berharga.

5. Apa yang bisa kita teladani dari sosok kepala sekolah tersebut?

Yang bisa kita teladani dari sosok kepala sekolah tersebut adalah nilai-nilai persatuan dan kerakyatan yang dimilikinya sebagai seorang pemimpin.

6. Apakah yang menyebabkan Sudin akhirnya dapat pergi mengikuti kompetisi? Jelaskan!

Sudin akhirnya dapat pergi mengikuti kompetisi karena kepala sekolah berhasil mengumpulkan dana dengan cara melakukan lelang hasil kebun sekolah.

7. Bagaimana menurutmu hubungan antara kepala sekolah dengan bupati, kepala dinas, dan pejabat daerah lainnya? Apa yang membuatmu menyimpulkan seperti itu?

Hubungan antara kepala sekolah dengan bupati, kepala dinas, dan pejabat daerah lainnya terjalin baik. Hal ini ditunjukkan dengan kedatangan mereka ke sekolah memenuhi undangan kepala sekolah dalam acara lelang hasil kebun sekolah.

Berdasarkan jawabanmu buatlah tulisan mengenai Pak Welly.

Pak Welly merupakan sosok pemimpin idola karena ia memiliki nilai-nilai persatuan dan kerakyatan.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 77

Kamu sudah mengetahui nilai-nilai kepemimpinan kepala sekolah Sudin yang telah mengamalkan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitar sekolah.

Tulislah perilakumu yang merupakan wujud dari nilai-nilai tersebut dan telah kamu praktikkan di lingkungan rumahmu.

Gotong royong membersihkan lingkungan rumah, mengunjungi teman yang sakit, dan memberikan bantuan kepada tetangga yang terkena musibah.

Ayo Membaca

Berikut adalah nilai-nilai yang terkandung dalam sila keempat Pancasila, yaitu “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan”.

1. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.

2. Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.

3. Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan.

4. Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah.

5. Dengan itikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah.

6. Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.

7. Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, mengutamakan nilai-nilai kebersamaan dan keadilan, serta mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 78

Ayo Menulis

Tuliskanlah contoh-contoh penerapan nilai-nilai kerakyatan dalam kehidupanmu sehari-hari.

Penerapan nilai-nilai kerakyatan dalam kehidupan sehari-hari yaitu tidak memaksakan kehendak kepada orang lain, mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama, menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah, menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah dengan tanggung jawab.

Tuliskan tugasmu, lalu presentasikan di depan teman-teman dan guru. Lakukan bergantian.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 80

Ayo Mencoba

Bersama kelompokmu, carilah buku-buku referensi di perpustakaan sekolahmu, lalu carilah informasi mengenai peran Indonesia di ASEAN dalam berbagai bidang berikut.

1. Pendidikan

2. Pangan

3. Sosial

4. Kesehatan

5. Pariwisata

Tuliskan hasil laporanmu dalam bentuk yang menarik. Kamu dapat membuatnya dalam bentuk paparan atau diagram.

kunci jawaban halaman 80 tema 7 kelas 6

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 81

Ayo Menulis

Tulislah rancangan pidato singkat untuk mengajak teman-temanmu gemar membaca. Ingatlah teks pidato harus memuat hal-hal pokok berikut.

1. Salam pembuka

Berisi kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam, dan lain-lain)

2. Pendahuluan

Memaparkan topik permasalahan yang akan dibahas.

3. lnti

Berisi pembahasan topik secara lengkap. Kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan yang di- harapkan.

4. Penutup

Penyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan.

5. Salam penutup

Berisi kalimat salam penutup seperti “terima kasih”.

Salam Pembuka : Selamat pagi

Pendahuluan : Pentingnya membaca bagi generasi milenial

Inti : Tujuan dan manfaat membaca.

Penutup : Intisari dari topik gemar membaca.

Salam Penutup : Terima kasih

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 6 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 7 subtema 2 Pembelajaran 3 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 6 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2020/01/jawaban-tema-7-kelas-6-halaman-77.html.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 6 Halaman 75, 76, 77, 78, 80, 81"

Posting Komentar