Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 6 Halaman 71, 73, 75


kunci jawaban tema 8 kelas 6 halaman 71

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 6 Halaman 71, 73, 75 - Kunci jawaban Tema 8 merupakan alternatif isian dari soal-soal yang terdapat pada buku paket tematik siswa Kelas 6 Bumiku Subtema 2 Bumiku dan Musimnya Pembelajaran 3 tepatnya terdapat pada halaman 71, 73, 75.

Selain membahas tentang jawaban soal-soal, terdapat juga rangkuman materi Tema 8 Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 (K13) yang terdapat pada Pembelajaran 3 Subtema 2.

Kunci jawaban tematik Tema 8 Kelas 6 pada Subtema 2 Pembelajaran 3 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu PPKn, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.

Dengan adanya pembahasan kunci jawaban soal yang terdapat pada buku siswa seperti ini diharapkan dapat membantu peserta didik khususnya siswa Kelas 6 SD/MI dalam melatih keterampilan menjawab soal Tema 8 yang nantinya berguna pada saat penilaian harian (PH), penialain tengah semester (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), maupun pada saat mengerjakan tugas pekerjaan rumah (PR).

Baca Juga : 

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 3

Ayo Membaca

Ayo, kita ingat kembali tentang negara-negara tetangga Indonesia.

Lalu, bagaimana dengan kondisi sosial budayanya? Apakah sama dengan kondisi sosial budaya di Indonesia? Atau berbeda?

Ayo, kita baca informasi tentang keadaan sosial budaya di Singapura.

Singapura

Singapura termasuk negara dengan penduduk yang padat. Sebanyak 85% rakyat Singapura tinggal di rumah susun. Penduduknya terdiri atas etnis Tionghoa, Melayu, dan India. Rakyatnya menganut agama Buddha, Islam, Kristen, dan Tao. Penduduknya berbahasa Inggris, Mandarin, Melayu dan Tamil. Rakyat Singapura sangat disiplin dalam masalah kebersihan. Singapura menjadi negara paling bersih di Asia. Singapura banyak dikunjungi para wisatawan. Mereka ingin berbelanja di Singapura.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 71

Bacalah kembali informasi tentang kadaan geografis negara Singapura. Bersama dengan temanmu lakukan analisis sederhana tentang hubungan keadaan geografis negara-negara tersebut dengan keadaan sosial budayanya.

kunci jawaban tematik tema 8 kelas 6 halaman 71

Kondisi Geografis : Singapura merupakan negara kepulauan yang memiliki penduduk yang padat. Luasnya hampir sama dengan kota Jakarta (664 km2). Keadaan alam negara Singapura pada umumnya relatif datar. Akan tetapi, dibeberapa tempat dijumpai perbukitan.

Kondisi Sosial Budaya : Masyarakat Singapura sangat disiplin dalam menjaga kebersihan, baik lingkungan tempat tinggalnya maupun lingkungan sekitarnya. 

Analisis hubungan kondisi geografis dan sosial budaya : Sebagai warga yang tinggal di negara yang kecil, rakyat Singapura sadar bahwa lingkungannya harus dijaga. Pemerintah Singapura pun menerapkan peraturan yang sangat ketat, untuk menjaga kenyamanan dan kebersihan negara. Peraturan yang ketat, kedisiplinan, dan kepedulian penduduk terhadap lingkungannya itulah yang menjadikan Singapura sebagai salah satu negara terbersih di dunia.

Setiap negara memiliki keunikan sosial budaya. Begitu juga dengan kondisi lingkungan alamnya. Meskipun memiliki lingkungan alam yang berbeda-beda, setiap negara pasti memiliki kepedulian yang sama terhadap kelestarian lingkungan hidupnya. Perhatikan infografis yang disajikan di bawah ini!

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 73

Bersama dengan temanmu, lakukan analisis terhadap infografis yang disajikan dan identifikasi informasi-informasi yang kamu dapatkan dari infografis tersebut.

Sajikan kembali informasi-informasi yang kamu temukan dalam bentuk peta pikiran.

kunci jawaban tema 8 kelas 6 halaman 72

jawaban tema 8 kelas 6 halaman 73

Ayo Mengamati

Menjaga kelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab bersama. Setiap warga negara bertanggung jawab melakukan upaya-upaya untuk melestarikan lingkungan hidup. Apakah kamu tahu makna tanggung jawab?

Tangung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.

Setiap manusia memiliki tanggung jawab masing-masing sesuai dengan posisi dan kedudukan yang dimilikinya. Misalnya dalam sebuah keluarga, setiap anggota keluarga memiliki tanggung jawab yang berbeda sesuai dengan posisinya.

Gambarlah pohon keluargamu. Identifikasilah tanggung jawab setiap anggota keluargamu. Bandingkan hasil identifikasi tanggung jawab di keluargamu dengan tanggung jawab di keluarga temanmu.

Gunakan format pohon keluarga di bawah ini untuk membantumu!

kunci jawaban tema 8 kelas 6 halaman 73

Tanggung Jawab Ayah :
  • Menjadi matahari yang bersifat tegas dalam membina keluarganya mentaati aturan yang berlaku.
  • Memberikan nafkah lahir dan batin terhadap keluarganya.
  • Melindungi keluarganya dari segala bahaya yang mengancam.
  • Menjadi suri tauladan bagi keluarganya.

Tanggung Jawab Ibu :
  • Menjadi bulan yang bersifat menyejukan dan menenangkan keadaan di dalam rumah.
  • Mematuhi segala kebijakan dan aturan yang ditetapkan suami selama tidak melanggar ketentuan agama dan masyarakat.
  • Mengolah hasil nafkah lahiriyah yang diberikan suami untuk keluarganya (Seperti memasak, mencuci, mensetrika, dan sejenisnya)
  • Menjadi suri tauladan bagi anak-anaknya.

Tanggung Jawab Anak :
  • Mentaati segala perintah dan anjuran yang diberikan oleh kedua orangtuanya.
  • Membantu Ayah dan Ibu sesuai dengan kemampuan kita.
  • Menjaga kekondusifan di dalam rumah dengan cara senantiasa berusaha menyenangkan hati orangtua kita.
  • Memprioritaskan belajar daripada bermain guna menghormati hasil jerih payah yang dilakukan kedua orang tua kita.

Upaya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup merupakan tangung jawab setiap warga masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut. Upaya ini dapat dimulai dari hal yang sederhana, yaitu membuang sampah pada tempatnya.

Di bawah ini disajikan infografis tentang sampah di Jakarta. Bersama temanmu cermatilah infografis tersebut. Analisislah informasi yang kamu dapatkan dari infografis tersebut.

kunci jawaban tema 8 kelas 6 halaman 74

Produksi sampah warga Jakarta tiap hari adalah 6.270 ton! ini setara dengan berat badan 25 ekor paus biru dan dapat menutupi 4 lapangan sepak bola. 

Komposisi Sampah Per Orang Per Hari :
  • Sampah organik 54%.
  • Sampah kertas 15%
  • Sampah plastik 14%
  • Sampah campuran dari kaca, logam dan sebagainya 17%

Dari semua sampah tersebut, hanya 79% sampah jakarta yang dikirim dan diolah di TPST Bantargebang Bekasi, 21% sisanya didaur ulang atau tidak terangkut.

Banyaknya sampah tersebut dapat mencemari lingkungan dan menyebabkan gangguan kesehatan bagi masyarakat.

Tanggapan masyarakat masih rendah terhadap cara penanganan sampah, sebanyak 98% menganggap sampah itu kotor dan bau, hanya 2% masyarakat yang sudah kreatif dengan melakukan daur ulang sampah. Sebanyak 65% masyarakat rela membayar lebih retribusi sampah asal sampah dikelola secara baik. 

Yang bisa kita lakukan sebagai bentuk tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan adalah dengan mengurangi sampah di sumbernya, yaitu dengan menghabiskan makanan, menghindari barang dengan umur pakai pendek, memilih produk kemasan besar, serta melakukan daur ulang. 

Jika sampah masih ada di sumbernya, maka metode pemilahan sampah dapat membantu mengurangi dampak sampah. Sampah yang mudah busuk dikomposkan untuk dijadikan pupuk, dan sampah sulit busuk bisa didaur ulang dengan cara dijual / disumbangkan. 

Peran masyarakat dalam mengolah sampah sangat diperlukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 75

Identifikasi tanggung jawab kita sebagai anggota masyarakat dalam menjaga lingkungan kita dari sampah.

  • Menghabiskan makanan
  • Menghindari barang dengan umur pakai pendek.
  • Memilah produk dengan kemasan besar.
  • Mendaur ulang sampah.
  • Menyumbangkan / Menjual sampah di tempat daur ulang atau tukang rongsokan.

Demikian Artikel yang berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 6 Halaman 71, 73, 75

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga pembahasan soal-soal latihan yang ada pada buku siswa Kelas 6 Tema 8 Kurikulum 2013 (K13) dapat memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 8 Kelas 6 Halaman 71, 73, 75 dengan alamat link https://www.sanjayaops.com/2020/01/jawaban-tema-8-kelas-6-halaman-71.html.