Tutorial Lengkap Entri Kehadiran GTK di DHGTK Kemdikbud Online

dhgtk-kemdikbud

DHGTK Online - Selamat berjumpa sahabat dhgtk online dimanapun berada, artikel sanjayaops kali ini akan membahas tentang Tutorial Lengkap Entri Kehadiran GTK di DHGTK Kemdikbud Online. Jika sahabat DHGTK adalah operator semoga artikel ini bisa membantu dalam mengerjakan absen guru secara online pada website dhgtk kemdikbud. Kata Kunci untuk review artikel ini adalah DHGTK online, selamat membaca.

Judul : Tutorial Lengkap Entri Kehadiran GTK di DHGTK Kemdikbud Online
Link : Tutorial Lengkap Entri Kehadiran GTK di DHGTK Kemdikbud Online

Rekomendasi Bacaan

Tutorial Lengkap Entri Kehadiran GTK di DHGTK Kemdikbud Online
Berdasarkan informasi terbaru pada website dhgtk kemdikbud online mulai tahun pelajaran 2018/2019 kehadiran guru diperhitungkan sebagai pemenuhan beban kerja guru sebagai pegawai yang secara keseluruhan paling sedikit 37,5 jam kerja dalam 1 minggu sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2017 tentang perubahan atas Peraturaan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 tentang guru.

Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan yang selanjutnya disingkat DHGTK dirancang untuk mempercepat proses pembayaran tunjangan profesi atau tunjangan sertifikasi. Pencatatan Kehadiran guru kemdikbud dilakukan secara online menggunakan aplikasi dhgtk yang terdapat pada link https://hadir.gtk.kemdikbud.go.id. Dengan demikian tidak ada lagi pemberkasan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan sesuai kewenangannya terkait dengan penyaluran Tunjangan Profesi guru PNSD.

Penyaluran tunjangan profesi guru dapat dipantau melalui aplikasi SIM-Bar berbasis android yang dapat diakses oleh para pemangku kepentingan pendidikan. Berdasarkan info dari website dhgtk online, aplikasi SIM-Bar akan segera diluncurkan dalam waktu dekat.

Sistem Informasi DHGTK Kemdikbud Online
Sistem informasi DHGTK Kemdikbud merupakan aplikasi pencatatan kehadiran secara online untuk guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah negeri dan sekolah swasta seluruh Indonesia. Proses pencatatan DHGTK Kemdikbud dilakukan oleh sekolah yang terhubung dengan internet secara langsung. Untuk dapat mencatatkan kehadiran GTK kedalam sistem ada dua user yang dapat digunakan sebagai akses kedalam sistem, yaitu login dhgtk kemdikbud online dengan userid kepala sekolah dan login dengan userid operator dapodik. Kedua userid tersebut terupdate datanya secara langsung dari data dapodik, baik dapodikdasmen maupun dapodikpaud.

Untuk melakukan proses pengisian kehadiran guru pada aplikasi dhgtk kemdikbud harus dilakukan oleh kepala sekolah atau petugas yang telah ditetapkan oleh kepala sekolah untuk melakukan proses absensi online. Berikut ini langkah-langkah proses absensi online dengan cara login dhgtk kemdikbud melalui userid operator sekolah atau userid dapodik.

Langkah-langkah entri kehadiran GTK di Aplikasi DHGTK Kemdikbud Online
Silakan kunjungi link dhgtk kemdikbud https://hadir.gtk.kemdikbud.go.id. KLIK DI SINI
Login dhgtk kemdikbud secara online dengan memasukan NPSN, Userid, Password dan masukkan kode yang tertulis pada gambar.

login-dhgtk-kemdikbud-online

Setelah sukses login dhgtk online, langkah selanjutnya klik tab kehadiran, pilih bulan dan klik pada bagian buat daftar hadir, setelah selesai silakan klik refresh.

aplikasi-dhgtk-online

Selanjutnya pada sidebar data sekolah dhgtk online silakan pilih tambah baru kalender sekolah. Menu tambah kalender yang ditampilkan pada bagian jenis libur silakan isi sesui pilihan yang tersedia seperti libur semester, libur akhir tahun, libur nasional, libur pemilu/pilkada, hari besar agama dan cuti bersama. Mulai tanggal diisi dengan mulai tanggal libur sekolah, kolom sampai tanggal diisi tanggal selesai libur serta kolom keterangan diisi sesuai dengan keterangan libur sekolah misalnya isra mi'raj nabi Muhammad SAW.

dhgtk-online-kemdikbud

Selanjtnya silakan klik refresh, lalu silakan mulai mengisi absen atau ceklis kehadiran GTK Online pada laman dhgtk kemdikbud sesuai hari efektif, untuk tanggal yang memiliki background biru jangan di ceklis karena tanggal tersebut merupakan hari libur yang sudah kita masukan pada kalender sekolah. Setelah selesai melakukan ceklis kehadiran guru silakan periksa kembali jangan sampai ada yang terlewatkan kemudian klik tab simpan dan klik tab refresh.

all

Setelah melakukan proses absensi kehadiran guru pada aplikasi dhgtk kemdikbud online jangan lupa mengunci dhgtk online melalui akun kepala sekolah, cara mengunci dhgtk kemdikbud online KLIK DI SINI. Untuk menghindari aplikasi dhgtk error sebaiknya hindari menggunakan dhgtk kemdikbud online melalui android karena Aplikasi dhgtk online yang resmi belum tersedia dalam versi android.

Demikian info tentang entri kehadiran GTK pada aplikasi dhgtk kemdikbud online 2018 semoga bermanfaat. Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Tutorial Lengkap Entri Kehadiran GTK di DHGTK Kemdikbud Online. Link artikel https://www.sanjayaops.com/2018/2018/06/dhgtk-kemdikbud-online.html

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via Email:

Silakan Tinggalkan Komentar Untuk Artikel Ini

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel