Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pemetaan KD Kelas 2 Kurikulum 2013 Semester 1 & 2


pemetaan kd kelas 2 k13 semester 1 dan 2 tahun 2019/2020

Pemetaan KD Kelas 2 Kurikulum 2013 Semester 1 & 2 - Download Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru. Pemetaan KD Kurikulum 2013 digunakan sebagai dasar perancangan kegiatan penilaian, baik yang bersifat harian, tengah semester maupuan per semester.

Contoh Pemetaan KD Kurikulum 2013 dalam format file Ms. Excel dapat Anda downolad pada link yang sudah sanjayaops.com sediakan di akhir artikel ini.

Oh ya, untuk review artikel ini dan perangkat pembelajaran lainnya bisa menggunakan kata kunci Pemetaan KD K13, Kurikulum 2013, perangkat Pembelajaran K13 SD/MI. Selamat membaca.

Judul : Pemetaan KD Kelas 2 Kurikulum 2013 Semester 1 & 2
Link : Pemetaan KD Kelas 2 Kurikulum 2013 Semester 1 & 2

Rekomendasi Bacaan

Pemetaan KD Kelas 2 Kurikulum 2013 Semester 1 & 2

Kompetensi Dasar yang selanjutnya di singkat (KD) pada pembelajaran kurikulum 2013 merupakan hal yang wajib diketahui oleh parapendidik yang sekolahnya sudah menerapkan kurikulum 2013,

baik sekolah yang sudah lebih dulu menerapkan pembelajaran k13 maupun sekolah yang baru akan menerapkan pembelajaran k13 pada semester 1 & 2.

Baca juga : RPP PAI SD Kurikulum 2013 Semester 2

Untuk mepermudah guru dalam mengingat KD pada setiap subtema pembelajaran k13 maka perlu dilakukan pemetaan KD berdasarkan yang dibuat per semester dalam satu tahun pembelajaran.

Pemetaan Kompetensi Dasar Kelas 2 Kurikulum 2013 semester 1 dan semester 2 ini terdiri dari pemetaan kd tema 1 hidup rukun, pemetaan kd tema 2 bermain di lingkunganku, pemetaan kd tema 3 tugasku sehari-hari, pemetaan kd tema 4 hidup bersih dan sehat, tema 5, tema 6, tema 7 dan tema 8 yang bersumber dari buku guru kelas 2 edisi revisi 2017.

Kompetensi Dasar (KD) Kelas 2 Kurikulum 2013 Semester 1 & 2 pada setiap tema dipetakan kedalam 4 subtema pembelajaran,

masing-masing subtema pembelajaran terdiri dari 6 pembelajaran. Setiap pembelajaran pada pemetaan kd k13 Kelas 2 ini saya susun berdasarkan buku guru Kelas 2 edisi revisi 2017.

KD Kurikulum 2013 yang terdapat pada pemetaan kd Kelas 2 semester 1 & semester 2 dalam bentuk file excel.

Terdiri dari KD K13 dari K1-1 (sikap spiritual), KD K13 dari KI-2 (sikap sosial), KD K13 dari KI-3 (Aspek Pengetahuan) dan KD K13 dari KI-4 (Aspek Keterampilan).

KD K13 dari aspek sikap spiritual (KI-1) dan KD K13 dari aspek sikap sosial (KI-2) hanya terdapat pada mata pelajaran PPKn dan Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.

Untuk Pemetaan KD K13 Kelas 2 mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti dipetakan secara tersendiri karena tidak termasuk kedalam pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013.

Melakukan pemetaan kd kurikulum 2013 tentunya sangat perlu dilakukan karena dapat mempermudah dalam melakukan penilaian hasil belajar peserta didik,

mempermudah membuat soal evaluasi, mempermudah dalam membuat kisi-kisi soal serta dapat mempermudah dalam melakukan analisis soal.

Berikut ini deskripsi setiap kd yang terdapat dalam pemetaan kd Kelas 2 kurikulum 2013 semester 1 yang bersumber dari buku guru kelas 2 semester 1 revisi 2017.

Deskripsi KD Kelas 2 Kurikulum 2013 Semester 1 Muatan Pelajaran PPKn

1.1 meyakini terdapat hubungan simbol pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila.
2.1 menunjukkan sikap positif terhadap hubungan simbol pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila.
3.1 memahami hubungan simbol pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila.
4.1 menceritakan hubungan simbol pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila.
1.2 menghargai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
2.2 mematuhi aturan  dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
3.2 memahami aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
4.2 melakukan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
3.3 mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman individu di sekolah.
4.3 menceritakan jenis-jenis kebersamaan dalam keberagaman individu di sekolah.
1.4 menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di sekolah.
2.4 bersikap sesuai makna bersatu dalam keberagaman di sekolah.
3.4 memahami makna bersatu dalam keberagaman di sekolah.
4.4 menceritakan pengalaman bersatu (misal: bermain bersama-sama) dalam keberagaman di sekolah.


Deskripsi KD Kelas 2 Kurikulum 2013 Semester 1 Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia

3.1 memahami ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun.
4.1 menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun.
3.2 memahami kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan dan visual.
4.2 melaporkan penggunaan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah dalam laporan hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
3.3 memahami kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
4.3 melaporkan penggunaan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
3.4 memahami kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
4.4 menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

Deskripsi KD Kelas 2 Kurikulum 2013 Semester 1 Muatan Pelajaran Matematika

3.1 menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya.
4.1 membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret
3.2 membandingkan dua bilangan cacah.
4.2 mengurutkan bilangan-bilangan dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya.
3.3 menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
4.3 menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
3.4 menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
4.4 menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
3.5 menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
4.5 mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.
3.9 menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang.
4.9 mengidentifikasi ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang.
3.10 menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya
4.10 mengklasifikasi bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.
3.11 menjelaskan pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan model konkret.
4.11 memprediksi pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan model konkret.

Deskripsi KD Kelas 2 Kurikulum 2013 Semester 1 Muatan Pelajaran SBDP

3.2 mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
4.2 menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
3.3 mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari.
4.3 meragakan gerak keseharian dan alam dalam tari.
3.1 mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
4.1 membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
3.4 mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.
4.4 membuat hiasan dari bahan alam dan buatan.

Deskripsi KD Kelas 2 Kurikulum 2013 Semester 1 Muatan Pelajaran PJOK

3.1 memahami prosedur gerak variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2 memahami prosedur variasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2 mempraktikkan variasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3 memahami prosedur variasi pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3 mempraktikkan variasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.4 memahami prosedur bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4 mempraktikkan prosedur bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.

Deskripsi pemetaan kd Kelas 2 Kurikulum 2013 semester 1 tersebut merupakan kd yang muncul pada pembelajaran semester 1 berdasarkan buku guru Kelas 2 semester 1 edisi revisi 2017.

Bagi Bapak/Ibu yang membutuhkan pemetaan kd Kelas 2 kurikulum 2013 semester 1 edisi revisi 2017 silakan download pada link berikut:

Demikian info tentang pemetaan kd Kelas 2 kurikulum 2013 Semester 1 & revisi 2017

Jika Anda membutuhkan Pemetaan KD Kurikulum 2013 Semester 2 Revisi 2018 silakan mengunjungi artikel tentang Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 2. semoga bermanfaat.

Jika bapak/ibu menemukan ketidak sesuaian antara KD yang terdapat dalam pemetaan kd Kelas 2 kurikulum 2013 Semester 1 & 2 ini dengan kd yang terdapat pada buku guru Kelas 2 semester 1 & 2, mohon agar sudi kiranya berkomentar pada kolom komentar agar bisa dilakukan perbaikan.

Baca juga :

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Pemetaan KD Kelas 2 Kurikulum 2013 Semester 1 & 2.

link artikel https://www.sanjayaops.com/2018/06/pemetaan-kd-kelas-2-k13-semester-1-2018-2019.html