Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal UAS/PAS Kelas 6 SD Tema 1 Revisi 2018

Download Soal PAS Tema 1 Kelas 6 K13 Revisi 2018 Tahun Pelajaran 2019/2020

Selamat berjumpa sahabat sanjayaops.com, pada kesempatan ini mimin akan membagikan soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 6 SD Tema 1 Kurikulum 2013 sesuai Revisi 2018. Ulangan Akhir Semester dalam penilaian K13 disebut Penilaian Akhir Semester (PAS), sedangkan Ulangan Kenaikan Kelas disebut Penilaian Akhir Tahun (PAT). Soal UAS SD Kelas 6, ini dilengkapi dengan kunci jawaban untuk mempermudah dalam mengoreksi soal. Soal UAS Tematik Kelas 6 Tema 1 dapat anda download pada link di akhir artikel ini.

Judul : Soal UAS/PAS Kelas 6 SD Tema 1 Revisi 2018
Link : Soal UAS/PAS Kelas 6 SD Tema 1 Revisi 2018

Rekomendasi Bacaan

Soal UAS/PAS Kelas 6 Tema 1 Revisi 2018

Penilaian Akhir Semester adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester ganjil.

Cakupan PAS meliputi seluruh Kompetensi Dasar (KD) pada semester ganjil. Jadi Soal UAS Semester 1 Kelas 6 Tema 1 ini telah disusun berdasarkan Kompetensi Dasar Tema 1 yang telah dipelajari oleh peserta didik.

Pembuatan Soal Tematik Kelas 6 Tema 1 ini bersumber dari buku guru dan buku siswa Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru, yaitu revisi tahun 2018.

Penilaian Akhir Semester (PAS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT)

Penilaian Akhir Semester (PAS) dan Penilaian Akhir Tahuh (PAT) dilaksanakan setelah menyelesaikan seluruh tema dalam satu semester belajar efektif.

Penilaian akhir semester/tahun untuk aspek pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tertulis yang berfungsi untuk mengukur pencapaian hasil pembelajaran selama satu semester, serta sebagai salah satu bahan pengisian rapor peserta didik.

Instrumen penilaian akhir semester/tahun untuk aspek pengetahuan disusun berdasarkan muatan pelajaran sesuai dengan karakteristik KD.

Nilai dari penilaian akhir semester, ditulis NPAS, dan nilai dari penilaian akhir tahun, ditulis NPAT. Penulisan nilai NPAS dan NPAT menggunakan angka dengan rentang 0-100.

Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS)

Penilaian Akhir Semester Kelas 6 dilaksanakan setelah pembelajaran lima tema selesai, sebelum menyusun soal-soal tes tertulis guru membuat kisi-kisi soal. Kisi-Kisi Soal Kelas 6 Tema 1 dibuat berdasarkan pemetaan KD pembelajaran tema 1.

Guru perlu mengidentifikasi proporsi setiap KD muatan pelajaran yang akan dinilai pada akhir semester, agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan jumlah soal yang akan dibuat.

Soal dalam bentuk tes tertulis untuk KD satu mata pelajaran dibuat per mata pelajaran atau dapat juga dibuat terpadu untuk beberapa muatan pelajaran.

Contoh Soal Kelas 6 SD Tema 1

Muatan Pelajaran PPKN KD 3.1

1. Penerapan Sila Kelima Pancasila adalah . . .
a. menghormati hak-hak orang lain dan toleransi kepada agama lain.
b. toleransi dan penghormatan kepada agama lain.
c. bersikap adil dan menghargai hasil karya orang lain
d. takwa kepada tuhan yang maha esa.

2. Kerjasama, belajar kelompok dan gotong royong merupakan pengamalan sila Pancasila ke . . .
a. satu
b. dua
c. tiga
d. empat

Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia KD 3.1

3. Karya seni atau desain grafis yang berisi komposisi gambar dan huruf yang menarik di atas kertas berukuran besar dan berisi pesan-pesan. Biasanya ditempel di tembok, di tempat umum, di kendaraan, dan di tempat strategis yang dikunjungi banyak orang dan mudah dibaca disebut . . .
a. poster
b. komik
c. brosur
d. baliho

4. Perekonomian sebagian besar penduduk vietnam adalah pertanian. Padi merupakan hasil utama pertanian di vietnam. Industri di vietnam meliputi tekstil, semen, pupuk, kaca, dan ban. Pertambangan di vietnam menghasilkan emas, biji besi, timah, gamping, fosfat, tungsten (walfram), dan seng. Hasil hutannya adalah bambu, kina, kayu, dan kayu manis. Terdapat dua sungai penting di vietnam, yaitu sungai mekang dan sungai sangka. Informasi yang terdapat dalam kutipan paragraf di atas adalah . . .
a. perekonomian terbesar penduduk vietnam adalah pertanian.
b. sungai mekang dan sungai songka.
c. penghasilan hutan terbesar vietnam adalah kayu.
d. banyak pertambangan di negara vietnam.

Muatan Pelajaran IPA KD 3.1

5. Hewan ini memiliki indra pendengaran yang sangat baik, lebih baik daripada manusia dan keluar pada malam hari. Hewan ini juga berperan besar dalam penyebaran dan penyerbukan tanaman. Hewan tersebut adalah …
a. burung
b. kelelawar
c. katak
d. kucing

6. Perberkembangbiakan mahluk hidup yang terjadi tanpa melalui perkawinan adalah …
a. perkembangbiakan generatif
b. perkembangbiakan vegetatif
c. perkembangbiakan manifulatif
d. perkembangbiakan reduktif

7. Perkembangbiakan yang terjadi melalui proses penyerbukan dan pembuahan adalah …
a. perkembangbiakan generatif
b. perkembangbiakan vegetatif
c. perkembangbiakan manifulatif
d. perkembangbiakan reduktif

Muatan Pelajaran IPS KD 3.1

8. Negara yang dijuluki Gajah Putih, negara Seribu Pagoda, lumbung padi ASEAN adalah . . .
a. thailand
b. kamboja
c. vietnam
d. singapura

9. Kota di Malaysia yang terdaftar dalam UNESCO World Heritage adalah . . .
a. george town
b. george park
c. george world
d. george hill

Download Soal UAS Kelas 6 Tema 1 Semester 1

Pembelajaran Tema 1 Kelas 6 Revisi 2018 mempelajari tentang selamatkan makhluk hidup, yang terdiri dari tiga subtema yaitu, tumbuhan sahabatku, hewan sahabat ku, ayo selamatkan hewan dan tumbuhan.

Soal UAS/PAS tematik kelas 6 tema 1 selamatkan mahluk hidup disusun dari beberapa KD muatan pelajaran yang telah dipelajari dalam tema tersebut.

Soal UAS/PAS Kelas 6 Tema 1 Kurikulum 2013 ini dalam bentuk word yang bisa digunakan sebagai refrensi dalam menyusun soal UAS kelas 6 SD, ataupun dapat anda gunakan langsung sebagai soal ulangan akhir semester ganjil.

Untuk download soal UAS/PAS tematik Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup, silakan klik pada link download berikut ini:
  • Soal PAS Kelas 6 SD Tema 1 Revisi 2018 (DOWNLOAD)
  • Kunci Jawaban Soal Tema 1 Kelas 6 (DOWNLOAD)

Demikianlah Artikel yang Berjudul Soal UAS/PAS Kelas 6 SD Tema 1 Revisi 2018

Terima kasih sudah membaca artikel ini, soal PAS Tematik Kelas 6 Tema Selamatkan Makhluk Hidup yang mimin bagikan dapat bermanfaat, baik sebagai sumber belajar bagi peserta didik yang sebentar lagi akan melaksankan penilaian akhir semester ganjil, maupun bagi tenaga pendidik dimanapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Soal UAS/PAS Kelas 6 SD Tema 1 Revisi 2018. Link Artikel ini adalah https://www.sanjayaops.com/2018/11/soal-pas-uas-ganjil-kelas-6-tema-1-kurikulum-2013-revisi-terbaru.html.