Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pemetaan KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 & 2



download pemetaan kd kelas 1 k13 semester 1 dan 2 tahun 2019/2020

Pemetaan KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 & 2 - Download Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru. Pemetaan KD Kurikulum 2013 digunakan sebagai dasar perancangan kegiatan penilaian, baik yang bersifat harian, tengah semester maupuan per semester.

Contoh Pemetaan KD Kurikulum 2013 dalam format file Ms. Excel dapat Anda downolad pada link yang sudah sanjayaops.com sediakan di akhir artikel ini.

Oh ya, untuk review artikel ini bisa menggunakan kata kunci Pemetaan KD K13, Perangkat pembelajaran K13 SD/MI, kurikulum 2013. Selamat membaca.

Judul : Pemetaan KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 & 2

KD Kelas 1 Kurikulum 2013 semester 1 & Semester 2 pada setiap tema dipetakan kedalam 4 subtema pembelajaran, masing-masing subtema pembelajaran terdiri dari 6 pembelajaran.

Setiap pembelajaran pada pemetaan kd Kelas 1 Kurikulum 2013 semester 1 & semester 2 ini saya susun sesuai buku guru Kelas 1 edisi revisi 2017.

KD Kurikulum 2013 yang terdapat pada pemetaan kd Kelas 1 kurikulum 2013 semester 1 dan semester 2 dalam bentuk file excel.

Terdiri dari KD K13 dari K1-1 (sikap spiritual), KD K13 dari KI-2 (sikap sosial), KD K13 dari KI-3 (Aspek Pengetahuan) dan KD K13 dari KI-4 (Aspek Keterampilan).

KD K13 dari aspek sikap spiritual (KI-1) dan KD K13 dari aspek sikap sosial (KI-2) hanya terdapat pada mata pelajaran PPKn dan Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.

Untuk Pemetaan KD K13 Kelas 1 mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti dipetakan secara tersendiri karena tidak termasuk kedalam pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 revisi 2017.


Melakukan pemetaan kd kurikulum 2013 pada kelas 1 semester 1 dan semester 2 tentunya sangat perlu dilakukan karena dapat mempermudah dalam melakukan penilaian hasil belajar peserta didik,

mempermudah membuat soal evaluasi, mempermudah dalam membuat kisi-kisi soal serta dapat mempermudah dalam melakukan analisis soal.

Berikut ini deskripsi setiap kd yang terdapat dalam pemetaan kd Kelas 1 kurikulum 2013 semester 1 yang muncul pada buku guru kelas 1 semester 1 revisi 2017.

Deskripsi KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 Muatan Pelajaran PPKn

3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.3 Mengidentifikasi keberagaman karateristik individu di rumah.
4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan individu di rumah.
3.1 Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda Pancasila”.

Deskripsi KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia

3.9 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.9 Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulis.

Baca juga : RPP Kurikulum 2013 SD Kelas 5 Semester 2 Revisi 2018

3.3 Menguraikan lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerahatau bahasa daerah.
4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
3.4 Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan.
4.4 Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis.
3.1 Menjelaskan kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang, dan etika membaca buku) dengan cara yang benar.
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar.
3.2 Mengemukakan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakkan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara lisan.
4.2 Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang) dengan benar.
3.11 Mencermati puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.
4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri.
3.5 Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.5 Mengemukakan penjelasan tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah.
3.7 Menentukan kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.7 Menyampaikan penjelasan dengan kosakata Bahasa Indonesia dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar.
3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
4.8 Mempraktikan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis.
3.10 Menguraikan kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
4.10 Menggunakan kosakata yang tepat dalam percakapan tentang hubungan kekeluargaan dengan menggunakan bantuan gambar/bagan silsilah keluarga.


Deskripsi KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 Muatan Pelajaran Matematika

3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek.
4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan.
3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat.
3.3 Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda benda konkret.
4.3 Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret.
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99.
3.6 Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret.
4.6 Mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar berdasarkan sifat tertentu dengan menggunakan berbagai benda konkret.
3.5 Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya.
4.5 Memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya.
3.8 Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret.
4.8 Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret.


Deskripsi KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 Muatan Pelajaran SBDP

3.2 mengenal elemen musik melalui lagu.
4.2 menirukan elemen musik melalui lagu.
3.3 mengenal  gerak anggota tubuh melalui tari.
4.3 meragakan gerak anggota tubuh melalui tari.
3.1 mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi.
4.1 membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi.
3.4 mengenal bahan alam dalam berkarya.
4.4 membuat karya dari bahan alam.

Deskripsi KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 Muatan Pelajaran PJOK

3.1 Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.8 Memahami bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian.
4.8 Menceritakan bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian.
3.4 Memahami menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau  tradisional.
4.4 Mempraktikkan sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2 Memahami gerak dasar nonlokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2 Mempraktikkan gerak dasar nonlokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3 Memahami pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.


Deskripsi pemetaan kd Kelas 1 K13 semester 1 tersebut merupakan kd yang muncul pada pembelajaran semester 1 berdasarkan buku guru Kelas 1 edisi revisi 2017.

Bagi Bapak/Ibu yang membutuhkan pemetaan kd Kelas 1 kurikulum 2013 semester 1 edisi revisi 2017 silakan download pada link berikut:

Demikian info tentang pemetaan kd kelas 1 kurikulum 2013 semester 1 & semester 2

Jika Anda membutuhkan Pemetaan KD Kurikulum 2013 Semester 2 Revisi 2018 silakan mengunjungi artikel tentang Pemetaan KD Kurikulum 2013 Kelas 1 Semester 2. semoga bermanfaat.

Jika bapak/ibu menemukan ketidak sesuaian antara KD yang terdapat dalam pemetaan kd Kelas 1 kurikulum 2013 semester 1 dan dan semester 2 ini dengan kd yang terdapat pada buku guru Kelas 1 semester 1 dan semester 2 revisi 2017, mohon agar sudi kiranya berkomentar pada kolom komentar agar bisa dilakukan perbaikan.

Baca juga :

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Pemetaan KD Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 dan semester 2.

Link artikel ini adalah https://www.sanjayaops.com/2018/06/pemetaan-kd-kelas-1-k13-semester-1-2018-2019.html.