Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Contoh Soal Tes CPNS 2018 TWK TIU TKP Format PDF

contoh soal tes cpns 2018 format pdf

Contoh Soal CPNS - Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengumumkan bahwa mekanisme tes cpns 2018 menggunakan Computer Assissted Test (CAT). Dengan demikian pelamar CPNS akan mengerjakan soal-soal ujian secara online. Soal tes CPNS terdiri dari 100 soal dengan alokasi waktu 90 menit. Sesuai Judul artikel ini Contoh Soal Tes CPNS 2018 TWK TIU TKP dalam Format PDF bisa anda download di akhir postingan ini.

Judul : Contoh Soal Tes CPNS 2018 TWK TIU TKP Format PDF
Link : Contoh Soal Tes CPNS 2018 TWK TIU TKP Format PDF

Rekomendasi Bacaan

Contoh Soal Tes CPNS 2018 TWK TIU TKP Format PDF
Tes CPNS 2018 menggunakan sistem CAT yang terdiri dari 3 jenis tes yaitu Tes Wawancara Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Ketiga jenis tes tersebut memiliki karakter soal yang berbeda. Untuk menambah wawasan pembaca tentang soal tes TWK, TIU, dan TKP silakan simak penjelasan berikut ini:

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
Soal TWK membahas tentang penguasaan pengetahuan dan kemampuan implementasi 4 pilar kebangsaan Indonesia, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI (sistem tata negara, sejarah perjuangan, peranan dalam regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar). untuk lulus CPNS 2018 pada tes ini harus mencapai nilai ambang batas /  passing grade 75 poin. Jumlah soal TWK adalah 35, dimulai dari soal nomor 1-35.

Tes Itelegensi Umum (TIU)
Soal Tes Intelegensi Umum menilai kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan dan tulis, numerik, berfikir logis dan berfikir analitis. Pada simulasi CAT online, soal tes CPNS jenis TIU berjumlah 30 soal dimulai dari nomor 36-65. Passing grade untuk soal tes ini adalah 80 poin.

Test Karakteristik Pribadi (TKP)
Soal Tes Karakteritik Pribadi menilai tentang intelegensi diri, kreativitas dan inovasi, orientasi pelayanan, kemampuan adaptasi, mengendalikan diri, berkerja mandiri dan tuntas, kemauan dan belajar berkelanjutan, berkerja sama dalam kelompok, serta mampu menggerakan dan mengkoordinir orang lain. Jumlah soal pada tes ini adalah 35 yang dimulai dari nomor urut 66-100 dengan passing grade 143 poin. Jenis soal TKP ini kebanyakan dalam bentuk penalaran, jadi bagi sahabat yang berniat mendaftar CPNS 2018 sebaiknya pada saat tes CAT, kerjakan soal ini terlebih dulu.

Contoh Soal Tes Wawancara Kebangsaan (TWK)
1. Yang berhak memilih presiden dan wakil presiden jika keduanya berhenti secara bersamaan adalah
a. MPR
b. MK
c. DPR
d. Rakyat
e. DPD

2. Lembaga negara yang dihapuskan setelah amandemen UUD 1945 adalah . . .
a. Komisi yudisial
b. DPA
c. DPR
d. Mahkamah agung
e. DPD

Contoh Soal Tes Intelegensi Umum (TIU)
1. Enam buah data terdiri dari bilangan positif yang memiliki modus 4, median 5, dan rataan 5. maka bilangan terkecil dari data tersebut adalah . . .
a. 5
b. 4
c. 3
d. 2
e. 1

2. Suku ke 2 suatu deret aritmatika adalah 5 dan jumlah suku ke 4 adalah 28 maka suku pertama dari deret tersebut adalah . . .
a. 1
b. 2
c. ?????
d. 4
e. 5

Contoh Soal Tes Karaktersitik Pribadi (TKP)
1. Saya memiliki buku favorit dan buku tersebut dihilangkan teman saya . . .
a. saya marah pada teman saya
b. saya memintanya untuk mengganti buku tersebut karena buku itu favorit saya
c. saya sangat menyukai buku tersebut namun buku tersebut sudah hilang
d. saya memusuhinya dan melarangnya meminjam buku saya lagi
e. saya memintanya untuk mengganti dan mengatakan kepadanya untuk berhati-hati jika meminjam buku saya lagi.

2. Setiap hari anda masuk kantor paling cepat dibandingkan pegawai lainnya. yang anda lakukan setelah tiba di kantor adalah . . .
a. membaca koran dulu
b. santai dulu di kantor menikmati udara pagi
c. mengobrol dengan rekan sejawat
d. membuat rencana kerja
e. menyelesaikan pekerjaan yang tertunda kemarin

Itu adalahlah beberapa contoh soal tes cpns 2018. setelah sahabat membaca contoh soal di atas tentu sahabat dapat membedakan dari ketiga jenis tes tersebut, soal mana yang paling mudah. Memilih jenis soal yang akan dikerjakan lebih dulu saat ujian CAT online merupakan strategi dalam menjawab soal CAT online. Jika sahabat mampu menjawab 100 soal dalam waktu 90 menit maka peluang untuk lulus menjadi pegawai negeri sipil (PNS) sangat terbuka lebar karena pada tahun 2017 banyak pelamar cpns memenuhi nilai ambang batas / passing grade karena banyak soal yang tidak terjawab.

Download Contoh Soal Tes CPNS 2018 TWK TIU TKP Format PDF
Sebelum sahabat mendownload contoh soal CPNS dalam format pdf, ada baiknya sahabat simak vidio simulasi soal CAT online berikut untuk menambah pengetahuan sahabat dalam mempersiapkan diri sebelum berkompetisi pada penerimaan CPNS 2018.


Demikian Pembahasan tentang Contoh Soal Tes CPNS 2018 TWK TIU TKP Format PDF
Terimakasih sahabat telah membaca artikel yang berjudul Contoh Soal Tes CPNS 2018 TWK TIU TKP Format PDF. Semoga postingan ini bermanfaat bagi sahabat yang sedang mencari contoh soal Ujian CPNS. Mohon maaf untuk link downloadnya nanti akan saya update setelah jadwal penerimaan CPNS 2018 diumumkan seara resmi oleh MenpanRB.
Link Artikel ini adalah https://www.sanjayaops.com/2018/07/contoh-soal-tes-cpns-2018-twk-tiu-tkp-pdf.html