Cara Melakukan Registrasi Dapodik PAUD Dikmas Versi 3.3.0

registrasi-aplikasi-dapodik-paud-dikmas

Pada aplikasi Dapodik Paud Dikmas versi 3.3.0, ada perubahan dalam hal melakukan registrasi. Pada versi sebelumnya, bisa melakukan registrasi melalui aplikasi dapodik yang sudah terinstal dengan cara online (terhubung internet), kemudian prefill akan turun otomatis kedalam aplikasi dapodik paud. Untuk saat ini, registrasi dilakukan melalui aplikasi manajemen, di situs web httsp://manajemen.paud.dikmas.org.

Judul : Cara Melakukan Registrasi Dapodik PAUD Dikmas Versi 3.3.0
Link : Cara Melakukan Registrasi Dapodik PAUD Dikmas Versi 3.3.0

Rekomendasi Bacaan

Langkah-Langkah Registrasi Dapodik Paud Dikmas Versi 3.3.0
Silakan kunjungi situs web manajemen paud dikmas. Setelah terbuka tampilan menajemen, langkah selanjutnya, kita daftarkan terlebih dulu data satuan pendidikan dengan mengklik tombol log in, pada pojok kanan atas, kemudian pilih satuan pendidikan.

manajemen-dapodik-paud-dikmas

Setelah memilih satuan pendidikan paud, maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut:

melakukan-daftar-baru-dapodik-paud

Kemudian pilih daftar baru/lupa password, untuk mendaftarkan / registrasi satuan pendidikan paud yang akan dipakai untuk menginput data dapodik semi offline. Langkah selanjutnya kita masukan kode registrasi dapodik paud, dan juga NPSN satuan pendidikan, untuk dilakukan verifikasi terlebih dahulu.

kolom-kode-registrasi-dan-npsn

Setelah memasukan kode registrasi dan NPSN, selanjutnya klik tombol verifikasi untuk mengecek betul tidaknya kode registrasi dan nomor pokok satuan pendidikan, yang kita masukan tersebut. Setelah dirasa betul oleh sistem, selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar berikut:

entri-data-operator-pada-aplikasi-manajemen

Setelah muncul tampilan registrasi dapodik paud dikmas, silakan mulai isikan datanya dan klik tombol simpan, maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut:

proses-entri-data-di-manajemen-paud-dikmas-online

Setelah itu, silakan buka aplikasi dapodik paud dikmas yang sudah terinstal di PC atau Laptop, dan mulai registrasi kembali aplikasi dapodik paud nya.

Kita sudah menyelesaikan atu tahap proses registrasi, setelah berhasil mendaftar lewat manajemen paud dikmas, langkah selanjutnya, kita registrasikan aplikasi dapodik paud semi online, yang terinstal pada laptop atau komputer. Adapaun inputan yang harus diisi antara lain, Username (email), kode registrasi, Password dan Komfirmasi password. Registrasi dilakukan dalam keadaan online atau terhubung dengan internet.

Registrasi yang dilakukan pada aplikasi dapodik paud ini adalah untuk menurunkan file prefill seara online, sehingga jika satuan pendidikan pada tahun ajaran sebelumnya sudah pernah menginput data dapodik, maka datanya akan dimunculkan kembali. Ada 3 jenis Registrasi dan input data yang bisa dilakukan dengan aplikasi dapodik Paud versi 3.3.0 tahun pelajaran 2018/2019.
  1. Dapodik Online
  2. Registrasi dan juga melakukan input data melalui dapodik online
  3. Dapodik Offline / Sinkronisasi Offline
  4. Registrasi melalui aplikasi manajemen, kemudian melakukan input data pada dapodik paud semi online (Aplikasi yang terinstal pada laptop), kemudian melakukan kirim dataa melalui dapodik semi online.
  5. Dapodik Offline / Sinkronisasi Offline
  6. Registrasi melalui aplikasi manajemen, kemudian download prefill dapodik paud dikmas, setelah itu registrasi pada dapodik semi online, lalu kirim data melalui manajemen, menggunakan file prefill hasil sinkronisasi offline, pada aplikasi dapodik paud semi online.

Kode Registrasi atau Kode Aktivasi Aplikasi Dapodik 3.3.0
Kode Registrasi adalah kunci untuk masuk kedalam aplikasi dapodik paud, kode registrasi ini bersifat rahasia dan jangan sampai ada orang lain yang tidak berkepentingan bisa mengetahuinya. Teknis kode registrasi ini akan dibagikan oleh dinas kabupaten / kota setempat. Kode Registrasi digunakan pada saat mendaftar aplikasi dapodik setelah selesai proses instalasi. Kode registrasi dapodik paud dikmas pada versi 3.3.0 tahun 2018, mengalami perubahan jumlah digit, pada versi sebelumnya berjumlah 8 digit, sedangkan untuk versi 3.3.0 berjumlah 36 digit.

Demikian Informasi Tentang Cara Registrasi Aplikasi Dapodik Paud Dikmas 3.3.0
Sahabat dapodik paud dikmas dimanapun berada, terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semuanya, khususnya operator pendataan satuan pendidikan paud. Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Cara Melakukan Registrasi Dapodik PAUD Dikmas Versi 3.3.0. link artikel ini adalah https://www.sanjayaops.com/2018/08/cara-registrasi-dapodik-paud-dikmas-versi-baru.html.

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via Email:

2 comments:

  1. Maaf mau tanya , punya sekolah saya tidak bisa mendapatkan kode registrasi di management paud Dikmas...bagaimana solusinya ya...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan hubungi operator dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten/kota

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel