Cara Entri Kehadiran GTK Manual di DHGTK V.2

daftar hadir guru dan tenaga kependidikan

Selamat berjumpa sahabat DHGTK V.2 dimanapun berada, pada kesempatan ini sanjayaops akan berbagi informasi terbaru tentang cara melakukan entri kehadiran guru dan tenaga kependidikan manual di DHGTK Online. kata kunci untuk review artikel ini adalah DHGTK V2, Absen online, Fingger Print. Selamat membaca.

Judul : Cara Entri Kehadiran GTK Manual di DHGTK V.2
Link : Cara Entri Kehadiran GTK Manual di DHGTK V.2

Rekomendasi Bacaan



Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan
DHGTK V.2, merupakan Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan versi baru menggantikan DHGTK versi sebelumnya. DHGTK digunakan sebagai salah satu syarat dalam penerbitan SKTP atau Surat Keputusan Tunjangan Profesi yang menjadi dasar dalam proses pencairan Tunjangan Prodfesi Guru (TPG) Triwulan III Tahun Anggaran 2018.

Proses pengerjaan Absen Online GTK di DHGTK V.2 pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya, namun dari segi tampilan, terdapat perbedaan yang cukup signifikan, serta terdapat beberapa penambahan fasilitas dan perbaikan dari DHGTK versi sebelumnya. DHGTK Versi 2, ini sudah support dengan finger print, jadi bagi sekolah yang sudah memiliki finger print tidak perlu melakukan entri kehadiran guru secara manual di website DHGTK Online, cukup dengan melakukan sinkronisasi dari software finger print, maka data kehadiran guru akan masuk secara otomatis kedalam server DHGTK Online V.2.

Bagi sekolah yang belum memiliki alat scan jari (finger print), maka kehadiran guru harus diisi secara manual. Nah pada kesempatan ini, sanjayaops akan memberikan tutorial entri kehadiran guru dan tenaga kependidikan di DHGTK V.2, mulai dari tahapan login sampai ke proses print out SPTJM.

Cara Login DHGTK V.2
Silakan kunjungi website DHGTK di http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/v.2
Selanjutnya akan muncul halaman login seperti gambar berikut:

cara login dhgtk v2


  1. Silakan masukan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  2. Masukan User id berupa email yang sama dengan email aplikasi dapodikdasmen
  3. Masukan Password yang sama dengan akun dapodik milik sekolah anda.
  4. Masukan kode captcha.
  5. Klik Tombol Sign In.


Setelah berhasil login ke DHGTK, berikut ini tampilan antar muka Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidkan versi 2:

antar muka dhgtk v2 2018

Cara Entri Kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan Manual di DHGTK V.2
Tampilan antar muka DHGTK versi baru ini menurut mimin cukup elegan, dengan navigasi yang memudahkan bagi pengguna untuk melakukan entri data kehadiran guru. Navigasi utama terdiri dari 4 menu yaitu, dashboard, kelengkapan sekolah, laporan dan logout. Berikut ini cara entri kehadiran manual di DHGTK V.2 tahun 2018:

Silakan klik pada tombol kelengkapan sekolah, disana terdapat lima submenu, yaitu izin pegawai, operasional sekolah, kalender pendidikan, entri kehadiran dan SPTJM.

Lengkapilah data waktu penyelenggaraan, hari libur, jam kerja, dan jam istirahat. waktu penyelenggaraan sekolah dan hari libur diisi sesuai yang diterapkan di sekolah anda. Jam kerja diisi sesuai dengan pergantian jam pelajaran. jam istirahat diisi sesuai dengan jam istirahat di sekolah anda.

kelengkapan operasional sekolah di dhgtk v2

Langkah selanjutnya adalah entri kehadiran, silakan klik pada tombol entri kehadiran, pilih tanggal dan bulan pada kalender, lalu klik tombol checkbox status, perhatikan warna checkbox, jika berwarna abu-abu, itu tandanya guru tersebut tidak hadir, jika berwarna biru tandannya guru tersebut hadir. lakukan checkbok untuk semua guru dan tenaga kependidikan, kemudian ulangi langkah-langkah tersebut untuk mengisi absen online hari berikutnya.

cara entri kehadiran guru online

Berikutnya adalah melihat laporan kehadiran, silakan klik tombol laporan. Anda bisa memilih submenu laporan harian untuk melihat laporan kehadiran guru harian, atau pilih laporan bulanan untuk melihat status kehadiran guru sesuai hari efektif dalam satu bulan.

Cara Cetak SPTJM DHGTK Online 2018
Proses akhir dalam mengerjakan DHGTK V2 adalah mencetak Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM). SPTJM dapat dicetak perbulan. Silakan pilih bulan pada kalender yang berada di sebelah kiri, Penanggung Jawab diisi nama kepala sekolah, NIP, Tempat lahir, tanggal lahir, jabatan, tanggal SPTJM, kemudian klik simpan. Untuk mencetak SPTJM silakan klik tombol refresh, kemudian download PDF.

cara cetak sptjm

Demikian informasi Tentang Cara Entri Kehadiran Guru Manual di DHGTK Online Versi 2
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga apa yang sanjayaops sampaikan dalam postingan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, khususnya operator sekolah yang sedang melakukan proses entri data kehadiran guru secara manual. Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Cara Entri Kehadiran GTK Manual di DHGTK V.2. Link artikel ini adalah https://www.sanjayaops.com/2018/10/cara-entri-kehadiran-guru-di-dhgtk-v2.html.

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via Email:

Silakan Tinggalkan Komentar Untuk Artikel Ini

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel