Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal PAS/UAS Ganjil Kelas 6 Tema 2 Persatuan Dalam Perbedaan

download soal pas kelas 6 Tema 2 k13 revisi 2018 tahun pelajaran 2019/2020

Selamat berjumpa sahabat sanjayaops.com, pada kesempatan ini mimin akan membagikan soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 6 SD Tema 2 Persatuan dalam perbedaan. Ulangan Akhir Semester dalam penilaian K13 disebut Penilaian Akhir Semester (PAS), sedangkan Ulangan Kenaikan Kelas disebut Penilaian Akhir Tahun (PAT). Soal UAS SD Kelas 6 Semester 1, ini dilengkapi dengan kunci jawaban untuk mempermudah dalam mengoreksi soal. Soal UAS Tematik Kelas 6 Tema 2 dapat anda download pada link di akhir artikel ini.

Judul : Soal PAS/UAS Ganjil Kelas 6 Tema 2 Persatuan Dalam Perbedaan
Link : Soal PAS/UAS Ganjil Kelas 6 Tema 2 Persatuan Dalam Perbedaan

Rekomendasi Bacaan


Soal PAS Kelas 6 Tema 2 Revisi 2018

Penilaian Akhir Semester adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester ganjil.

Cakupan PAS meliputi seluruh Kompetensi Dasar (KD) pada semester ganjil. Jadi Soal UAS Semester 1 Kelas 6 Tema 2 ini telah disusun berdasarkan Kompetensi Dasar Tema 2 yang telah dipelajari oleh peserta didik.

Pembuatan Soal Tematik Kelas 6 Tema 2 ini bersumber dari buku guru dan buku siswa Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru, yaitu revisi tahun 2018.

PAT dan PAS Kurikulum 2013

Penilaian Akhir Semester (PAS) dan Penilaian Akhir Tahuh (PAT) dilaksanakan setelah menyelesaikan seluruh tema dalam satu semester belajar efektif.

Penilaian akhir semester/tahun untuk aspek pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tertulis yang berfungsi untuk mengukur pencapaian hasil pembelajaran selama satu semester, serta sebagai salah satu bahan pengisian rapor peserta didik.

Instrumen penilaian akhir semester/tahun untuk aspek pengetahuan disusun berdasarkan muatan pelajaran sesuai dengan karakteristik KD.

Nilai dari penilaian akhir semester, ditulis NPAS, dan nilai dari penilaian akhir tahun, ditulis NPAT. Penulisan nilai NPAS dan NPAT menggunakan angka dengan rentang 0-100.

Pelaksanaan PAS Kelas 6

Penilaian Akhir Semester Kelas 6 dilaksanakan setelah pembelajaran lima tema selesai, sebelum menyusun soal-soal tes tertulis guru membuat kisi-kisi soal. Kisi-Kisi Soal Kelas 6 Tema 2 dibuat berdasarkan Pemetaan KD pembelajaran Tema 2.

Guru perlu mengidentifikasi proporsi setiap KD muatan pelajaran yang akan dinilai pada akhir semester, agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan jumlah soal yang akan dibuat.

Soal dalam bentuk tes tertulis untuk KD satu mata pelajaran dibuat per mata pelajaran atau dapat juga dibuat terpadu untuk beberapa muatan pelajaran.

Contoh Soal UAS Kelas 6 Tema 2

Muatan Pelajaran PPKN KD 3.4

1. Berbeda-beda tapi tetap satu merupakan pengamalan nilai pancasila sila ….
a. ketiga
b.pertama
c. keempat
d. kelima

2. "Rasa persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu dengan yang lain, Menjalin rasa kemanusiaan dan sikap saling toleransi serta rasa harmonis untuk hidup berdampingan, dan Menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap tolong menolong antar sesama, serta sikap nasionalisme."
Kalimat di atas merupakan makna dari . . .
a. persatuan dan kesatuan
b. kebangsaan
c. kewarganegaraan
d. bhineka tunggal ika

Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia KD 3.4

3. Peristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung pada tanggal 23 Maret 1946. Dalam waktu tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar rumah mereka. Mereka meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung. Hal ini dilakukan untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk dapat menggunakan kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia. Karena kejadian tersebut, tentara Inggris merasa tidak terima dan mulai menyerang, sehingga pertempuran sengit terjadi. Pertempuran yang paling besar terjadi di Desa Dayeuhkolot, dimana terdapat gudang amunisi besar milik tentara Sekutu. Dalam pertempuran ini Muhammad Toha dan Ramdan, dua anggota milisi BRI (Barisan Rakyat Indonesia) terjun dalam misi untuk menghancurkan gudang amunisi tersebut. Muhammad Toha berhasil meledakkan gudang tersebut. (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Bandung-Lautan-Api)
Dari teks bacaan di atas, persitiwa apakah yang terjadi . . .
a. kebakaran
b. bandung lautan api
c. pertempuran
d. kebakaran gudang amunisi

4. Kalimat yang mengandung gagasan pembicara/penulis yang terdiri atas kata-kata yang mempunyai unsur SPOK disebut . . .
a. kalimat efektif
b. kalimat pasif
c. kalimat aktif
d. kalimat deduktif

Muatan Pelajaran IPA KD 3.3

5. Fungsi rongga rantai pada bunga teratai adalah . . .
a. membawa oksigen ke daun
b. membawa oksigen ke batang dan akar
c. membawa oksigen ke batang
d. membawa oksigen ke bunga

6. Tumbuhan yang sebagian tubuhnya ada di permukaan air. Akarnya berada di air. Memiliki rongga udara dalam batang atau tangkai daun. Daunnya muncul ke permukaan air merupakan jenis tumbuhan . . .
a. higrofit
b. xerofit
c. hidrofit
d. minikri

Muatan Pelajaran IPS KD 3.4

7. Tokoh yang mengetik naskah proklamasi Indonesia adalah . . .
a. sayuti melik
b. siti fatmawati
c. irma wati
d. sukmawati

8. Berikut ini yang merupakan Gerakan persatuan Bangsa Indonesia adalah . . .
a. sumpah pemuda
b. kebangkitan bangsa
c. proklamasi nasional
d. persatuan indonesia

Download Soal PAS Kelas 6 Tema 2 Semester 1

Pembelajaran Tema 2 Kelas 6 Revisi 2018 mempelajari tentang Persatuan Dalam Perbedaan, yang terdiri dari tiga subtema yaitu, Subtema 1 Rukun Dalam Perbedaan, Subtema 2 Bekerjasama Mencapai Tujuan, dan Subtema 3 Bersatu Kita Teguh.

Soal UAS/PAS tematik kelas 6 Tema 2 selamatkan mahluk hidup disusun dari beberapa KD muatan pelajaran yang telah dipelajari dalam tema tersebut.

Soal UAS/PAS Kelas 6 Tema 2 Kurikulum 2013 ini dalam bentuk word yang bisa digunakan sebagai refrensi dalam menyusun soal UAS kelas 6 SD, ataupun dapat anda gunakan langsung sebagai soal ulangan akhir semester ganjil.

Untuk download soal UAS/PAS tematik Kelas 6 Tema 2 Persatuan Dalam Perbedaan, silakan klik pada link download berikut ini:
  • Soal PAS Kelas 6 SD Tema 2 Revisi 2018 (DOWNLOAD)
  • Kunci Jawaban Soal PAS Tema 2 Kelas 6 (DOWNLOAD)

Demikianlah Artikel yang Berjudul Soal PAS/UAS Ganjil Kelas 6 Tema 2 Persatuan Dalam Perbedaan

Terima kasih sudah membaca artikel ini, soal PAS Tematik Kelas 6 Tema Persatuan Dalam Perbedaan yang mimin bagikan dapat bermanfaat, baik sebagai sumber belajar bagi peserta didik yang sebentar lagi akan melaksankan penilaian akhir semester ganjil, maupun bagi tenaga pendidik dimanapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Soal UAS/PAS Kelas 6 SD Tema 2 Revisi 2018. Link Artikel ini adalah https://www.sanjayaops.com/2018/11/soal-pas-uas-kelas-6-tema-persatuan-dalam-perbedaan.html.