Zat Tunggal dan Zat Campuran Kelas 5 Tema 9

jawaban soal halaman 5 & 6 tema 9 kelas 5
Jawaban Soal Halaman 5 & 6 Kelas 5 Tema 9
Sanjayaops.Com - Jawaban Soal Halaman 5 dan 6 Buku Siswa Kelas 6 Tema 5 Benda - Benda di Sekitar Kita Subtema 1 Pembelajaran 1 Tentang Materi Zat Tunggal dan Zat Campuran.

Keluarga Lani sudah mendapatkan mesin cuci baru sesuai yang diinginkan. Lani tidak sabar untuk menggunakan mesin cuci barunya.

Sore harinya, Lani membantu ibu mencuci. Lani memasukan baju ke dalam mesin cuci. Kemudian, ibu memasukkan deterjen. Ibu juga mengisi tabung mesin cuci dengan air. Setelah semua siap, mesin cuci pun dijalankan.

Setelah selesai mencuci, Ibu mengeluarkan air melalui slang yang tersedia pada bagian belakang mesin cuci. air yang keluar sudah berubah warna. Air yang belum tercampur oleh apa pun sebaliknya, bening. Air yang keluar dari slang mesin cuci tidak bening lagi. Air itu sudah tercampur dengan deterjen dan kotoran dari pakaian.

Air yang belum tercampur oleh apa pun termasuk dalam zat tunggal. Apakah yang dimaksud benda zat tunggal? Apa saja benda-benda di lingkungan kita yang termasuk benda zat tunggal?

Jawaban Soal Halaman 5 Tema 9 Kelas 5

Perhatikan berbagai gambar yang termasuk kedalam zat tunggal berikut :
zat tunggal
Zat Tunggal
Berdasarkan gambar-gambar, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Apakah yang dimaksud zat tunggal?
Jawaban :
Zat tunggal adalah zat yang tersusun dari satu jenis materi. Contoh benda di sekitar yang termasuk zat tunggal yaitu kapur tulis, logam besi, dan kawat tembaga.

Baca Juga : Jawaban Buku Tema 9 Kelas 6 Revisi 2018

2. Bawalah benda-benda di sekitarmu yang mengandung zat tunggal ke sekolah. Minimal tiga benda. Lakukan pengamatan terhadap benda yang kamu bawa. Apakah benda yang kamu bawa benar-benar termasuk zat tunggal? Tuliskan benda yang termasuk zat tunggal hasil pengamatan kamu dan teman-temanmu pada kolom berikut.
jawaban soal halaman 5 tema 9 kelas 5
Benda Termasuk dalam Zat Tunggal

Perbedaan Zat Tunggal dan Zat Campuran

Semua benda yang ada di sekitar kita termasuk materi. Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Berdasarkan komposisi penyusunnya, materi dibedakan menjadi zat tunggal dan campuran.

Zat Tunggal

Zat tunggal merupakan zat yang terdiri atas materi sejenis. Contoh benda termasuk dalam zat tunggal adalah air, garam, gula, dan emas 24 karat.

Zat Campuran

Campuran adalah zat yang terdiri atas beberapa jenis materi atau zat tunggal. Campuran dapat dibedakan menjadi campuran homogen dan campuran heterogen.

Campuran Homogen

Campuran homogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tercampur sempurna. Pada campuran homogen, zat penyusunnya tidak dapat dibedakan. Contoh: air garam, sirop, udara, perunggu, kuningan.

Campuran Heterogen

Campuran heterogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tidak tercampur sempurna. Pada campuran heterogen, zat penyusunnya masih dapat dibedakan. Contoh: campuran air dengan kopi, air dengan tepung, dan air dengan pasir.

Jawaban Soal Halaman 6 Tema 9 Kelas 5

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut.
1. Apakah yang dimaksud zat campuran? Tuliskan dalam kolom berikut.
Jawaban :
Campuran adalah zat yang terdiri atas beberapa jenis materi atau zat tunggal.

2. Apa saja benda di sekitarmu yang termasuk dalam zat campuran? Tuliskan minimal 5.
Jawaban :
Susu coklat, es krim, sirop, udara, perhiasan, air kopi, air teh.


Demikian Artikel yang Berjudul Zat Tunggal dan Zat Campuran Kelas 5 Tema 9

Terima kasih ya sudah membaca artikel ini, semoga materi perbedaan zat tunggal dan campuran serta jawaban soal halaman 5 dan 6 buku tema 9 kelas 5 dapat memberikan manfaat bagi pembaca dimanapun berada.

0 Response to "Zat Tunggal dan Zat Campuran Kelas 5 Tema 9"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Merupakan suatau keindahan bisa berbagi ilmu dengan sesama.