Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengisi Jadwal Pelajaran di Aplikasi Dapodikdasmen Tahun 2020

cara mengisi jadwal pelajaran di dapodik tahun 2020

Cara Mengisi Jadwal Pelajaran di Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 - Selamat berjumpa sahabat dapodikdasmen dimanapun berada, pada kesempatan ini, sanjayaops akan berbagi informasi tentang cara mengisi jadwal pelajaran di aplikasi dapodik 2020. Kata kunci untuk review artikel ini adalah, jadwal pelajaran, dapodik 2020. Selamat membaca.

Judul : Cara Mengisi Jadwal Pelajaran di Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020
Link : Cara Mengisi Jadwal Pelajaran di Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020

Rekomendasi Bacaan

Jadwal Pelajaran Dapodikdasmen 2020

Pengisian jadwal memiliki keterkaitan dengan isian pada menu prasarana, rombongan belajar dan pembelajaran. Sehingga pengisian menu jadwal sangat bergantung dari isian yang sudah diinput dari ketiga menu tersebut.

Pengisian prasaran digunakan untuk memetakan bangunan yang dijadikan ruang kelas, pada pengisian rombongan belajar digunakan untuk memetakan rombongan belajar dengan memilih jenis prasarananya. Pada pengisian pembelajaran digunakan untuk memetakan mata pelajaran dan guru mata pelajaran yang diinputkan dimasing-masing rombongan belajar.

Aplikasi dapodik versi 2020 memiliki hubungan erat bagi setiap entitas data di sekolah. Sehingga, diharapkan petugas pendataan sekolah dapat memetakan semua kondisi di sekolah dengan baik dan benar.

Cara Mengisi Jadwal Pelajaran di Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020

Untuk mengisi jadwal pelajaran, pertama klik menu jadwal yang terdapat pada sidebar di sebelah kiri aplikasi.

panduan mengisi jadwal pelajajaran dapodik 2020

Selanjutnya pilih prasarana yang akan diinputkan detail jadwal pelajarannya. Prasarana yang ditampilkan hanya yang sudah diinputkan pada menu sarpras. Setiap prasaranan yang dipilih nantinya akan memunculkan data rombongan belajar yang menggunakan prasarana tersebut.

tutorial dapodik 2020

Untuk pengisian jadwal terdapat tujuh hari (senins.d minggu) yang nantinya pilihan hari tersebut dipilih dan akan muncul beberapa data mata pelajaran disertai data guru dan alokasi jumlah jam pelajaran perminggunya. Sehingga sebelum pengisian data menu jadwal, pastikan pembelajaran pada tabel rombongan belajar telah terisi dengan benar berikut dengan data prasarananya.

Pada tampilan menu jadwal bagian atas, terdapat menu untuk memilih prasarana yang akan diisi jadwalnya. Pilih prasarana ruang kelas yang akan diisi datanya kemudian pilih jadwal hari lalu klik tambah.

tutorial mengisi jadwal pelajaran dapodikdasmen 2020

Akan muncul beberapa kolom dengan beberapa keterangan seperti pada gambar berikut:

jadwal pelajaran dapodik 2020

Pembelajaran

Menampilkan mata pelajaran yang akan diinput kedalam jadwal. Mata pelajaran yang ditampilkan diambil dari isian pembelajaran pada tabulasi rombongan belajar.

Alokasi Jam

Penempatan urutan waktu sesuai dengan alokasi jumlah jam mengajar pada tab pembelajaran.

Pembelajaran Ke-

Penempatan urutan waktu mata pelajaran sesuai dengan alokasi jadwal di sekolah setiap harinya.

Pilih pembelajaran yang akan dimasukan, data mata pelajaran yang tampil diambil dari isian pembelajaran pada salah satu rombel yang menggunakan prasarana tersebut.

mata pelajaran dapodik 2020

Selanjutnya isi kolom alokasi jam dan pembelajaran ke-, Untuk alokasi jam diambil dari menu JJM pembelajaran pada salah satu rombel dan untuk dimulai jam ke, didasarkan pada urutan mata pelajaran berdasarkan jadwal di sekolah pada hari yang sudah terpilih.

alokasi jam dan pembelajaran dapodik 2020

jjm rombel dapodik 2020

Gambar diatas menjelaskan isian pembelajaran salah satu rombel yang mengalokasikan jumlah jam perminggu untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia sebanyak 4 Jam.

Pengisian alokasi jam dan jumlah jam mata pelajaran perminggu yang dapat dibagi menjadi beberapa jam di hari yang berbeda.

Contoh: Jika dalam tabel pembelajaran di Kelas 10A Mata Pelajaran Bahasa Indonesia diisi sebanyak 4 jam selama satu minggu dalam satu rombongan belajar, maka pada pengisian jadwal ini dapat dibagi menjadi 2 hari (senin dan selasa) dengan masing-masing 2 jam alokasi.

Maka Pemecahannya:
Mata pelajaran Bahasa Indonesia kita tempatkan di hari senin sebanyak 2 jam pada urutan jadwal di isian pembelajaran ke-1 seperti pada gambar berikut:

alokasi jjm mapel dapodikdasmen 2020

jadwal pelajaran aplikasi dapodik 2020

setelah mengisi jadwal seperti pada gambar di atas, maka ketik sekolah akan memilih isian mata pelajaran Bahasa Indonesia kembali, terlihat seperti berikut:

beban mengajar dapodik 2020

Dari alokasi jumlah jam perminggu sebanyak 4 jam dan 2 jam sudah di petakan kedalam jadwal, maka sisa jam untuk mata pelajaran tersebut adalah 2 jam pelajaran.

Dengan sisa jam yang ada, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dapat ditempatkan di hari selasa sebanyak 2 jam pada urutan pembelajaran ke-3 seperti gambar berikut:

jjm linier dapodik 2020

pengisian jadwal pelajaran dapodik 2020

Contoh Pengisian Jadwal Untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama

Apabila dalam satu rombongan belajar terdapat lebih dari satu mata pelajaran pendidikan agama, isi jumlah jam mengajar untuk mapel pendidikan agama mayoritas di dalam rombel tersebut sebanyak ketentuan alokasi jam sesuai kurikulum dan untuk mata pelajaran pendidikan agama minoritas di rombel tersebut diisi 0 jam.

Sebagai contoh, misalnya mata pelajaran pendidikan agama islam sebagai agama mayoritas di rombel tersebut, maka pada tabel pembelajaran di rombel tersebut diisi:
  • Jumlah jam pendidikan agama islam sebanyak 2 jam
  • Jumlah jam pendidikan agama lainnya sebanyak 0 jam

jadwal pelajaran pendidikan agama dapodik 2020

Pengisian 0 jam ini dilakukan agar tidak masuk kedalam validasi jadwal yang mengharuskan mata pelajaran yang memiliki jam tidak sama dengan 0 terinput ke dalam jadwal. Sehingga isian jadwal yang diinputkan hanya untuk mata pelajaran pendidikan agama mayoritas di rombel tersebut saja.

jadwal mapel agama dapodik 2020

Demikian Informasi Cara Pengisian Jadwal Pelajaran di Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga psotingan cara mengisi jadwal pelajaran di aplikasi dapodik 2019c ini bermanfaat bagi bapak/ibu operator sekolah SD, SMP, SMA dan SMK yang sedang mengerjakan dapodik semester 1 tahun pelajaran 2019/2020.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Cara Pengisian Jadwal Pelajaran di Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020. Link artikel ini adalah https://www.sanjayaops.com/2018/08/cara-mengisi-jadwal-pelajaran-di-aplikasi-dapodikdasmen-versi-baru.html.